Brilio.net - Hari ini, 25 November seluruh masyarakat Indonesia merayakan Hari Guru Nasional. Suka citanya pun begitu terlihat di media sosial. Bahkan di Twitter, ucapan Selamat Hari Guru menjadi trending topik teratas di Indonesia.

Guru memang tak bisa dilepaskan perannya bagi semua orang. Bahkan bisa dikatakan setiap orang bagai butiran debu jika tanpa peran guru yang telah mendidik semua orang sedari kecil.

Lalu bagaimana mengungkapkan rasa cinta kepada guru saat Hari Guru Nasional? Nah, 7 hal berikut ini bisa kamu lakukan sebagai cara mengungkapkan rasa cinta kepada guru, seperti dihimpun brilio.net dari berbagai sumber:

1. Bikin acara yang berkesan

 

Makasi muridku yg sma tingginya sma aku.. #PGRIke70 #Hariguru

A photo posted by SelviaRamadhani (@selvi_ramadhani) on

Ikrom Mustofa, mahasiswa berprestasi Institut Pertanian Bogor (IPB) sekaligus Mahasiswa Berprestasi 2 Nasional 2015 menceritakan pengalamannya yang pernah memberikan kejutan dengan mempersembahkan puisi dan memberikan hadiah kepada guru.

Loading...

"Penghargaan yang pernah saya berikan kepada guru waktu itu adalah membacakan puisi guru di Hari Guru Nasional dan memberikan hadiah buku kepada salah seorang guru," kata Ikrom kepada brilio.net, Rabu (25/11).

2. Selfie bareng guru dan teman sekelas

 

Pada ajarannya ada sebuah harapan besar. Pada tegurnya ada do'a yang mulia. Pada marahnya ada kasih sayang yang mendalam. Pada diamnya terbesit sebuah kebijaksanaan. Pada tangannya ada anak bangsa yang cerdas. Terima kasih wahai guruku. Engkau pahlawan yang tak mengharapkan jasa apapun. Selamat Hari Guru Nasional 2015 • • #gopromoment #goproland #gopro #goprooftheday #goprohero3 #goprohero #goproindonesia #goproid #goprolifestyle #goproluxury #goprorealm #goprobatam #goprooftheworld #hutpgri #hutpgri70 #hariguru

A photo posted by Bagus Febrian Prawira (@bagusprawiraa) on

Media sosial sudah berkembang begitu pesat, selfie pun sudah menjadi hal yang lumrah dilakukan semua orang. Selfie dengan guru dan teman sekelas bisa menjadi momen yang tak terlupakan. Apalagi foto yang diunggah di media sosial akan menjadi kenangan yang bisa dilihat setiap saat.

3. Telepon guru dan ucapkan selamat

Kamu pasti punya guru yang paling berkesan di hatimu selama belajar, kan? Nah, jika kamu sudah jauh dari mereka, menelepon guru favoritmu bisa jadi cara menunjukkan rasa cinta yang tepat. Komunikasi sekarang kan semakin dipermudah dengan hadirnya berbagai teknologi. Ayo lekas telepon guru-guru favorit di sekolahmu dulu ya?

4. Unggah momen berkesan bersama guru

 

Goyang pinguin...hari guru #hariguru#goyangpinguin#school#sekolah

A video posted by Dini Ambita (@diniambita) on

Nah, unggah momen berkesan bersama guru juga bisa kamu lakukan. Cara ini bisa dilakukan baik mereka yang masih berstatus sebagai murid dan mereka yang sudah lulus dan jauh dari lingkungan sekolah. Unggah momen dengan kesan mendalam tetap bisa bikin kamu melting kok!

5. Tunjukkan cinta dengan kirim sepucuk surat

7 Cara ini bisa kamu lakukan untuk ungkapkan rasa sayang pada gurufoto: sabar artiyono

Cara antimainstream pun bisa kamu lakukan untuk menunjukkan rasa cinta kepada guru, seperti yang dilakukan oleh Sabar Artiyono (22). Pemuda asal Temanggung yang kini bekerja di salah satu media online nasional ini memilih untuk mengirim surat kepada guru Bahasa Inggrisnya pada momen Hari Guru Nasional.

"Aku kirim surat ke guru Bahasa Inggrisku, dia guru yang gampang marah karena pertanyaanku yang nggak logis. Tapi dia tetap support ketika aku ikut berbagai lomba apa pun," kata alumni Sastra Inggris 2014 yang bercita-cita kuliah lagi di luar negeri ini.

6. Tunjukkan rasa cinta dengan prestasi

7 Cara ini bisa kamu lakukan untuk ungkapkan rasa sayang pada gurufoto: dokumen rizqi rahmat

Menunjukkan rasa cinta kepada guru itu tak harus dilakukan saat Hari Guru Nasional. Setiap saat kamu bisa menunjukkan rasa cintamu kepada guru. Salah satunya dengan menunjukkan prestasi yang sudah kamu dapat. Guru tentunya akan lebih berbangga jika muridnya bisa mengukir prestasi.

"Bagi guru, pencapaian saya lewat ajang kompetisi dan lain-lain semoga bisa menjadi hadiah terbaik untuk kesahajaan mereka dalam mendidik," ujar Ikrom Mustofa, Mahasiswa Berprestasi 2 Nasional.

7. Putar lagu Hymne guru dan kenang penciptanya

7 Cara ini bisa kamu lakukan untuk ungkapkan rasa sayang pada gurufoto: dokumen imam ghazali

Memutar lagu Hymne Guru di YouTube juga bisa bikin kamu mengenang segala kebaikan guru. Syairnya membuat siapa saja akan terenyuh dan tahu bagaimana usaha pahlawan tanpa tanda jasa dalam mendidik.

Namun jangan sampai lupa, kenang juga jasa Sartono, pencipta lagu Hymne Guru yang kini telah berpulang ke pangkuan Tuhan. Meskipun lagunya dinyanyikan setiap tahun, namun ia tetap hidup sederhana. Ia guru yang punya dedikasi tinggi. Sartono telah tiada, namun lagu Hymne Guru akan selalu dinyanyikan anak bangsa Indonesia.

Selamat Hari Guru Nasional ya guys!

RECOMMENDED BY EDITOR