Brilio.net - Sembilan tahun lamanya Indonesia mengirimkan pasukan dalam misi perdamaian di Lebanon di bawah naungan UNIFIL (United Nations Interim Force in Lebanon). Pasukan yang dikenal dengan Kontingen Garuda ini sangat disegani dan diperhitungkan karena memiliki jumlah tebanyak kedua setelah Italia, serta keberadaannya yang diterima dengan baik oleh warga Lebanon.

Secara umum Kontingen Garuda tersebar di empat lokasi, yang pertama di Sudirman Camp Naqoura bagi Satgas Force Headquarter Support Unit (FHQSU), Satgas Indo Force Protection Company (FPC), Satgas Civilian Military Coordination (CIMIC) TNI, Satgas Military Community Outreach Unit (MCOU), dan Satgas Level 2 Hospital serta sebagian besar staf officer. Kedua di Beirut untuk Satgas Indo Maritime Task Force (MTF), ketiga di 7-1 Marjayoun untuk Satgas Military Police Unit (MPU), dan yang terbesar berada di 9-2 Adchit Al Qusayr yaitu Satgas Batalyon Mekanis TNI (Indobatt).

Khusus untuk Sudirman Camp, markas ini cukup menarik. Banyak prajurit dari negara lain serta warga sangat tertarik untuk berkunjung karena markas ini memiliki beberapa keunikan. Mereka datang tidak selalu untuk keperluan serius berkaitan dengan tugas perdamaian, tapi sekadar berfoto maupun belanja. Sudirman Camp merupakan kompleks tempat tinggal bagi Prajurit Kontingen Garuda yang bertugas di UNIFIL HQ.

Setidaknya ada tujuh hal yang menarik dari Markas Sudirman Camp. Apa saja itu, berikut seperti yang disampaikan Perwira Penerangan Satgas FPC Konga XXVI-G2/UNIFIL, Lettu Inf Taufik Arifiyanto, dalam siaran pers, Jumat (15/5).

1. Gerbang bola dunia

7 Daya tarik markas TNI di Lebanon, lokasi favorit selfie & belanja

Sebelum memasuki Sudirman Camp, para tamu akan disambut oleh gerbang bola dunia yang menjadi satu-satunya akses masuk ke Sudirman Camp. Yang menarik dari gerbang ini adalah adanya tugu dengan bola dunia di puncaknya. Ada dua tugu di kanan dan kiri gerbang, yang masing-masing bola dunia bertuliskan "UNIFIL" dan "INDONESIA".

2. Tugu Sangkur dan Patung Garuda Wisnu Kencana

7 Daya tarik markas TNI di Lebanon, lokasi favorit selfie & belanja

Setelah melewati gerbang, akan ditemui berikutnya adalah Tugu Sangkur dan Patung Garuda Wisnu Kencana. Kedua bangunan ini terletak di tengah-tengah kolam yang berisikan ikan koi pada bundaran Sudirman Camp. Pad tugu ini, sangkur menancap di batu dan menahan ilustrasi kertas bertuliskan sejarah penyebutan "GARUDA".

3. Gerbang Pura

7 Daya tarik markas TNI di Lebanon, lokasi favorit selfie & belanja

Gerbang Pura merupakan pintu masuk menuju lapangan Sudirman yang biasa digunakan sebagai tempat upacara. Bangunan yang terdapat motto "Make Peace Nothing Else" ini menjadi salah satu tempat favorit bagi prajurit negara lain untuk berfoto bersama.

4. Patung Garuda

7 Daya tarik markas TNI di Lebanon, lokasi favorit selfie & belanja

Dengan ukuran panjang delapan meter dan tinggi empat meter, Patung Garuda terlihat gagah dengan background pemandangan Laut Mediterania. Patung inilah yang menjadi ikon Kontingen Garuda yang selalu menarik perhatian pasukan negara lain untuk foto bersama di bawahnya. Tidak hanya dari kalangan militer, penduduk lokal Lebanon juga sangat tertarik untuk berfoto di Patung Garuda.

5. Masjid Sudirman Camp

7 Daya tarik markas TNI di Lebanon, lokasi favorit selfie & belanja

Bangunan yang terbuat dari tenda dengan ukuran 35 m x 10 m x 6 m ini berfungsi sebagai masjid yang digunakan oleh Pasukan Garuda untuk beribadah. Masjid ini merupakan satu-satunya yang berada di UNIFIL HQ, sehingga tidak saja Pasukan Garuda yang melaksanakan ibadah, tetapi juga prajurit dari negara lain. Masjid Sudirman Camp ini dapat menampung sampai dengan 200 orang.

6. Minimarket Sudirman Camp

7 Daya tarik markas TNI di Lebanon, lokasi favorit selfie & belanja

Untuk keperluan harian, Prajurit Garuda dapat berbelanja di Minimarket yang berada di Sudirman Camp. Minimarket Sudirman Camp dikelola oleh masyarakat lokal Lebanon yang sudah mendapatkan lisensi dari UNIFIL. Minimarket ini menyediakan berbagai macam barang untuk memenuhi kebutuhan harian dengan harga terjangkau, sehingga yang berbelanja di tempat ini juga prajurit negara lain.

7. Panser APC Anoa

7 Daya tarik markas TNI di Lebanon, lokasi favorit selfie & belanja

Kendaraan tempur yang setia mendampingi Pasukan Garuda yang bertugas di Indo Force Protection Company (FPC) serta selalu siap digerakkan untuk mendukung pelaksanaan Misi Perdamaian Pasukan Garuda. Banyak prajurit negara lain tertarik untuk berselfie di panser ini. Hebatnya lagi, kendaraan ini produksi dalam negeri, yakni PT Pindad.