Brilio.net - Sudah menjadi peraturan di setiap maskapai penerbangan bahwa penumpang dilarang menyalakan rokok dalam pesawat. Peringatan tersebut tertulis dimana-mana mulai dari dalam kabin penumpang hingga toilet.

Namun seorang penumpang baru-baru ini menemukan sesuatu yang aneh dalam sebuah penerbangan. Dimana-mana memang terdapat peringatan larangan merokok, namun tatkala masuk ke toilet dia malah menemukan asbak disana. Saking penasarannya dia pun kemudian bertanya kepada pramugari.

"Jika seseorang nekat atau lupa menyalakan rokok lalu membuangnya begitu saja di tempat sampah maka abunya bisa langsung menyalakan api dan mengeluarkan asap yang dapat membahayakan penumpang lainnya," ujar salah seorang pramugari di maskapai American Airlines seperti dikutip dari Business Insider, Rabu (7/10).

Aneh, ada peringatan dilarang merokok dalam pesawat tapi ada asbak

Menurut Federal Aviation Administration (FAA) setiap pesawat wajib menempatkan asbak di toilet. Asbak ini termasuk dalam kategori peralatan minimum dimana harus dilaporkan dan diganti setiap 3 hari sekali.

Loading...

Pada tahun 1973, ada 123 penumpang meninggal dunia dalam penerbangan Varig 820 dari Rio de Janeiro ke Paris, Prancis. Kala itu ada salah satu penumpang yang merokok dan dibuang begitu saja di tempat sampat toilet. Tak ayal puntung rokok tersebut langsung mengeluakan asap dan menyebabkan kebakaran besar dalam pesawat.

RECOMMENDED BY EDITOR