Brilio.net - Dunia psikologi adalah dunia yang membicarakan dan mempelajari mengenai perilaku dan fungsi mental secara ilmiah. Kalau kamu tertarik dengan gejala-gejala yang menunjukkan keadaan jiwa seseorang, kamu bisa mempelajarinya dengan ilmu psikologi.

Psikologi juga mampu menjelaskan tentang kenapa banyak orang berlaku atau bertingkah menyimpang. Misalnya, ada orang yang mendadak sangat bahagia beberapa detik kemudian menjadi sangat sedih. Seperti yang terjadi pada salah satu vokalis band Grunge terkenal, Nirvana, Curt Cobain. Semasa hidup Curt dinilai oleh orang-orang terdekatnya sebagai sosok yang bisa sangat berubah drastis emosinya. Menurut sepupunya, Curt menderita bipolar (Manic Depression). Penyakit bipolar ditandai dengan karakteristik adanya perubahan suasana hati secara mendadak.

Nah, kamu yang tertarik dengan dunia psikologi bisa belajar dari film lho. Banyak sekali film, baik dalam negeri maupun luar negeri yang mengangkat kasus-kasus psikologi. Brilio.net merangkum 8 film buat kamu yang tertarik dengan dunia psikologi, Rabu (18/11). Simak selengkapnya yuk!

1. The Silence of the Lambs (1991)

8 Film ini memeras otak, cocok buatmu penggemar dunia psikologi foto: http://www.flickeringmyth.com/
Film yang disutradarai Jonathan Demme ini dirilis pertama kali pada 14 Februari 1991. Film yang diadaptasi dari novel karya Thomas Haris ini adalah pemenang Oscar untuk Sutradara Terbaik, Anthony Hopkins sebagai Aktor Terbaik, Jodie Foster sebagai Aktris Terbaik, Naskah Adaptasi Terbaik, dan Film Terbaik 1991.

Film ini berkisah tentang Dr Hannibal Lecter yang merupakan seorang psikiater, pembunuh genius, dan kanibal. Clarice Starling, seorang agen FBI yang sedang dalam masa pelatihan, ditugaskan untuk bertemu dan berkonsultasi dengan Dr Hannibal terkait kasus pembunuhan berantai yang dilakukan oleh Buffalo Bill. Yang terjadi justru Hannibal membaca trauma masa lalu yang dimiliki oleh Starling.

Film ini bakal memanjakan kamu yang suka tentang psikologi dan tokoh-tokoh cerdas yang menderita kelainan jiwa. Apalagi kamu yang mahasiswa psikolgi, wajib nonton deh.

2. Fight Club (1999)

8 Film ini memeras otak, cocok buatmu penggemar dunia psikologi foto: www.playbuzz.com
Film yang dibintangi oleh Brad Pitt dan Edwar Norton ini pas banget buat kamu yang suka dunia psikologi. Disutradarai oleh David Fincher, film ini diadaptasi dari novel berjudul sama karya Chuck Palahniuk. Film ini berkisah tentang tokoh utamanya yang memiliki kepribadian ganda.

Tyler Durden, diperankan oleh Brad Pitt merupakan tokoh yang diimajinasikan tokoh narator film (diperankan Edward Norton) sebagai orang yang mengajarinya banyak tindakan kriminal termasuk mendirikan sebuah klub bertarung. Padahal, Tyler Durden adalah bagian dari diri tokoh utama sendiri.

3. A Beautiful Mind (2001)

8 Film ini memeras otak, cocok buatmu penggemar dunia psikologi foto: rsvpmagazine.ie
Film yang diambil dari kisah nyata seorang peraih nobel dalam bidang ekonomi tahun 1994, John Nash. John Nash adalah seorang ahli ekonomi yang juga menderita kelainan skizofrenia. Film yang disutradarai oleh Ron Howard dan dibintangi oleh Russell Crow ini diadaptasi dari buku biografi yang ditulis oleh Sylvia Nasar.

Diceritakan dalam film, John Nash adalah seorang matematikawan yang sangat cerdas. Sayangnya, ia menderita skizofrenia, yakni gangguan jiwa dimana tidak bisa membedakan mana yang halusinasi dan mana yang kenyataan.

Ia mempunyai banyak tokoh imajiner dalam hidupnya. Suatu ketika, ia direkrut Pentagon untuk memecahkan kode rahasia yang dikirim Soviet. Saat itulah ia kesulitan membedakan mana yang nyata dan mana yang khayalan hingga membuatnya depresi. Nash digambarkan sebagai orang yang pada akhirnya berdamai dengan dunia imajinasinya.

4. He Loves Me He Loves Me Not (2002)

8 Film ini memeras otak, cocok buatmu penggemar dunia psikologi foto: www.rottentomatoes.com
Film Prancis yang disutradari oleh Laetitia Colombani ini mengisahkan tentang seorang remaja seni bernama Angelique yang diperankan oleh aktris cantik Audrey Tautou. Dikisahkan Angelique jatuh cinta pada tetangganya, Dr Loic Le Garrec, pria yang sudah mempunyai istri. Demi cinta Loic, segala hal dilakukannya bahkan sampai tindakan kriminal.

Dalam dunia Angelique, Loic juga mencintainya. Sementara kenyataannya, Loic bahkan tidak tahu kalau Angelique mencintainya. Angelique menderita erotomania yaitu bentuk gangguan kepribadian dimana penderitanya memiliki keyakinan orang-orang yang biasanya memiliki status sosial lebih tinggi darinya memendam perasaan cinta kepada dirinya.

5. Black Swan (2010)

8 Film ini memeras otak, cocok buatmu penggemar dunia psikologi foto: fi.wikipedia.org
Film ini mengantar pemain utamanya, Natalie Portman sebagai peraih aktris terbaik dalam Academy Awards. Film yang disutradarai oleh Darren Aronofsky ini berkisah tentang Nina, seorang balerina yang menderita impulsive bipolar.

Nina menderita kelainan tersebut lantaran dibesarkan oleh seorang ibu yang frustasi dan over protektif. Nina sangat terobsesi untuk mendapatkan peran Queen Swan yang harus memerankan karakter berbeda yaitu Black Swan dan White Swan. Pokoknya kamu harus nonton film ini deh.

6. Batman: The Dark Knight (2008)

8 Film ini memeras otak, cocok buatmu penggemar dunia psikologi foto: villains.wikia.com
Film ini memang termasuk salah satu film yang fenomenal, bagaimana tidak? Heath Ledger yang memerankan sebagai tokoh Joker lebih mendapat pujian daripada Christian Bale, sang Batman. Quote andalan Joker, "Why are you so serious?" bahkan sangat mendunia.

Joker adalah tokoh yang digambarkan sangat kejam dan tidak memiliki rasa takut sama sekali. Ia merupakan penderita psikopat, kamu bakal terpukau sama dialog-dialog keren dalam film ini. Sayangnya, Heath Ledger meninggal dunia pada Januari 2008, diduga karena terlalu mendalami karakter Joker hingga membuatnya susah tidur dan mengonsumsi terlalu banyak obat tidur. Ia meninggal sebelum film The Dark Knight dirilis. Tahun 2009, ia mendapat piala Oscar untuk pemeran pendukung terbaik.

7. Fiksi (2008)

8 Film ini memeras otak, cocok buatmu penggemar dunia psikologi foto: www.indonesianfilmcenter.com
Film Indonesia yang disutradarai oleh Mouly Surya ini mendapat banyak penghargaan dalam ajang FFI 2008 yakni Sutradara Terbaik, Skenario Asli Terbaik (Joko Anwar), Musik Pengiring Terbaik (Zeke Khaseli), dan Film Terbaik 2008.

Film ini berkisah tentang Alisha, diperankan oleh Ladya Cheryl, seorang gadis berumur 20 tahun yang hidup dengan trauma masa lalu. Di masa kecil ia melihat ibunya sendiri bunuh diri dengan pistol, ayahnya adalah orang kaya raya yang kaku. Hidupnya hanya dengan pembantu dan supir.

Alisha jatuh cinta pada Bari yang diperankan oleh Donny Alamsyah. Sayangnya, Bari telah memiliki kekasih. Saking cintanya, Alisha bahkan rela ikut menyewa rumah susun di tempat Bari tinggal. Alisha memiliki kelainan psikologi, ia rela melakukan apa pun untuk Bari.

Bari digambarkan sebagai seorang penulis yang tak pernah bisa menyelesaikan kisah-kisahnya. Alisha membantu Bari menyelesaikan kisah-kisahnya bahkan hingga membunuh orang lain. Kamu penasaran? Tonton deh, bisa juga untuk menambah pengetahuan psikologi kamu.

8. Belahan Jiwa (2005)

8 Film ini memeras otak, cocok buatmu penggemar dunia psikologi

foto: rizkifebi.wordpress.com
Film yang dibintangi Dian Sastro Wardoyo ini sempat mencuri perhatian publik. Ceritanya bukan tentang kisah cinta menye-menye. Film yang disutradarai oleh Sekar Ayu Asmara ini memang bakal bikin kamu mikir waktu nonton.

Dian Sastro digambarkan sebagai Cempaka, seseorang dengan masa lalu yang misterius. Selain Cempaka, ada empat tokoh wanita lain yakni Cairo (Rachel Maryam), Farlyna (Dinna Olivia), Baby Blue (Nirina Zubir), dan Arimby (Marcella Zalianty). Kelima perempuan ini memiliki kekasih yang sama, yakni Bumi. Mau tahu kisahnya gimana? Sudah buruan cari filmnya lalu tonton, pasti kamu bakal menemukan banyak kejutan dalam film ini.