Brilio.net - Pentas teater yang dibawakan oleh mahasiswa-mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FK UI) pada acara Art War UI 2015, Selasa (27/10) lalu ternyata mengundang masalah. Dalam salah satu adegan, pementasan itu dituduh menghina profesi perawat. Ketika itu, salah seorang pemeran pria dalam monolognya berucap, " Setiap pagi saya nyapu, ngepel. Tapi sudahlah, saya Nurse (Perawat) dengan tugas kebersihan".

Kalimat itu dipermasalahkan oleh grup Suara Perawat karena dianggap menghina profesi perawat. "Sampai kapan tenaga kesehatan kita ini tidak bersatu dan tidak gotong-royong menyehatkan Indonesia kalau bibit-bibit dokternya aja kayak gitu? Memangnya perawat kerjaannya hanya bersih-bersih dan ngepel saja? Itu yang coba disampaikan di video ini," tulis Akun yang disukai oleh 8997 pengguna Facebook tersebut.

Dalam postingan bertanggal 21 November 2015 tersebut, Akun tersebut juga menuntut permintaan maaf resmi dari Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FK UI atau Dekanat FK UI. Mereka juga meminta pihak FK UI menjelaskan kesetaraan di antara profesi perawat dan dokter. "Stop stigma buruk dan ciptakan kreasi yang inovatif tanpa eksplotasi negatif terhadap profesi apapun. Ingat ! profesi apapun"

Para perawat pun geram dengan kelakuan mahasiswa FK UI tersebut. Hal itu terlihat dari komentar-komentar kecaman di bawah postingan tersebut.

"#saveperawat #savenurse jd pengen liat gimana ya reaksi negara ini bila 1 hari saja perawat tidak kerja," tulis Gege Nich Euy. Nggak mau ketinggalan, Fakhrul Matsani menambahkan, "Sumpah mereka harus minta maaf,,,ini ni calon dokter yg bakal mencoreng dunia kesehatan". Sementara Kron Yi meminta Persatuan Perawat untuk bergerak. "Perawat jangan mau diam..toloooong...sudah saatnya PPNI bergeraaak...jangan diam saja.."

Loading...

Untuk meredam polemik itu, FK UI sendiri langsung merespon tuntutan yang disuarakan Suara Perawat dan telah meminta maaf dan mengakui kesalahannya di depan ratusan mahasiswa Fakultas Ilmu Keperawatan (FIK) UI

Ini video monolog yang dipermasalahkan tersebut yang brilio.net lansir dari Youtube Perawat.co, Selasa (24/11)

RECOMMENDED BY EDITOR