Brilio.net - Kamu sadar nggak, saat ini kerusakan lingkungan di negara kita ini makin parah? Memang sih, ada faktor yang murni berasal dari alam seperti gunung meletus dan juga gempa bumi. Tapi banyak juga lho yang disebabkan oleh ulah manusia.

Nah, nggak ada tawar menawar lagi mulai saat ini juga kamu harus mulai menjaga lingkungan supaya keadaan di negara kita tercinta ini tidak semakin parah lagi. Seperti yang telah dikumpulkan brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (12/11), 7 alasan ini lho yang akan semakin menguatkanmu untuk lebih peduli dengan lingkungan.

1. Kabut asap

7 Alasan kamu harus ikut menjaga lingkungan saat ini juga

foto: thejakartapost.com

Kabut asap yang nggak kunjung henti disebabkan oleh apa sih? Penyebabnya adalah terbakarnya lahan gambut yang berada di areal perkebunan kelapa sawit secara massif. Ada lebih dari 175 titik yang terbakar, kebakaran besar-besaran ini menimbulkan kabut asap yang tak kunjung hilang. Bahkan sudah menelan beberapa korban akibat gangguan pernapasan. Dari kejadian ini kamu harus mulai sadar bahwa betapa pentingnya pepohonan dan jangan pernah bakar sampah sembarangan. Akan lebih baik sampah yang berupa dedaunan dikubur saja.

2. Global warming

7 Alasan kamu harus ikut menjaga lingkungan saat ini juga

foto: news.discovery.com

Pasti kamu sudah sering banget kan dengar istilah global warming? Nah, global warming ini hampir seluruhnya disebabkan oleh manusia. Mulai dari penggunaan listrik berlebihan, efek rumah kaca, dan juga halaman rumah yang tidak memiliki pepohonan.

Mungkin maksudnya agar terlihat rapi, banyak orang menebang pohon dan mentegel halaman rumah. Padahal hal tersebut sama sekali tidak disarankan lho! Imbauan atau kampanye hemat listrik (save energy) sudah banyak di lakukan, tapi tetap saja banyak rumah yang boros dalam pemakaian listrik.

3. Banjir

7 Alasan kamu harus ikut menjaga lingkungan saat ini juga

foto: bpbd.go.id

Hujan mulai datang, pasti sebentar lagi banyak daerah juga yang terkena dampak banjir. Walaupun memang merupakan faktor alam tapi campur tangan manusia juga jadi penyebabnya lho. Iya, sampah! Simpel aja sih sebenarnya, jangan buang sampah sembarangan tapi tindakan sepele tersebut sering tidak diperhatikan oleh masyarakat Indonesia.

4. Polusi

7 Alasan kamu harus ikut menjaga lingkungan saat ini juga

foto: energytoday.com

Polusi alias pencemaran, mulai dari polusi udara, air, hingga tanah semuanya ada di Indonesia. Tidak heran akibat tingkat pencemaran yang terus terjadi menyebabkan banyaknya penyakit yang menyerang masyarakat. Sebenarnya mudah saja, mulailah dari diri sendiri. Jangan sedikit-sedikit menggunakan kendaraan bermotor, kalau bisa dijangkau dengan jalan kaki atau bersepeda, kenapa tidak?
 
5. Kekeringan

7 Alasan kamu harus ikut menjaga lingkungan saat ini juga

foto: photobucket.com

Kemarau yang panjang ditambah dengan banyaknya lahan gundul semakin membuat kekeringan susah ditanggulangi. Pohon itu berguna sebagai penyimpan cadangan air, kalau pohon saja ditebangi tapi tidak dibarengi dengan reboisasi ya tentu saja kekeringan semakin parah.

6. Peningkatan suhu

7 Alasan kamu harus ikut menjaga lingkungan saat ini juga

foto: merdeka.com

Sering merasakan hawa panas yang berlebihan? Itu terjadi bukan hanya karena sedang musim panas saja lho! Tapi masih ditambah juga karena akibat pembangunan gedung beton di kota-kota besar. Serta terjadinya penipisan lapisan ozon akibat terjadinya global warming.

7. Perburuan hewan langka

7 Alasan kamu harus ikut menjaga lingkungan saat ini juga

foto: ProFauna Indonesia facebook

Beberapa minggu terakhir ini, media sosial diramaikan dengan adanya postingan orang-orang yang menangkap satwa langka seperti orangutan, beruang, monyet, macan tutul dan lain sebagainya. Binatang tersebut ditangkapi ditangkapi dan dikonsumsi. Aduh, seperti nggak ada makanan lainnya saja ya! Binatang langka itu seharusnya dilindungi bukan diburu.