Brilio.net - Berkat mikroskop elektron, kita bisa mendapatkan gambaran detail mikroorganisme yang tak bisa dilihat dengan mata telanjang. Hmmm ... bagaimana ya, reaksi kamu kala melihat beberapa mikroorganisme ini?

Dilansir brilio.net dari laman Mental Floss, Rabu (15/7) berikut 7 mikroorganisme yang bakal bikin kamu takjub (atau merinding disko?).

1. Schistosome Parasite

7 'Monster' mengerikan ini hanya bisa dilihat lewat mikroskop

Gambar tersebut diperbesar 256 kali. Schistosome Parasite merupakan parasit yang hidup dalam beberapa jenis siput air tawar. Dia bisa muncul ke air dan bertahan hidup sampai 48 jam. Masalah yang cukup mengerikan dari parasit ini adalah dapat menembus kulit orang yang kontak dengan air terkontaminasi. Setelah beberapa minggu, parasit ini tumbuh menjadi cacing dewasa yang hidup dan menghasilkan telur dalam pembuluh darah.

Kebanyakan orang dengan schistosomiasis tidak menunjukkan tanda-tanda awal, tapi dapat dilihat dari munculnya ruam atau kulit gatal. Selain itu, disusul gejala demam, menggigil, sakit batuk, dan nyeri otot yang dapat dimulai dalam waktu 1-2 bulan dari hari terkena infeksi.

Parasit ini juga bisa bertelur yang berbahaya. Kalau telur sampai ke usus, hati, atau kandung kemih, bisa menyebabkan peradangan atau jaringan parut. Anak-anak yang berulang kali terinfeksi dapat mengalami anemia, kekurangan gizi, dan hambatan dalam belajar. Setelah bertahun-tahun terinfeksi, parasit bisa merusak hati, usus, paru-paru, dan kandung kemih. Selain itu, bisa menyebabkan kejang, kelumpuhan, atau peradangan sumsum tulang belakang, jikalau mencapai otak atau sumsus tulang belakang, namun hal ini jarang terjadi.

Parasit penyebab schistosomiasis ini tidak ditemukan di Amerika Serikat, namun 200 juta orang terinfeksi di seluruh dunia.

2. Thaumetopoea Processionea

7 'Monster' mengerikan ini hanya bisa dilihat lewat mikroskop

Ulat pohon ek ini ditemukan di Eropa Tengah dan Selatan, beberapa ada di bagian utara seperti Swedia. Gambar tersebut telah diperbesar sebanyak 30 kali. Selain mengganggu pohon ek, ulat ini juga beracun bagi manusia. Dia bisa menyebabkan asma dan iritasi kulit.

3. Fruit Fly

7 'Monster' mengerikan ini hanya bisa dilihat lewat mikroskop

Drosophila melanogaster merupakan lalat buah, disebut juga cuka lalat. Dia sering kali digunakan dalam penelitian ilmiah dan merupakan salah satu organisme pertama kali yang digunakan untuk analisis genetik.

4. Cimex Lectularius

7 'Monster' mengerikan ini hanya bisa dilihat lewat mikroskop

Dikenal pula sebagai kutu tempat tidur. Gambar tersebut telah diperbesar sehingga terlihat mulut serangga yang digunakan untuk menembus kulit dan meminum darahmu saat tidur. C. Lectularius lebih suka makan darah manusia, tapi ada jenis lain dari kutu tempat tidur yang makan secara eksklusif darah hewan lain, seperti unggas dan kelelawar.

5. Mosquito

7 'Monster' mengerikan ini hanya bisa dilihat lewat mikroskop

Gambar tersebut telah ditangkap oleh mikroskop elektron scanning sehingga kamu bisa tahu detailnya. Itulah nyamuk Anopheles gambiae yang diperbesar 114 kali.

6. Colorado Potato Beetle Nymph

7 'Monster' mengerikan ini hanya bisa dilihat lewat mikroskop

Kutu ini ditemukan di kentang dan merusak mereka. Tak jarang pula merusak terung dan tomat. Gambar tersebut telah diperbesar sebanyak 100 kali.

7. Head Louse

7 'Monster' mengerikan ini hanya bisa dilihat lewat mikroskop

Dapat dikatakan head louse ini merupakan kutu kepala. Dia hidup di kepala dan bertelur. Tak jarang bisa hidup di alis atau bulu mata. Gambar tersebut telah diperbesar 200 kali.

BACA JUGA:

Telan landak 12,7 kg, ular Piton mati perutnya ketancep banyak duri

Kalau kamu senyum-senyum lihat 25 Gambar ini, masa kecilmu bahagia!

10 Foto yang akan membuatmu merindukan sosok ayah

10 Coretan di uang kertas yang mungkin pernah kamu lakukan saat kecil

21 Stiker lucu di sepatbor motor, awas nabrak!

20 Tas belanjaan unik, kreatif, juga menggelikan

25 Meme kucing yang imut, ngegemesin dan bikin ketawa

11 Foto editan Agan Harahap ini dimuat di media asing top wired.com