Brilio.net - Apa yang ada dipikiranmu ketika mendengar kata dakwah? Kegiatan yang dilakukan di masjid dengan menghadirkan ustaz atau kyai? Ya mungkin sebagian besar dari kamu setuju dengan dua pernyataan itu. Tapi ternyata saat ini dakwah tidak hanya identik dengan masjid dan ulama saja lho. Setidaknya itulah yang terlihat saat kita menelusuri salah satu komunitas bernama Muslim Design Community (MDC).

Muslim Design Community (MDC) adalah sebuah komunitas yang bergerak dalam bidang dakwah dengan menggunakan media desain grafis, di mana semua anggota komunitas ini berusaha melakukan dakwah dengan cara kreatif melalui media visual agar pesannya lebih dapat diterima oleh masyarakat keseluruhan.

"Awalnya komunitas ini berasal dari grup Facebook yang menaungi banyak desainer grafis se-Indonesia yang pusatnya di Solo sejak 2013. Kemudian, kebetulan kami berinisiatif agar dakwah bisa menyebar kami buat chapter di tiap kota," cerita Thoriq yang merupakan ketua MDC chapter Malang, Jawa Timur, kepada brilio.net, Minggu (24/5).

Anak-anak muda kreatif ini coba berdakwah pakai media visual, brilio!

Anak-anak muda kreatif ini coba berdakwah pakai media visual, brilio!

Menurut Thoriq, maksud dari dibentuknya komunitas ini untuk mengajak masyarakat agar lebih tahu tentang dakwah Islam dan juga untuk mendongkrak anak-anak muda yang ingin berkecimpung di dunia desain sekaligus dakwah. Saat ini anggota dari komunitas ini tidak hanya terdiri dari mahasiswa desain grafis saja, tetapi juga para siswa SMK dan juga mereka yang sudah bekerja.

Untuk program komunitasnya sendiri, mahasiswa jurusan Elektro Universitas Muhammadiyah Malang ini bercerita bahwa selain mengadakan pameran poster yang merupakan karya para anggota, MDC juga memiliki program ngaji gratis yang diadakan rutin dengan tujuan memperkaya ilmu agama para anggota, di mana topik kajiannya bisa digunakan bahan pembuatan karya untuk pameran mereka.

Anak-anak muda kreatif ini coba berdakwah pakai media visual, brilio!

Untuk chapter Malang sendiri, meskipun umurnya belm genap satu tahun, anak-anak muda ini mampu secara tidak langsung menyampaikan pada masyarakat bahwa memang dakwah tidak melulu seputar seorang ustaz berdiri di mimbar. Karena dakwah juga bisa dilakukan secara simpel dan mengena oleh anak-anak muda yang juga tentunya kreatif.

Anak-anak muda kreatif ini coba berdakwah pakai media visual, brilio!

Nah, buat kamu yang tertarik dengan dakwah dan juga desain, bisa langsung bergabung di komunitas ini. Dan perlu diingat bahwa komunitas ini juga menerima calon anggota yang sama sekali tidak memiliki basic desain, yang penting kamu mau belajar, boleh deh dicoba.

Selalu berkarya dan jadilah anak muda kreatif ya!

HOT-HOT-HOT NEWS:

Anak SMA ini temukan cara deteksi boraks cukup pakai tusuk gigi

Hafiz, pria berwajah cantik ini menangis karena KTP-nya tersebar

Anggun semakin dicibir! Dapat surat dari istri mantan pecandu narkoba

Ada yang aneh di foto yang sangat indah ini

Jangan pernah panaskan kembali 6 makanan ini, tak baik bagi kesehatan