Brilio.net - Sekretaris Jenderal (Sekjen) PBB Ban Ki-moon bakal berkunjung ke Korea Utara, pertama kalinya kepala badan internasional mengunjungi negeri yang mengisolasi diri dari dunia luar dalam dua dekade terakhir, dilaporkan kantor berita Korea Selatan (Korsel) Yonhap, Kamis (19/11).

Ban dijadwalkan melakukan lawatan ke Pyongyang akhir pekan ini dan akan bertemu pemimpin negara tersebut Kim Jong Un. Pertemuan akan mendiskusikan program nuklir Korut dan sejumlah masalah Semenanjung Korea.

"Belum pernah terjadi di mana Sekjen PBB berkunjung ke Korut dan tidak bertemu pemimpin tertinggi negara anggota PBB," sebut seorang sumber di PBB menjelaskan rencana Ban bertemu Kim Jong Un.

Akan tetapi, juru bicara Ban Eri Kaneko menolak memberikan komentar lebih jauh terkait rencana pertemuan tersebut. "Kami tak ingin berkomentar sekarang. Hanya saja Sekjen selalu mengatakan akan memainkan sejumlah peran demi peningkatan dialog, keamanan dan stabilitas di Semenanjung Korea."

Sebelumnya hanya dua Sekjen PBB yang mengunjungi Korut, Kurt Waldheim pada 1979 dan Boutros Boutros-Ghali pada 1993. Ban, yang berasal dari Korsel, pernah berencana mengunjungi kota perbatasan Korut, Kaesong pada Mei.  Tapi rencana batal setelah Pyongyang secara tiba-tiba mencabut undangan.