Brilio.net - Jazz terbilang genre musik yang konon hanya bisa dinikmati kalangan tertentu saja karena "bobotnya" yang agak berat. Benarkah? Tidak. Buktinya, kamu nggak merasa berat kan saat mendengarkan lagu-lagunya Raisa, Andien, Tompi, The Groove, Tulus, bahkan Maliq & D'Essentials. Padahal, lagu-lagu mereka ini kebanyakan adalah bernuansa jazz.

Nah biar kamu lebih "ringan" lagi dalam menikmati musik jazz sehingga makin akrab di telinga kamu, ada satu konser unik yang harus kamu tonton. MLDSpot Stage Bus Jazz Tour 2015, namanya. Sesuai namanya, acara yang salah satu tujuannya mendekatkan para artis jazz dengan publik ini diadakan di atas bus dan berkeliling di 32 lokasi dalam 23 kota di Jawa dan Bali selama 11 September 2015-29 November 2015. Kamu perlu jadwalnya, kapan tour ini ada di kota kamu.

Ada cukup alasan kenapa kamu mesti menontonnya. Berikut ini sembilan keunikan dan keistimewaan dari MLDSpot Stage Bus Jazz, seperti dikutip brilio.net dari renevanhelsdingen.com, Jumat (13/11).

1. Bus yang digunakan didatangkan dari Belanda

6 Alasan kamu perlu menonton konser jazz yang dikemas ringkas ini

Foto: renevanhelsdingen.com
Ya, bus multifungsi dalam acara MLDSpot Stage Bus Jazz Tour 2015 ini menggunakan bus yang didesain dan dibangun pada tahun 2000 oleh insinyur teknik elektro dan artis visual Aart Marcus. Dikatakan multifungsi karena beragam alasan. Bus ini dilengkapi grand piano, panggung drum, back drop, pencahayaan dan sound system lengkap. Bagian samping bus akan diturunkan menjadi panggung saat acara berlangsung, dan akan dinaikkan kembali saat melakukan perjalanan.

Nah, bagian belakang bus memiliki sebuah ruang studio dengan 28 track, soundcraft mixing consul. Bagian atap bus akan menyembulkan speaker yang menghasilkan sound jernih dan bebas feedback. Pun speaker di pintu belakang bus bisa memperjelas suara dan mengesankan dekat dengan penikmat Jazz nantinya.

2. Menghampiri penikmat Jazz sampai ke daerah

6 Alasan kamu perlu menonton konser jazz yang dikemas ringkas ini

Foto: instagram.com/mldspot
Karena nama acara dan fasilitas utamanya adalah bus, maka bus ini yang akan menghampiri kamu di daerah untuk bisa menikmati genre musik kesayangan. Beda dengan konser-konser lain di mana kamu harus pergi jauh-jauh untuk menikmatinya. Dalam rencana pihak penyelenggara, acara MLD Spot Stage Bus Jazz Tour 2015 ini menjalani tur di kota-kota di Jawa-Bali, sebut saja seperti Jakarta, Purwokerto, Magelang, Yogyakarta, Solo, Salatiga, Semarang, Sidoarjo, Surabaya, Malang, Denpasar, dan banyak lagi. Total ada 23 kota dengan 32 event karena ada kota-kota tertentu yang menjadi tempat perhelatan lebih dari satu kali.

3. Nggak bikin kantong jebol alias gratis

6 Alasan kamu perlu menonton konser jazz yang dikemas ringkas ini

Foto: instagram.com/mldspot
Nggak perlu bingung soal harga tiket menikmati acara ini. Kamu cukup datang bersama orang terkasih atau kawan untuk menikmati acara musik jazz ini.

4. Musisi jazz papan atas

6 Alasan kamu perlu menonton konser jazz yang dikemas ringkas ini

Foto: renevanhelsdingen.com
Jangan psimis dengan bintang tamunya. Para bintang tamu MLDSpot Stage Bus Jazz Tour 2015 ini semuanya punya nama di dunia jazz Tanah Air, sebut saja seperti Tompi, Syaharani, Sandhy Sandoro, Inna Kamarie, Bonita, Indra Lesmana, Rieka Roslan, dan banyak lagi. Dan tentu saja grup jazz milik penggagas acara ini, Mp3Trio. Plus pemain drum legendaris, yakni Benny Mustafa dan pemain basis Jeffrey Tahalele.

5. Digagas oleh pianis Belanda kelahiran Jakarta, Rene van Helsdingen

6 Alasan kamu perlu menonton konser jazz yang dikemas ringkas ini

Foto: renevanhelsdingen.com
Rene van Helsdingen terlahir di Jalan Merak 2 Jakarta pada 25 Februari 1957 dan memulai karir profesionalnya sebagai musisi jazz pada tahun 1977. Keterampilan dan pengalaman yang matang membuatnya semakin bersemangat berkarya dalam dunia musik jazz. Maka, dia kembali ke tanah kelahirannya dengan menggagas konser panggung berjalan dengan menggaet artis-artis jazz lokal seperti tersebut sebelumnya.

6. Setting tempat diadakan di outdoor tanpa mengurangi kesan romantis dan tetap berkelas

6 Alasan kamu perlu menonton konser jazz yang dikemas ringkas ini

Foto: instagram.com/mldspot
Menikmati musik jazz ini benar-benar dibuat fleksibel, di samping diadakan di atas bus dan mengunjungi satu kota ke kota lain. Acara ini diadakan di area outdoor seperti alun-alun, pusat kota, dan sejenisnya. Memberikan kesan ramah dan bersahaja untuk dinikmati semua kalangan. Selain itu, pengaturan cahaya panggung yang memantul ke area tempat duduk penonton, suara sound yang jernih, dan alunan musik jazz yang selalu bikin hati adem atau riang, tak menghilangkan kesan berkelas dan romantis. Terlebih kalau kamu menikmati #MLDspot bersama pasangan.