Brilio.net - Information Technology (IT) memang selalu hangat untuk diperbincangkan. IT sendiri menjadi bagian terpenting dari kehidupan manusia modern. Kehadirannya bisa membuat segala sesuatu menjadi mudah.

Tak heran jika di perkuliahan, bidang ini menjadi salah satu yang populer. Bahkan, banyak juga yang menganggap anak IT adalah makhluk serba bisa. Mungkin karena perkembangan IT di Indonesia tidak segencar di negara maju lainnya. Bagi kamu yang lulusan IT atau bekerja di bidang IT, mungkin pernah merasakan hal-hal serupa.

Berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber 7 hal yang cuma dirasakan anak IT, Kamis (26/11):

1. Katalog berjalan

7 Kondisi ini ternyata cuma dirasakan anak IT, kamu termasuk?foto: giphy.com

Loading...

Nggak jarang anak IT itu ditanya bermacam-macam harga perangkat. Mulai dari harga smartphone terbaru, laptop sampai harga monitor LCD paling murah. Padahal nggak semua anak IT tahu tentang hal seperti ini. Layaknya katalog berjalan, stereotip masyarakat masih menganggap anak IT punya update terlengkap harga pasaran berbagai perangkat. Sedih nggak sih?

2. Teknisi segala perangkat

7 Kondisi ini ternyata cuma dirasakan anak IT, kamu termasuk?

foto: giphy.com

Salah satu keahlian IT memang memperbaiki perangkat keras. Tapi ini nggak semua, karena hanya mereka yang khusus mempelajari perangkat keras yang paham. Yang bikin sedih, masih banyak yang menganggap anak IT itu bisa memperbaiki segala perangkat. Padahal ini biasanya tugasnya anak elektro lho.

"Pernah suatu ketika bosku minta tolong untuk benerin AC kantor yang nggak dingin. Sebenarnya nggak masalah sih tapi yang bikin sedih dia minta tolongnya pakai bawa-bawa nama IT," kata Willy, pria yang bekerja sebagai IT Support di salah satu BUMN kepada brilio.net beberapa waktu lalu.

3. Solusi internet lambat

7 Kondisi ini ternyata cuma dirasakan anak IT, kamu termasuk?

foto: kaskus.com

"Bro, bagi cara biar kecepatan download bisa 10MB/s dong, komputernya mesti diapain? Bro, caranya biar dapat internet gratis dari kartu ini gimana ya?" Kamu yang anak IT pasti pernah dengar permintaan semacam itu. Ya, terkadang orang menganggap anak IT bisa mengubah kecepatan internet layaknya tukang sulap.

4. Dukun dunia maya

7 Kondisi ini ternyata cuma dirasakan anak IT, kamu termasuk?

foto: giphy.com

Ini yang paling sering dirasakan sama mereka yang berkecimpung di dunia IT. Stereotip masyarakat menganggap seolah-olah anak IT bisa berbuat segalanya terhadap internet.

"Aku bukan hacker, tapi kalau kumpul sama teman-teman suka dimintain tolong yang aneh-aneh, mulai dari hack medsos sampai hack email," ungkap Agum, mahasiswa jurusan IT salah satu universitas swasta.

5. Makhluk malam

7 Kondisi ini ternyata cuma dirasakan anak IT, kamu termasuk?foto: reddit.com

Anak IT emang identik dengan dunia malam. Dunia malam yang dimaksud bukan dunia gemerlap ya Guys. Tapi entah kenapa pekerjaan IT itu cenderung dilakukan pada malam hari. Contohnya backup server.

6. Master of design

7 Kondisi ini ternyata cuma dirasakan anak IT, kamu termasuk?

foto: giphy.com

"Tolong edit fotoku biar agak putih sedikit dong," Kamu anak IT pasti pernah mendengar permintaan semacam itu. Padahal anak IT itu nggak ada hubungannya sama design grafis lho. Karena itu sudah bagian dari pekerjaan seni bukan IT. Sedihnya, stereotip orang Indonesia menganggap anak IT juga mahir menggunakan aplikasi design seperti Photoshop dan Coreldraw.

7. Jomblo

7 Kondisi ini ternyata cuma dirasakan anak IT, kamu termasuk?

foto: giphy.com

Ini yang paling sedih. Mungkin karena penampilannya yang pucat, mata sembab akibat nggak tidur semalaman. Jarang mandi, sampai cenderung bersifat tertutup membuat anak IT dianggap jurusannya para jomblo. Padahal mereka juga punya pacar lho, pacarnya ya laptop itu, hiks.

RECOMMENDED BY EDITOR