Brilio.net - Hewan liar dan manusia sejatinya bisa berdampingan hidup dengan damai di muka bumi ini. Hewan memang bisa dijinakkan seperti dilatih atau dirawat di kebun binatang, namun ketika sisi kenyamanannnya terusik, hewan liar yang dijinakkan itu menjadi ancaman bagi nyawa manusia.

Sudah banyak kejadian pawang hewan yang tewas karena diserang oleh hewan yang dirawatnya sendiri. Siapa saja mereka? Berikut ini brilio.net merangkumnya dari berbagai sumber, Selasa (22/9).

1. Steve Irwin (2006)

Akhir tragis para pawang hewan, tewas diserang hewan yang dirawatnya

Pawang hewan senior yang terkenal penakluk buaya ini tewas di usianya 44 tahun. Steve meninggal saat melakukan syuting untuk sebuah acara televisi di Great Barrier Reef, Queensland, Australia. Ketika itu ia melakukan pengambilan gambar di dekat seekor ikan pari (Sting-Ray). Merasa terdesak karena dikerumuni oleh banyak orang, Sting-Ray menyerang Steve dengan menyengat tepat di dadanya. Secara refleks, Steve segera berusaha untuk mencabutnya, sehingga duri-duri beracun yang masuk malah membuat robekan luka di jantungnya semakin melebar dan nyawa Steve tidak dapat diselamatkan.

Loading...

2. Ithavong Khamphone (2012)

Akhir tragis para pawang hewan, tewas diserang hewan yang dirawatnya

Pawang gajah asal Laos ini tewas karena ulah hewan yang selama ini dia rawat. Pawang hewan dari kebun binatang Fuji Safari Park, Jepang itu meninggal karena diinjak oleh induk gajah seberat 2 ton pada 2012 lalu. Awalnya Khamphone dan satu orang rekannya hendak mengamankan anak gajah yang diserang oleh induknya sendiri, namun sang induk kemudian menyerang Khamphone. Pria berusia 30 tahun itu pun akhirnya meninggal ditempat akibat serangan yang bertubi-tubi dari induk gajah yang selama ini dia rawat.

3. Karen (2015)

Akhir tragis para pawang hewan, tewas diserang hewan yang dirawatnya

Pada Agustus 2015 lalu, Karen seorang pawang gajah di Districk Mae Wang, Provinsi Chiang Ma Thailand tewas setelah diinjak gajah yang dia kawal. Districk Mae Wang adalah area yang dikenal sebagai penangkaran gajah jinak yang bisa ditunggangi. Selain menginjak sampai tewas seorang pawang, gajah itu juga membawa lari wisatawan yang sedang menungganginya ke arah hutan. Untung saja, masalah ini segera ditangani oleh kepolisan setempat dan wisatawan dinyatakan selamat.

4. Ryszard Pakla (2015)

Akhir tragis para pawang hewan, tewas diserang hewan yang dirawatnya

Pawang berpengalaman asal Polandia, Ryszard Pakla, tewas setelah diserang harimau Sumatera ketika sedang membersihkan kandang hewan buas itu di kebun binatang Wroclaw Zoo, pertengahan September 2015. Dia sudah berpengalaman mengurus hewan buas selama 20 tahun, 5 tahun di antaranya mengurus harimau yang menyerangnya.

5. Samantha Kudeweh (2015)

Akhir tragis para pawang hewan, tewas diserang hewan yang dirawatnya

Berita duka baru saja dikabarkan dari sebuah kebun binatang di Hamilton, Selandia Baru. Seorang pawang hewan bernama Samantha Kudeweh (43) tewas akibat diserang seekor harimau Sumatera. Samantha yang sudah bekerja selama 20 tahun ini diterkam saat sedang membersihkan kandang Harimau Sumatera pada 20 September waktu setempat. Pihak kebun binatang pun melalui akun twitternya @HamiltonZooNZ telah mengofimasi kebenaran kematian salah seorang pawang hewan terbaik yang mereka miliki.

RECOMMENDED BY EDITOR