Brilio.net - Anak muda zaman sekarang sih pasti tahu deh nama makanan-makanan enak dari luar negeri seperti pizza, burger atau risotto. Tapi coba deh tanya mereka, bisa nggak bedain mana jahe, lengkuas, kunir dan kencur. Pasti deh, kelabakan! Keempat bumbu rempah yang banyak sekali digunakan dalam resep masakan sehari-hari ini memang sekilas serupa namun sebenarnya tak sama.

Nah, berikut rangkuman brilio.net soal tips bedain jahe, lengkuas, kunyit dan kencur. Biar nggak malu-maluin gitu lho. Cekidot ya!

1. Jahe

Begini cara mudah bedakan mana jahe, lengkuas, kunyit dan kencur

Jahe mempunyai bentuk seperti ruas jari manusia, punya wangi yang khas seperti yang ada pada wedang ronde, wedang jahe ataupun permen jahe. Jahe juga mempunyai rasa yang sedikit pedas dan memberikan efek hangat apabila dimakan. Bagian dalam jahe mempunyai serat yang lumayan lembut dan berwarna kekuningan.

2. Lengkuas

Begini cara mudah bedakan mana jahe, lengkuas, kunyit dan kencur

Lengkuas atau laos memiliki tekstur kulit yang lebih kasar dan memiliki aroma yang tidak terlalu kuat. Dagingnya cenderung lebih keras dan lebih berserat. Selain sebagai bumbu masakan, menurut orang dulu lengkuas juga mempunyai khasiat untuk mengobati penyakit kulit.

3. Kunyit

Begini cara mudah bedakan mana jahe, lengkuas, kunyit dan kencur

Kunyit atau kunir banyak digunakan sebagai jamu dan dipadukan dengan buah asem, maka jadilah kunir asem. Kunir berwarna kuning oranye dan mempunyai tekstur yang lembur dan mudah jika diiris atau diparut. Warna kuning pada kunyit ini sering dipakai untuk pewarna makanan. Kunyit ini juga memiliki khasiat sebagai obat penyakit saluran pencernaan.

4. Kencur

Begini cara mudah bedakan mana jahe, lengkuas, kunyit dan kencur

Kencur memiliki kulit yang khas dibanding ketiga 'kembarannya'. Kencur punya aroma yang tidak terlalu kuat tapi bisa untuk menyegarkan aroma makanan dan punya daging buah yang sedikit mirip dengan kunyit, namun lebih lembut. Kencur sering digunakan kalau kamu mau memasak sayur bening, lotek dan lain-lain.

Memang sedikit sulit membedakan keempatnya. Makanya jangan keasyikan nongkrong di cafe atau jalan ke mal melulu ya guys. Ada baiknya kamu bisa bantuin Ibu kamu masak di dapur biar bisa lancar membedakannya.