Brilio.net - Karya anak Indonesia memang tidak ada matinya. Selalu saja ada ide-ide kreatif muncul dari Indonesia. Mereka berhasil menciptakan inovasi-inovasi baru yang berguna bagi masyarakat luas bahkan juga diakui oleh dunia. Satu benda yang sama bisa menginspirasi banyak pelajar. 

Sebagai contoh helm, benda pelindung tersebut dapat dimodifikasi hingga memiliki fungsi lebih. Nggak percaya? ini dia empat inovasi helm karya siswa SMP Indonesia yang bahkan sudah diakui dunia seperti yang pernah ditulis brilio.net

1. Helm berpendingin karya Linus Nara Pradhana

4 Helm inovasi siswa SMP Indonesia yang memukau dunia!

Linus Nara Pradhana adalah siswa SMP Kristen Petra 5 Surabaya yang berhasil menciptakan helm dengan teknologi berpendingin. Dengan inovasi ini, pemakai helm lebih nyaman karena tidak lagi kepanasan, meski naik motor di siang hari. Nara menggunakan bahan gel sodium polyacrilate yang mempunyai daya serap air yang tinggi yang dipasang pada tempurung helm.

Pada saat dipakai, helm ini mampu menurunkan suhu permukaan dalam helm mencapai 9 derajat celcius. Sehingga menimbulkan rasa adem atau sejuk di bagian kepala, meskipun udara di sekitar terasa panas karena terkena terik matahari.

Helm inovasinya mampu menyabet medali emas dalam ajang International Exhibition Young Inventors di Thailand, mengalahkan 261 peserta lainnya dari seluruh penjuru dunia.

2. Helm anti-gegar otak karya Linus Nara Pradhana

4 Helm inovasi siswa SMP Indonesia yang memukau dunia!
Setelah berhasil menciptakan helm berpendingin, Nara kembali berinovasi membuat helm anti gegar otak. Sama dengan helm ber-AC, Nara juga memakai gel sodium polyacrilate untuk membuat helm antigegar otak ini.

Bahan tersebut kemudian diberi bahan kimia yang akan bereaksi ketika terjadi benturan. Hasilnya dapat menurunkan suhu di dalam helm yang tadinya 32,2 derajat celsius dapat turun mencapai 11,5 derajat celsius. Cairan dingin yang terdapat di dalam bantalan helm berfungsi menjadi pengompres kepala. Helm ini akan dipatenkan dengan nama Naravation Cool Impact Helmet

3. Helm dengan lampu sein karya Archel Valiano dan Naufal Rasendriya Apta

4 Helm inovasi siswa SMP Indonesia yang memukau dunia!


Archel Valiano dan Naufal Rasendriya Apta adalah dua siswa SMP Al Azhar Yogyakarta. Kedua menciptakan kreasi helm yang dilengkapi dengan lampu sein. Hal tersebut untuk mengantisapasi ketika lampu sein pada motor tertutup jas hujan maupun muatan yang banyak.
Penggunaannya cukup mudah, untuk belok ke kanan si pengendara tinggal menengok ke kanan maka lampu sein akan menyala, begitu juga sebaliknya. Helm dengan lampu sein dan menyabet juara 2 dalam kompetisi National Young Inventor Award.

4. Helm ber-alarm karya Rizal Maulana dkk

4 Helm inovasi siswa SMP Indonesia yang memukau dunia!


Tiga sekawan Rizal Maulana, Rofiul Muzakki dan Nizam Burhanuddin ada siswa SMP Muhammadiyah 12 Paciran Lamongan. Ketiganya berhasil menciptakan teknonogi alarm yang akan berbunyi ketika kancing helm belum dikaitkan dan berhenti ketika helm sudah dipakai sesuai aturan.
Karya mereka tersebut berhasil menyabet medali emas pada untuk kategori low cost project dalam ajang International Islamic School Robot Olympiade (IISRO) 2015,