Brilio.net - Jika kamu menyambangi warung-warung nasi di Yogyakarta, kamu mungkin sering melihat plastik berisi air tergantung. Pernah nggak kamu penasaran sebenarnya apa sih fungsi dari plastik berisi air yang tergantung itu?

Beberapa waktu lalu ketika brilio.net menyambangi warung di pesisir pantai selatan, ada warung makan yang memasang air dalam plastik. Jika di pantai selatan tempatnya, tidak jarang orang akan mengkaitkan hal tersebut dengan mitos atau ritual tertentu.

Jangan-jangan air dalam plastik yang digantung itu ada kaitan denga ritual tertentu. Tak mungkin air dalam plastik yang digantung itu hanya untuk aksesori semata. "Air dalam plastik itu buat pengusir lalat mas, lalat biasanya takut melihat pantulan bayangannya yang besar dari air dalam plastik tersebut, makanya tak ada lalat yang mencoba mendekat ke dagangan," ujar Surya (55) kepada brilio.net.

Ternyata air dalam plastik yang tergantung itu bukanlah sebuah ritual, melainkan cara pemilik warung agar dagangannya tak dihinggapi lalat. Ada-ada saja.

RECOMMENDED BY EDITOR

Loading...