Brilio.net - Di Indonesia, unggas menjadi kelompok hewan yang sangat mudah ditemui. Hewan kategori unggas seperti ayam, bebek, burung, dan lain sebagainya kerap sekali dimanaatkan daging, telur, ataupun bulunya. Unggas juga menjadi hewan yang sering dijadikan hewan peliharaan.

Jika selama ini burung, dalam kaitannya dengan seni, hanya ada lomba adu kicau burung, maka hal berbeda dilakukan para seniman Yogyakarta yang juga pecinta burung. Mereka yang tergabung dalam Perupa Pecinta Unggas (PPU) membuat pameran karya seni yang temanya juga tak jauh dari unggas, yakni Pameran Seni Rupa Art Ves Attack #2 bertajuk Sayap-sayap. Pameran ini berlangsung pada 26-31 Desember 2015 di Ruang Pameran Taman Budaya Yogyakarta.

Pameran yang diikuti 43 seniman di Yogyakarta ini ingin menunjukkan bahwa kedekatan emosional seniman dengan hewan peliharaannya dapat memberikan pengaruh pada proses kreatif mereka dalam berkarya seni. Banyak seniman yang mengangkat burung sebagai karya seninya, bahkan beberapa seniman secara lugas menjadikan unggas sebagai subject matter.

Tren dari burung yang dipelihara ini ternyata berubah-ubah. Kondisi ini hampir sama dengan tren pada lukisan yang selalu berubah. Perubahan itu disebabkan oleh faktor yang sama, yakni selera pasar. Jika pasar telah jenuh maka harga jual burung tertentu akan drop, seperti fenomena pada dunia seni rupa di Indonesia.

Nunung Riyanto, salah satu seniman sekaligus panitia pameran, menjelaskan, pameran tahun ini merupakan pelaksanaan tahun kedua. "Pada pameran yang bertajuk sayap-sayap ini setiap seniman bebas mengapresiasikan idenya, bisa melukis tentang burung hingga mengaitkan sayap-sayap itu dengan keadaan sosial politik," kata Nunung kepada brilio.net, Selasa (29/12).

Nah, penasaran dengan karya seni Art Ves Attack #2 bertajuk Sayap-sayap ini? Yuk lihat 30 foto yang diambil brilio.net pada selasa (29/12) yang bakal bikin kamu terpukau.

1. Wow...burung di antara kayu-kayu.


2. Wah, kurang ajar banget tuh burungnya! Hahaha


3. Karya seni dari aluminium berbentuk burung.


4. Burungnya seolah terbungkam.


5. Lukisan berjudul Terbang Tanpa Sayap.


6. Hewan juga butuh masker.


7. Wow....!


8. Gate of Dreams


9. Kira-kira apa ya kaitannya para presiden ini bermusik dengan sayap-sayap?

2 dari 3 halaman


10. U love me!


11. Eh, ngapain itu?


12. PLAYBOY memang bisa bikin terbang sesaat.


13. Garuda


14. Coba tunjuk, mana unggas dalam lukisan itu?


15. Top deh!


16. Sudah 3 bulan, sebentar lagi ditiupkan ruh dalam janin itu.


17. Karya seniman pecinta unggas ini memang memesona.


18. Burung dalam sangkar.


19. Mozaik karya.


20. Sayap kiri dan sayap kanan.

3 dari 3 halaman


21. Knowledge Window


22. Kumpulan burung hantu.


23. coba tebak apa maksud lukisan ini?


24. Ayam tiruan dalam sangkar sebenarnya.


25. Kurungan unik.


26. Hatimu kubawa terbang.


27. Ini sayap apa daun pisang? Coba tebak!


28. Ingin terbang seperti Superman!


29. Ajaib!


30. Karya perupa ini memang oke punya!