Brilio.net - Jalan-jalan liburan itu seru kalau ramai-ramai bersama kawan.  Tapi bagaimana kalau yang mau liburan itu orang introvert?

Kendati orang introvert tidak bisa 'dihakimi' adalah orang yang sangat tertutup dan pendiam.  Dia dinilai menjadi orang yang nyaman bila berinteraksi dengan diri sendiri dan beberapa orang tertentu saja. Oleh karena itu, liburan pun dia juga tidak terlalu suka dengan liburan yang penuh ingar-bingar.

Lantas, liburan seperti apa yang disukai orang introvert?

Dilansir brilio.net dari Huffington Post, Rabu (2/9), inilah 5 cara orang introvert menikmati liburannya:

1. Pergi ke gunung

5 Cara orang introvert menikmati liburan


Sudah terbukti dalam penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal penelitian kepribadian/ Journal of Research in Personality berjudul 'Personality and geography: Introverts prefer mountains', bahwa orang introvert cenderung suka menikmati waktu ke gunung, sementara orang ekstrovert lebih suka ke pantai.

2. Lebih menyukai sesuatu berbau budaya

5 Cara orang introvert menikmati liburan


Sebagai tipe orang yang pemikir reflektif dan mendalam, orang introvert lebih suka menikmati liburan berbau budaya. Dia menikmati dan mengamati apa saja yang menarik minatnya. Sebut saja misal acara festival budaya, museum, cagar budaya, dan sebagainya, adalah tamasya ideal bagi introvert. Justru dia menghindari ingar-bingar dan kemewahan hotel, kapal pesiar, pesta besar, dan sebagainya.

3. Cenderung suka liburan sendirian

5 Cara orang introvert menikmati liburan


Sebetulnya orang introvert bukan orang yang benar-benar cinta kesendirian. Dia memang mendapatkan energi dengan menyendiri atau hanya dengan lebih sedikit orang kepercayaan. Nah, saat berlibur pun dia menginginkan ketentraman dan ketenangan. Dengan lebih sedikit orang atau bahkan bepergian sendiri, dia bisa menjadwal sendiri perjalanan sarat refleksi dan makna bagi dirinya sendiri.

4. Tak suka diganggu 'dadakan' 5 Cara orang introvert menikmati liburan
Kebiasaan orang introvert adalah selalu menyaring setiap panggilan telepon yang masuk, bahkan dari orang-orang terdekat. Pasalnya, dia butuh mengumpulkan energi dan menyiapkan mental untuk berkomunikasi.
Tujuan utama dari sebagai besar liburan adalah melepaskan diri dari stres sehari-hari, dan panggilan telepon itu ganggu banget, kecuali hal yang genting atau mendesak. Jadi, lebih baik kamu mengirim pesan teks saja, atau kirim  pesan dulu baru telepon.

5. Tidak butuh liburan terlalu sering

5 Cara orang introvert menikmati liburan


Seperti disinggung sebelumnya, orang introvert 'akrab' dengan ketenangan. Biasanya untuk refleksi atau menenangkan diri, dia memilih berdiam diri dan bersantai di rumah. Kalaupun liburan, dia juga pilih-pilih seperti yang disebutkan sebelumnya.
Lain cerita dengan orang ekstrovert yang memang 'menyedot' energi dari hiruk-pikuk bersama kawan-kawan sehingga rasanya garing banget kalau jarang banget berlibur. Kunci liburan untuk introvert adalah walaupun tak sering yang penting sekali liburan benar-benar berkualitas.

Bagaimana pendapatmu? Apakah sebagai orang introvert kamu juga seperti di atas?