Brilio.net - Setiap kali kamu berada dalam suatu hubungan dengan orang yang kamu cinta, tentu kamu pernah merasakan betapa kamu sangat mencintai dan menyayangi pasanganmu tersebut, hingga tanpa kamu sadari, kamu semakin tergantung padanya. Padahal, ketergantungan terhadap orang lain merupakan suatu keadaan yang tak sehat, lho.

Mengapa demikian? Kamu adalah pribadi sendiri yang mempunyai jiwa dan mempunyai tubuh sendiri. Seharunya kamu sendiri yang menentukan hal apapun di hidupmu, tanpa tergantung dengan orang lain. Berikut ini adalah tanda-tanda yang harus segera kamu waspadai bila kamu terlalu tergantung dengan pasanganmu seperti yang dilansir brilio.net dari bustle, Jumat (29/1).

1. Kamu tak punya waktu untuk keluar bersama teman dan keluarga

6 Tanda kamu terlalu bergantung pada pacarmu

foto: stylishwife.com

Loading...

Hanya karena kamu punya pacar bukan berarti kamu lupa bahwa kamu juga punya teman, dan keluarga, yang ingin juga berkumpul dan bercengkerama denganmu. Menurut WebMD, Scott Wetzler PhD, kepala divisi psikologi di Albert Einstein College of Medicine mengatakan, hubungan kodependen menandakan tingkat hubungan yang tidak sehat, di mana satu orang tidak bergantung pada orang lain. Untuk memiliki hubungan yang stabil dan sehat dengan pasanganmu, kamu berdua perlu bergaul dengan teman-teman dan keluarga dan tidak hanya dengan satu sama lain.

2. Kamu tidak punya waktu me time

6 Tanda kamu terlalu bergantung pada pacarmu

foto: wassikhan.blogspot.com

Ada waktunya ketika kamu membutuhkan waktu sendiri tanpa harus tergantung dengan pasangan. Sudah saatnya kamu menekuni hobimu, atau melakukan kegiatan yang kamu senangi dengan me time.

3. Hanya dia sumber kebahagiannmu

6 Tanda kamu terlalu bergantung pada pacarmu

foto: quotesideas.com

Ini juga berbahaya. Ada banyak sumber kebahagian di dunia ini, dan jika kamu hanya melihat pasanganmu sebagai satu-satunya sumber kebahagiaan, kamu tak akan menemukan sejatinya kebahagian. Sebab, begitu pasanganmu itu meninggalkanmu, berarti mau tidak mau kebahagiaanmu satu-satunya ikut hilang. Dan itu tandanya kamu telah snagat bergantung padanya.

4. Kamu terlalu sering mencemaskan hubunganmu

6 Tanda kamu terlalu bergantung pada pacarmu

foto: quotesideas.com

Kamu tak tenang, cemas, dan selalu khawatir dalam menjalani hubunganmu dengan si dia, itu tandanya kamu selalu memikirkannya, tanpa memikirkan hal lain di hidupmu, dan kamu terlalu tergantung padanya.

5. Kamu lebih peduli terhadapnya, daripada dia terhadapmu

6 Tanda kamu terlalu bergantung pada pacarmu

foto: bestprofilepix.com

Kadang-kadang dalam hubungan, salah satu pasangan mungkin menemukan diri mereka menjadi seseorang yang lebih peduli daripada yang lainnya. Sebuah hubungan romantis tidak harus merasa seperti hubungan orang tua dan anak. Menurut Everyday Health, Mary Catherine Segota, psikolog klinis berlisensi di Kesehatan Eksekutif di Orlando, Fla mengatakan, "Individu yang kodependen cenderung terlibat dalam hubungan dengan individu yang tidak dapat diandalkan, secara emosional,". Segota melanjutkan, "Individu kodependen mencoba untuk menyediakan dan mengendalikan segala sesuatu dalam hubungan tanpa mengatasi kebutuhan mereka sendiri atau keinginan mereka sendiri,"

6. Kamu selalu merasa kurang akan dirimu sendiri

6 Tanda kamu terlalu bergantung pada pacarmu

foto: giphy.com

Ketika seseorang dalam hubungan kodependen, dan sangat bergantung pada pasangannya untuk memenuhi kebahagiaan mereka sendiri, mereka biasanya tidak merasa baik tentang diri mereka sendiri. Menurut PsychCentral, Chris Kingman, psikoterapis, karena orang-orang yang berjuang dengan kodependensi juga tidak memiliki standar tinggi untuk bagaimana orang lain memperlakukan mereka. "Mereka sering memilih pasangan yang tidak memperlakukan mereka dengan baik," ujarnya. Hubungan bisa menjadi lingkaran setan. Jika seseorang tidak memiliki harga diri, maka orang tersebut mungkin dapat memilih pasangan yang tidak dapat diandalkan.

RECOMMENDED BY EDITOR