Brilio.net - Sepatu merupakan salah satu aset penting untuk menunjang penampilan. Tak jarang karakter orang dinilai dari sepatu yang digunakannya. Gaya dan kebiasaan dalam memakai sepatu menjadi refleksi dari kepribadian.

Salah satu jenis sepatu yang populer dikenakan adalah sepatu berbahan kulit. Sepatu kulit memiliki berbagai macam tipe yang bisa disesuaikan dengan selera dan karakter. Sepatu formal berbahan kulit melambangkan kualitas kemapanan seseorang baik dari luar maupun dari dalam. Tapi untuk merawatnya, memang gampang-gampang susah lho.

Nah, jika kamu penggemar sepatu kulit, 7 rahasia merawat sepatu di bawah ini bisa jadi pedoman buat kamu. Berikut tips merawat sepatu kulit yang brilio.net himpun dari berbagai sumber, Selasa (24/11):

1. Jangan gunakan setiap hari

7 Tips jitu merawat sepatu kulit agar awet dan keren, kamu coba ya!

Loading...

foto: pinterest.com

Semakin sering digunakan, maka sepatu kulit akan menyerap keringat kamu lebih banyak. Bahan kulit tersebut memang akan mengering secara alami, tapi paling tidak proses ini membutuhkan waktu selama dua hari. Jadi melakukan rotasi pemakaian sangat disarankan untuk menjaga sepatu kulitmu tetap awet.

2. Perhatikan cara membersihkannya

7 Tips jitu merawat sepatu kulit agar awet dan keren, kamu coba ya!foto: pinterest.com

Cara membersihkan sepatu kulit juga memiliki pengaruh besar terhadap keawetan sepatu. Biasanya terdapat bahan khusus untuk membersihkan sepatu kulit seperti leather conditioner. Sepatu kulit dalam penjemuran juga tidak bisa terkena sinar matahari secara langsung karena dapat merusak permukaan kulit. Cukup dikeringkan pada ruangan dengan suhu kamar selama kurang lebih 30 menit.

"Untuk membersihkan sol luar bisa menggunakan sabun dengan PH rendah seperti sunlight atau sejenisnya," tutur Helmi, pria yang merupakan salah satu member komunitas Dr. Martens Indonesia kepada brilio.net.

3. Gunakan shoe tree

7 Tips jitu merawat sepatu kulit agar awet dan keren, kamu coba ya!foto: youtube.com

Shoe tree berfungsi untuk menjaga bentuk sepatu agar tetap seperti bentuk awalnya apabila sedang tidak digunakan. "Hampir sama dengan jenis sepatu lainnya, kamu bisa mengaplikasikan shoe tree untuk sepatu kulit agar tetap menjaga bentuk sepatu seperti ketika baru beli," lanjutnya.

4. Semir secara berkala

7 Tips jitu merawat sepatu kulit agar awet dan keren, kamu coba ya!

foto: pinterest.com

Menyemir sepatu kulit selain untuk menjaganya agar tetap cemerlang, juga bisa membuat kulitnya tetap terjaga kelembabannya. Teknik menyemir bisa dengan satu arah agar alur sepatu tidak berubah dan tetap terlihat alami. Dan yang paling penting, pastikan warna semir sama dengan warna kulit sepatumu guys.

5. Hati-hati menggunakan leather cleaner

7 Tips jitu merawat sepatu kulit agar awet dan keren, kamu coba ya!foto: kaskus.com

Banyak cairan yang bisa digunakan untuk alternatif pembersih kulit, seperti minyak angin atau balsam. Tapi hati-hati, cairan tertentu malah bisa membuat cat tergerus dan menimbulkan cacat pada sepatu kulit. Sebelum digunakan, alangkah baiknya tes di area kecil terlebih dahulu, jangan langsung mengusapkannya ke seluruh area sepatu.

6. Hindari sepatumu terkena air

7 Tips jitu merawat sepatu kulit agar awet dan keren, kamu coba ya!foto: sharperliving.co.uk

Air dapat menyebabkan kerusakan yang pelan tetapi pasti. Saat ingin bepergian dan tahu bahwa cuacanya cenderung lembab serta basah, sebaiknya pilih alternatif sepatu lainnya.

Jika terlanjur terkena air, lap dengan menggunakan kain lembut dan biarkan kering secara alami tanpa terkena sinar matahari langsung. Setelah cukup kering, kamu bisa mengoleskan leather conditioner untuk mencegah terjadinya kerak.

7. Jenis suede perlu perlakuan khusus

7 Tips jitu merawat sepatu kulit agar awet dan keren, kamu coba ya!foto: pinterest.com

Ada yang sedikit berbeda dalam membersihkan sepatu jenis suede. Saat terkena noda, suede eraser khusus bisa membantu membersihkan noda yang ada. Untuk menyikatnya pun terdapat sikat khusus suede yang bahannya lembut dan kasar terdiri dari dua sisi.

"Untuk bahan suede biasanya diaplikasikan protector dan cleaner khusus bahan suede yang bisa dibeli di toko sepatu di kota-kota besar," terang Helmi, pria yang sudah hampir dua tahun bergabung dalam komunitas Dr. Martens Indonesia.

RECOMMENDED BY EDITOR