Brilio.net - Percayakah kamu bahwa ternyata ada batu yang bisa tumbuh membesar? Sukar dipercaya bahwa bebatuan dapat hidup dan terus tumbuh berkembang. Batu ini hanya ada di museum pelestarian alam Trovants, Rumania yang terletak di Valcea County.

Dilansir brilio.net dari whenonearth.net, Senin (4/5), museum alam tersebut terletak di sebuah desa kecil bernama Costesti. Di sanalah terletak bebatuan yang menarik dan misterius yang disebut Trovants, yang diyakini memiliki kehidupan di dalamnya. Trovants adalah istilah geologi yang dipakai di Rumania untuk menyebutkan sedimen pasir yang menyatu membentuk sebuah batu.

Batu Trovants, batu ajaib yang bisa tumbuh hingga 10 meter

Batu unik ini dihasilkan oleh aktivitas seismik. Trovants tumbuh ketika terkena air, batu kecil berukuran enam sampai delapan millimeter dan akan menjadi besar hingga berukuran enam sampai sepuluh meter. Trovants terdiri dari inti batu, dengan kulit luar berupa pasir. Setelah hujan deras, batu-batu kecil itu akan berubah bentuk menjadi lebih besar.

Beberapa ilmuwan melakukan penelitian untuk menjelaskan keanehan yang terjadi dengan batu Trovants. Para ilmuwan mempercayai bahwa di bawah bagian batu mengandung unsur mineral yang tinggi. Sehingga ketika permukaan menjadi basah, mineral mulai menyebar dan akan menekan pasir untuk membesar. Hal inilah yang membuat batu-batu itu tumbuh.

Batu Trovants, batu ajaib yang bisa tumbuh hingga 10 meter

Batu-batu Trovants ini menjadi salah satu daya tarik wisata yang popular di Rumania. Muzeul Trovantilator adalah sebuah museum untuk melindungi batu unik ini yang telah diresmikan pada 2004 silam. Saat ini Batu Trovants telah dilindungi oleh UNESCO.

Kamu berminat melihatnya langsung ke Rumania nggak?