Brilio.net - Kisah Zyah Rizal Fadila, bocah berusia 11 tahun asal Minomartani Ngaglik Sleman, Yogyakarta ini memang luar biasa. Di usianya yang masih belia, Rizal sudah pintar berjualan kue untuk membantu kedua orangtuanya. Kegiatan berjualan kue keliling kampung itu dia lakoni sejak kelas III SD.

Meski demikian, prestasi sekolah anak kedua dari tiga bersaudara itu cukup menonjol. Dia juga tercatat sebagai salah satu santri penghafal Alquran di masjid dekat rumahnya. Kini Rizal sudah hafal 3 juz Alquran. Berikut 5 kebiasaan Rizal, bocah SD penjual kue keliling yang layak kamu tiru.

1. Berprestasi di sekolah dan rajin hafalan Alquran
Meskipun biasa berjualan kue untuk membantu orangtuanya, Rizal tidak lupa tanggung jawabnya sebagai seorang siswa. Sejak kelas I, putra pasangan Johansyah dan Sri itu selalu mendapat ranking di kelas. Rizal juga rutin setoran hafalan Alquran setiap hari di sekolah tahfidz dekat rumahnya. "Kalau nilai saya turun, saya nggak boleh jualan lagi," kata Rizal.

2. Menolak uang belas kasihan dari pembeli
Saat berjualan, Rizal mengaku kerap diberi uang lebih dari para pembeli. Namun dengan tegas dia menolaknya. Menurut Rizal, dia berjualan bukan untuk meminta belas kasihan dari orang lain. "Mas, kalau dikasih orang jangan mau ya, walaupun dipaksa," pesan Sri kepada anaknya.

5 Hal yang bisa kamu tiru dari Rizal, bocah SD penjual kue keliling


3. Beli sepeda dan kebutuhan sekolah dari tabungannya sendiri
Ibu Rizal mengatakan dirinya tidak pernah memberi uang saku kepada putranya. Tapi berupa dagangan kue yang nantinya untungnya bisa dipakai untuk uang saku. Sedangkan sisanya bisa ditabung untuk kebutuhan Rizal seperti buku dan iuran sekolah. Berkat berjualan, Rizal juga mampu membeli sepeda sendiri.

4. Gemar baca buku biografi tokoh inspiratif
Menurut Sri, Rizal gemar buku biografi orang-orang sukses, seperti Anak Singkong dan Habibie. Dari bacaan itulah, Rizal semakin bersemangat untuk membantu orangtuanya. "Yang namanya orang nggak punya juga bisa berhasil, saya selalu mencontohkan seperti itu pada anak saya," tandas Sri.

5. Menginfakkan sebagian uang dari berjualan
Orangtua Rizal selalu berpesan kepada putranya untuk menyisihkan sebagian uangnya untuk berinfak. Meskipun tidak besar, biasakanlah selalu menyisihkan sebagian rezeki hasil jualan untuk orang lain. Demikian nasihat bapaknya yang selalu diingat Rizal.