Brilio.net - Idul Fitri adalah hari puncak umat muslim setelah memunaikan kewajiban puasa Ramadan selama sebulan penuh. Perayaannya pun disambut dengan suka cita. Salah satu hal yang dilakukan pertama kali saat sudah masuk Hari Raya Idul Fitri adalah melaksanakan shalat Idul Fitri atau biasa disebut shalat Id.

Ternyata sebelum melaksanakan salat Id, banyak amalan-amalan sunnah yang diajurkan. Nah, berikut amalan-amalan sunnah yang dianjurkan dalam salat Id seperti dikutip brilio.net dari buku Fiqih Puasa: Memahami Puasa, Ramadhan, Zakat Fitrah, Hari Raya, dan Halal bi Halal karangan Gus Arifin.

1. Mandi dan memakai wewangian
Menurut madzhab Syafii, mandi dimulai dari tengah malam atau seperenam malam. Menurut madzhab Maliki, terutama sunnah setelah shalat Subuh. Menurut madzhab Hanbali dan Hanafi, sebelum pergi ke masjid hendaknya mandi untuk shalat karena Rasulullah SAW mandi sebelum pergi shalat Idul Fitri dan Qurban. Selain mandi, Rasulullah juga memakai wewangian dan mengenakan burdah (semacam sorban yang lebar).

2. Menyegerakan berangkat ke tempat salat Id
Berangkatlah setelah subuh jika tidak ada halangan walau pun matahari belum terbit agar mendapatkan shaf di depan, tidak banyak melangkahi pundak orang serta dapat banyak bertakbir.

3. Berjalan kaki dengan tenang dan khusyu' menuju tempat shalat
Diriwayatkan dari Ibnu Umar ra ia berkata: "Rasulullah SAW biasa keluar menuju shalat 'Ied dengan berjalan kaki dan pulang dengan berjalan kaki."(HR. Ibnu Majah)

4. Menempuh jalan yang berbeda saat pergi dan pulangnya
Sunnah pergi menempuh satu jalan dan pulang menempuh jalan yang lain sesuai dengan sunnah Nabi Muhammad SAW. ketika pergi hendaknya menempuh jalan yang lebih jauh daripada pulangnya.

5. Makan terlebih dahulu
Pada Idul Fitri, disunnahkan makan terlebih dahulu sebelum berangkat shalat Id. Sebaliknya, pada Idul Adha disunnahkan makan sesudah shalat. Salah satu makanan yang disunnahkan adalah kurma dengan jumlah ganjil.

Nah, itulah lima dari banyak sunnah yang bisa dilakukan sebelum salat Id. Tak ada salahnya kamu coba untuk mengamalkannya.

BACA JUGA:

Satu-satunya di dunia, masjid ini punya dua arah kiblat

Jaga kerukunan, warga beda aliran bisa gantian berjamaah di masjid ini

Masjid di Iran ini memantulkan cahaya pelangi, bikin kamu terpukau

5 Masjid di dunia ini aristekturnya keren banget, Allahu Akbar!

Tak cuma tempat shalat, masjid ini juga pengadilan masalah keagamaan

Dikenal masjid Kremlin, apa kaitan masjid di Sleman ini dengan Rusia?

Kemegahan Masjid Demak, tempat Wali Songo bermusyawarah adakan sekaten

Abu Nawas hampir digantung gara-gara mau terbang

Abu Nawas dan telur unta untuk obat Raja

Kecerdikan Abu Nawas selesaikan persoalan pembagian kambing

Kisah Abu Nawas yang dikalahkan oleh untanya