Brilio.net - Upacara bendera bukanlah hal yang asing bagi pelajar, khususnya di Indonesia. Berdasarkan pengertian dari Direktorat Pembinaan Kesiswaan, Dikdasmen Dikbud 1998 upacara bendera adalah “Kegiatan pengibaran atau penurunan bendera kebangsaan RI Sang Merah Putih, yang dilaksanakan pada saat-saat tertentu atau saat yang telah ditentukan, dihadiri oleh siswa, diselenggarakan secara tertib dan khidmat, di sekolah."

Upacara bendera ini, biasanya rutin dilakukan setiap hari Senin di sekolah-sekolah mulai dari Sekolah Dasar sampai SMA. Selain itu, ketika peringatan hari besar di Indonesia, biasanya juga diisi dengan kegiatan upacara bendera.

Nah, selain banyak yang tak menyukai pelaksanaan upacara bendera lantaran harus berpanas-panasan dan lain sebagainya, ternyata ada loh manfaat yang bisa kamu dapat dari mengikuti upacara bendera itu.
Apa saja?

Berikut ini manfaat upacara bendera yang telah brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Selasa (8/9).

1. Membiasakan disiplin

5 Hal positif yang bisa kamu dapatkan dari upacara bendera

Dengan mengikuti upacara bendera, kita akan dilatih untuk tertib dan disiplin. Karena dalam upacara bendera, setiap peserta upacara wajib mengikuti susunan upacara dengan tertib.

Bahkan ada sekolah yang menempatkan siswa-siswinya di posisi yang khusus jika terlambat mengikuti upacara. Jadi sebisa mungkin jangan sampai terlambat ikut upacara ya.

2. Menumbuhkan jiwa kepemimpinan

5 Hal positif yang bisa kamu dapatkan dari upacara bendera

Pada upacara bendera, biasanya ada jadwal bergantian siswa-siswi yang menjadi petugas upacara. Salah satunya adalah menjadi pemimpin upacara. Saat menjadi pemimpin upacara, siswa tersebut dituntut bisa memimpin jalannya upacara dengan baik. Dengan inilah, para siswa dapat merasakan dan berlatih untuk menjadi seorang pemimpin.

3. Membiasakan berpenampilan rapi

5 Hal positif yang bisa kamu dapatkan dari upacara bendera

Ketika upacara bendera hari Senin atau hari besar yang lain, seperti hari pahlawan dan sebagainya, atribut yang khas dan wajib dipakai adalah topi.

Selain itu atribut lain seperti dasi atau sepatu harus hitam juga lebih diperhatikan di hari tersebut. Oleh sebab itu, melalui upacara bendera pula para pelajar berlatih bagaimana untuk selalu berpenampilan rapi. Layaknya penampilan,pelajar yang seharusnya.

4. Meningkatkan kekompakan dan kebersamaan

5 Hal positif yang bisa kamu dapatkan dari upacara bendera

Dalam mengikuti kegiatan upacara bendera, peserta upacara harus kompak dalam mengikuti aturan dan aba-aba dari petugas upacara. Menunjukkan kebersamaan selama mengikuti upacara, seluruh peserta upacara merasakan hal yang sama, wajib mengikuti susunan upacara dari awal sampai akhir.

Maka dari itu, dengan mengikuti upacara bendera sikap kompak dan kebersamaan ini benar-benar bisa dirasakan.

5. Menumbuhkan jiwa nasionalisme

5 Hal positif yang bisa kamu dapatkan dari upacara bendera

Upacara bendera diharapkan bukan hanya menjadi ritual semata. Namun dengan kegiatan upacara bendera, semoga bisa menumbuhkan sikap nasionalisme dalam benak para pelajar. Upacara bendera ini, juga dilaksanakan untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah berjuang demi merebut kemerdekaan.

Untuk itu, para pelajar diharap bisa mengambil nilai-nilai nasionalisme dalam kegiatan upacara bendera ini.

Jadi, kapan terakhir kamu mengikuti upacara bendera?