Brilio.net - Jazz, genre musik asal negeri Paman Sam ini akhir-akhir ini menjadi perhatian masyarakat. Opini bahwa jazz yang dulunya dikenal sebagai aliran musik bagi kalangan elit, kini terbantahkan. Bahkan jazz kini telah menjadi musik yang sangat akrab dengan masyarakat awam.

Jika di negara-negara Eropa, jazz merupakan musik yang dimainkan di gedung pertunjukan dengan fasilitas mewah, maka di Indonesia jazz dipentaskan di tempat-tempat yang unik. Penasaran apa saja pementasan unik tersebut?

1. Jazz Atas Awan, Dieng

9 Pentas jazz unik yang hanya bisa kamu temukan di Indonesia

Pagelaran jazz unik yang pertama datang dari Dieng, Jawa Tengah. Jazz Atas Awan menjadi rangkaian acara Dieng Culture Festival yang digelar di daerah dataran tinggi Dieng pada bulan Juli hingga Agustus. Pagelaran tersebut menyedot perhatian dari berbagai wisatawan mancanegara. Selain menikmati syahdunya musik jazz, pengunjung pun dapat menikmati keindahan alam yang ada di Dieng.

Loading...

"Bagi saya acaranya unik aja sih, bisa nikmatin jazz sambil camping dan Indonesianya berasa banget. Setahu saya di luar negeri gak ada yang kayak gini," ujar Tamam (23), mahasiswa jurusan seni rupa yang tidak pernah melewatkan perhelatan Jazz Atas Awan.

2. Jazz Gunung, Bromo

9 Pentas jazz unik yang hanya bisa kamu temukan di Indonesia

Gunung Bromo, sudah lama menjadi tempat wisata favorit di Jawa Timur. Destinasi ini akan semakin menarik ketika berlangsung suguhan penampilan musisi jazz ternama Indonesia dan musisi jazz dunia dalam pentas Jazz Gunung yang digelar tiap tahun. "Mendengar lantunan jazz sambil melihat senja, nikmat mana lagi yang kau dustakan," komentar salah satu pengguna akun Twitter @haningsejati.

3. Jazz Pantai, Banyuwangi

9 Pentas jazz unik yang hanya bisa kamu temukan di Indonesia

"Saya pikir acara jazz yang banyak di Indonesia sudah sering digelar di gunung atau di dataran tinggi, namun Banyuwangi menjadi pertama yang menggelar acara jazz di pinggir pantai dan itu sangat menyenangkan," jelas Rio (32), pegawai swasta yang pernah menikmati acara jazz pantai. Acara jazz pantai ini juga sekaligus menjadi ajang untuk mempromosikan tempat-tempat wisata yang ada di Banyuwangi.

4. Mahakam Jazz Fiesta, Samarinda

9 Pentas jazz unik yang hanya bisa kamu temukan di Indonesia

Masyarakat Samarinda juga tidak kalah antusiasnya terhadap musik jazz. Mahakam Jazz Fiesta merupakan salah satu acara musik jazz yang bertaraf internasional dan banyak diminati oleh para musisi maupun pencinta musik jazz. Tidak kalah uniknya, pementasan jazz tersebut digelar di pinggir Sungai Mahakam.

"Sangat menyenangkan bisa terlibat di acara Mahakam Jazz Fiesta, karena cuma di Indonesia musik jazz dapat dinikmati dengan cara yang berbeda," tulis musisi jazz Indonesia, Dwiki Dharmawan dalam akun Twitter @dwiki_dharmawan.

5. Ngayogjazz, Yogyakarta

9 Pentas jazz unik yang hanya bisa kamu temukan di Indonesia

Yogyakarta juga tidak ingin kalah dalam menggelar acara pentas musik jazz yang unik dan berbeda. Sebagai kota yang akrab dengan identitas budaya, maka Yogyakarta menggelar acara Ngayogjazz di desa wisata yang ada di Yogyakarta secara bergiliran. Sehingga musik jazz dapat dinikmati ditengah-tengah perkampungan yang asri.

"Konsep Ngayogjazz itu keren, jadi kita bisa menikmati musik jazz di tengah perkampungan dan bercengkrama bersama warga," komentar Dito (26), mahasiswa magister di Universitas Gadjah Mada.

6. Maratua Jazz, Berau

9 Pentas jazz unik yang hanya bisa kamu temukan di Indonesia

Pulau Maratua yang dijuluki sebagai surga di utara Indonesia tersebut tidak kalah dalam menghadirkan acara jazz yang dinikmati bersama keindahan alam yang ada di pulau yang kaya dengan kehidupan fauna dan flora langka itu.

"Konsep berlibur di pulau Maratua sembari menikmati musik jazz adalah perjalanan yang sangat menarik," jelas Wandi (20), mahasiswa hubungan internasional, Universitas Indonesia.

7. Prambanan Jazz, Prambanan

9 Pentas jazz unik yang hanya bisa kamu temukan di Indonesia

Berlibur ke Jawa Tengah tentunya tidak terasa lengkap jika tidak berkunjung ke Candi Prambanan. Tujuan wisata yang lebih dekat dengan Jogja ini sekarang semakin menarik dengan adanya event Prambanan jazz.

"Sebulan sebelum acara saja saya sudah membeli tiket untuk Prambanan jazz karena saya yakin itu akan menjadi momen yang sangat menyenangkan untuk menikmati pemandangan candi Prambanan dimalam hari sembari melihat pertunjukan para musisi jazz kenamaan," ujar Diva (22) mahasiswa ilmu politik, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

8. Makassar Jazz Festival, Makassar

9 Pentas jazz unik yang hanya bisa kamu temukan di Indonesia

"Ini sesuatu yang baru aja bisa nikmati suasana malam di benteng Rotterdam dengan menikmati penampilan musisi-musisi jazz," jelas Novi (21), mahasiswa teknik elektro Universitas Hasanuddin.

Benteng Rotterdam menjadi tempat dilaksanakannya Makassar Jazz Festival. Selama ini berkunjung benteng Rotterdam akan identik dengan belajar sejarah, namun kini berkunjung ke benteng yang pernah menjadi markas VOC tersebut akan terasa berbeda dengan adanya pentas musik jazz.

9. Ramadan Jazz Festival, Jakarta

9 Pentas jazz unik yang hanya bisa kamu temukan di Indonesia

Pagelaran unik musik jazz yang terakhir datang dari Jakarta tepatnya di halaman Masjid Cut Meutia, Jakarta Pusat. Di mana para pencinta musik jazz akan berkumpul dan menikmati penampilan berbagai musisi kenamaan. Uniknya lagi sama seperti namanya acaranya, festival jazz tersebut akan digelar pada bulan Ramadan. "Unik deh pokoknya acaranya, jadi kita bisa nikmatin musik jazz di suasana bulan Ramadan," komentar Niko (23) yang selalu menyempatkan hadir di Ramadan Jazz Festival.

Bagi kamu pencinta jazz, tentunya berbagai acara jazz yang tersebar di beberapa kota ini akan menjadi sesuatu yang menyenangkan.

RECOMMENDED BY EDITOR