Brilio.net - Kabar duka menyelimuti hari raya Idul Adha, Kamis (24/9). Sebanyak 310 jamaah haji dikabarkan meninggal dunia akibat berdesakan dan terinjak-injak saat akan lempar jumroh di Mina. (BACA: Tragedi Mina: 220 Jamaah haji meninggal saat prosesi lempar jumroh)

Tragedi ini bukan yang pertama terjadi di Mina. Sebab, Mina punya sejarah panjang sebagai tempat terjadinya tragedi yang banyak menewaskan jamaah haji pada tahun-tahun sebelumnya. Berikut tragedi-tragedi yang menewaskan banyak jemaah haji yang pernah terjadi di Mina, Arab Saudi.

1. 2 Juli 1990

Inilah tragedi paling memilukan yang pernah terjadi di Mina. Pada saat itu, 1.426 jemaah haji tewas akibat terinjak-injak saat berada di terowongan Mina.

2. 23 Mei 1994

Loading...

Sebanyak 270 jemaah haji kembali menjadi korban dalam tragedi di Mina. Tragedi itu terjadi ketika para jemaah haji melakukan prosesi lempar jumroh di Mina

3. 15 April 1997

7 Tragedi Mina paling memilukan sepanjang sejarah ibadah haji

Ilustrasi tenda jamaah haji.

Sebanyak 343 jemaah tewas dan 1.500 lainnya terluka akibat kebakaran tenda jemaah haji di Mina. Belajar dari tragedi ini, sekarang tenda jemaah haji diklaim antiapi.

4. 9 April 1998

7 Tragedi Mina paling memilukan sepanjang sejarah ibadah haji

Ilustrasi lempar jumroh.

Sebanyak 118 jemaah haji meninggal dunia dan 180 lainnya luka dalam tragedi di jembatan Jamarat saat akan melakukan prosesi melempar jumroh di Mina.

5. 5 Maret 2001

Sejumlah 35 jamaah haji meninggal dunia akibat berdesakan saat akan melakukan lempar jumroh di Mina

6. 12 Januari 2006

7 Tragedi Mina paling memilukan sepanjang sejarah ibadah haji

Ilustrasi Jembatan Jamarat

Sebanyak 346 jemaah haji tewas dan 289 lainnya terluka saat melakukan prosesi lempar jumroh. Musibah terjadi akibat ratusan orang jemaah haji yang baru tiba untuk melakukan prosesi itu saling bertabrakan dengan jemaah lain di jembatan Jamarat. Belajar dari kejadian ini, pemerintah Arab Saudi merekontruksi ulang Jembatan Jamarat agar jamaah tak perlu berdesakan saat melempar jumroh.

7. 24 September 2015

7 Tragedi Mina paling memilukan sepanjang sejarah ibadah haji

Terbaru, lebih dari 300 orang jemaah haji tewas, sementara ratusan lainnya luka akibat terinjak-injak di saat akan melakukan prosesi lempar jumroh.

RECOMMENDED BY EDITOR