Brilio.net - Kunci merupakan benda yang paling sering terselip dan hilang. Berawal dari kebosanan tersebutlah, Irfan Januar bersama tiga temannya berfikir keras bagaimana bisa dengan mudah menemukan kunci yang hilang. Maka, lahirnya sebuah software aplikasi berbasisi android yang diberi nama MARKEDER (Market Key Finder). Aplikasi ini bisa membantu mendeteksi keberadaan kunci yang hilang.

Melalui gantungan kunci yang dibuat khusus dan sudah terintegrasi dengan software, kunci yang hilang dapat memancarkan suara dan cahaya saat aplikasi dijalankan. Sehingga dengan begitu keberadaan kunci akan lebih mudah diketahui.

Irfan mengatakan aplikasi yang ia gagas bersama timnya, mampu menjangkau keberadaan kunci hingga radius 10 meter, dengan memanfaatkan jaringan bluetooth. Selain membantu, aplikasi tersebut dipastikan akan aman karena setiap gantungan kunci memiliki username yang berbeda satu sama lain.

Gagasan yang mendapat pendanaan program kreativitas mahasiswa tersebut, sayangnya belum bisa lolos ke tahapan berikutnya karena keterbatasan alat dan komponen yang tersedia. Salah satunya adalah baterei dan chip yang digunakan untuk mengintegrasikan gantungan kunci dengan aplikasi.

"Kami kesulitan dalam menemukan chip dan battrey, yang ukurannya relatif lebih kecil," ujarnya kepada brilio.net, Jumat (10/4). Kendati demikian, dengan segala keterbatasan, Irfan dan timnya berusaha sedikit demi sedikit untuk menyelesaikan project tersebut.

Loading...