Brilio.net - Banyak orang mengira menjadi pemain film amatlah menyenangkan. Bisa terkenal, ditonton banyak orang, punya banyak penggemar, jadi panutan, uangnya banyak, dan sebagainya. Membayangkan keuntungan menjadi aktor film bukan hal keliru, namun jangan melupakan sisi lainnya.

Hal yang luput dari pikiran adalah para aktor bisa terluka bahkan mempertaruhkan nyawa saat pengambilan adegan. Mereka ini adalah yang melakukan segalanya sendiri, tanpa stunt atau pemain pengganti.

Berikut ini merupakan aktor-aktris yang memiliki pengalaman hampir mati pada saat syuting, seperti dikutip dari cheat sheet.

1. Jackie Chan dalam Police Story

Artis ini bertaruh nyawa ketika adu akting

Loading...

Pria bernama lahir Chan Kong Sang ini memang dikenal kerap melakukan adegan berbahaya. Salah satunya adegan ketika dia melompat ke tiang logam dan meluncur ke bawah padahal di sekelilingnya banyak ledakan. Akibatnya Jackie Chan mengalami retak tulang ketujuh dan kedelapan, dislokasi panggul, dan terbakar di bagian tangan.

Aksi itu sangat berbahaya karena menggunakan sugar glass yang lebih tebal dari kaca yang umumnya digunakan untuk membuat film laga.

2. Jason Statham dalam Expendables 3

Artis ini bertaruh nyawa ketika adu akting

Dalam film ini Statham mengemudikan truk mengarah ke laut yang ternyata remnya blong. Beruntung pria yang bermain film sejak 1998 ini sempat melompat keluar dari truk. Jika tidak, dia akan ikut dengan truk itu jatuh ke laut yang dalamnya 60 kaki dari permukaan.

3. Jaimie Alexander dalam Thor: The Dark World

Artis ini bertaruh nyawa ketika adu akting

Hujan dan tangga logam telah membawa petaka pada aktris cantik yang juga pemeran Sif dalam serial televisi Agents of S.H.I.E.L.D. ini. Alexander menuruni tangga logam dan tergelincir, menyebabkan dia terjatuh dengan keras. Waktu itu hujan sedang turun, kondisi gelap, sekitar pukul lima pagi di lokasi syuting.

Perempuan asal South Carolina ini butuh waktu istirahat selama sebulan untuk bisa kembali syuting. Dia mengalami dislokasi bahu kiri, 11 tulang belakangnya berlepasan, serta dan otot rhomboid kirinya robek.

4. Tom Cruise dalam Edge Of Tomorrow

Artis ini bertaruh nyawa ketika adu akting

Pertaruhan nyawa Cruise disebabkan oleh lawan mainnya Emily Blunt. Bintang Misson: Impossible ini ketika itu tengah berada dalam mobil yang dikendarai  Blunt. Blunt terlambat menginjak rem dan menyebabkan mobil menabrak pohon.

5. Isla Fisher dalam Now You See Me

Artis ini bertaruh nyawa ketika adu akting

Adegan yang membuat Fisher benar-benar hampir mati adalah ketika dirinya harus membebaskan diri dari posisi dirantai di sebuah tangki ikan sebelum piranha dijatuhkan dalam tangki tersebut. Perempuan kelahiran Oman dengan nama Isla Lang Fisher ini disangka tengah memainkan acting yang luar biasa. Tak ada yang menyadari bahwa dia benar-benar tenggelam  seorang stuntman terdekat menolongnya.

6. Michael J. Fox dalam Back to the Future III

Artis ini bertaruh nyawa ketika adu akting

Fox melakukan adegan ynag menampakkan dia tengah sekarat ketika digantung. Dia sempat beberapa kali melakukan uji coba dengan berdiri di sebuah kotak sebelum melakukan satu kali ynag benar-benar tanpa kotak. Akibatnya, pria kelahiran  Alberta, Kanada 54 tahun silam ini pingsan selama 30 detik.

7. Margaret Hamilton dalam The Wizard Of Oz

Artis ini bertaruh nyawa ketika adu akting

Beberapa adegan yang dimainkan Hamilton dalam film produksi 1939 ini adalah menghilang dalam asap. Namun salah satunya menjadi petaka. Salah satu bahan yang digunakan sebagai make up-nya adalah minyak bumi, maka ketika dia membuka pintu seketika percikan api mengenai wajahnya. Akibatnya dia dirawat di rumah sakit karena luka bakar di tangan dan wajah.

8. Sylvester Stallone dalam Rocky IV

Artis ini bertaruh nyawa ketika adu akting

Untuk mendorong agar adegan perkelahian terlihat seperti benar-benar terjadi, sang aktor diminta benar-benar saling memukul satu sama lain. Pukulan terakhir yang diberikan kepada pria bernama lengkap Sylvester Gardenzio Stallone ini, dari sang lawan main, Lundgren ternyata sangat keras. Hal itu menyebabkan Stallone diinapkan selama delapan hari di rumah sakit karena hatinya membengkak.

9. Daniel Day-Lewis dalam Gangs Of New York

Artis ini bertaruh nyawa ketika adu akting

Pria berkebangsaan Inggris yang lahir 58 tahun silam ini telah didiagnosa pneumonia ketika proses pembuatan film ini. Day-Lewis  menolak mengenakan mantel hangat sebab pakaian itu sedang tidak tren ketika itu. Jika tidak dibujuk untuk mencari perawatan medis, maka hal buruk akan terjadi.

10. Halle Berry dalam The Call

Artis ini bertaruh nyawa ketika adu akting

Wanita kelahiran Ohio, Amerika Serikat, 14 Agustus 1966 ini melakukan adegan pertempuran yang menyebabkan dia jatuh dan kepalanya terbentur di lantai beton. Syuting segera dihentikan pada hari itu. Dia dilarikan ke rumah sakit, tapi untungnya tidak ditemukan luka abadi apapun.

RECOMMENDED BY EDITOR