Brilio.net - Pendidikan memang menjadi salah satu jembatan untuk meraih kesuksesan. Namun seringkali seseorang terlalu menggantungkan nasib masa depannya kepada selembar ijazah. Selain itu, ada banyak orang yang merasa minder duluan karena tidak tamat SMA atau tidak pernah kuliah.

Padahal, kesuksesan tidak tergantung pada gelar yang kamu miliki. Kamu pasti pernah mendengar nama-nama pengusaha sukses seperti Bill Gates atau Steve Jobs. Mereka konon tidak sempat menyelesaikan pendidikannya di bangku kuliah. Mereka memang tidak memiliki gelar, tapi mereka mampu mengubah dunia berkat berbagai inovasi yang mereka ciptakan.

Nah, buat kamu yang merasa rendah diri karena tidak punya gelar pendidikan yang tinggi, jangan putus asa. Jika kamu mau kerja keras, kamu bakal mampu mengikuti jejak orang-orang sukses berikut ini. Dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (8/10), inilah 20 daftar orang sukses usia di-drop out (DO) dari sekolahnya.

1. Mark Zuckerberg

Mark sengaja meninggalkan kuliahnya di Universitas Harvard untuk menggarap situs yang setiap hari kamu buka, Facebook.

2. Brad Pitt

Aktor papan atas Hollywood sekaligus suami Angelina Jolie ini di-DO dari kampusnya, Universitas Missouri dua minggu sebelum hari wisuda.

3. Steve Jobs

Mendiang Steve Jobs dikeluarkan dari Reed College dan sukses menciptakan berbagai produk yang digilai masyarakat dunia, Apple.

4. Oprah Winfrey

Tak menyangka, salah satu pembawa acara paling sukses di dunia, Oprah Winfrey tidak menamatkan kuliahnya di Tennese State University!

5. Bill Gates

Mark Zuckerberg sepertinya terinspirasi dari sosok Bill Gates yang terlebih dahulu di-DO dari kampus Harvard. Bukan karena malas, dia cuma ingin fokus pada cita-citanya, mendirikan Microsoft.

6. F Scott Fitzgerald

Pernah baca novel atau nonton film The Great Gatsby? Penulisnya, F Scott Fitzgerald tidak meneruskan kuliahnya di Princeton University karena dapat nilai yang jelek.

7. Lady Gaga

Penyanyi kenamaan dunia Lady Gaga di-DO dari New York University di semester awal kuliah karena sibuk meladeni tawaran job manggung. Nah lho!

8. John Lennon

Ah, kalau ini kamu pasti kenal. Yups, John Lennon. Dia dikeluarkan dari Liverpool College karena sibuk nge-band.

9. Walt Disney

Nama Walt Disney pasti terdengar nggak asing di telingamu. Tapi tahukah kamu, dia keluar dari SMA pada usia 16 tahun.

10. Abraham Lincoln

Lincoln keluar dari sekolah di usia 12 tahun untuk membantu orangtuanya. Beberapa puluh tahun kemudian, dia jadi presiden Amerika Serikat!

11. David Karp

Pendiri situs blogging Tumblr, David Karp diminta ibunya untuk tidak meneruskan sekolahnya di umur 14 tahun agar fokus pada ilmu komputer. Sepertinya nasihat ibunya benar-benar mengubah nasib David.

12. Gabrielle Bonheur Chanel

Pernah dengar merek tas terkenal Chanel? Pendiri sekaligus designernya, Gabrielle Bonheur Chanel keluar dari sekolah di usia 18 tahun. Ulala!

13. Matt Mullenweg

Pendiri Wordpress, Matt Mullenweg di-DO dari University of Houston pada tahun 2004 silam. Kini situsnya menjadi salah satu platform blogging terkemuka dengan total pengunjung 140 juta per tahun.

14. Arash Ferdowski

Arash Ferdowski adalah co-founder DropBox. Dia keluar dari perguruan tinggi MIT pada 2007. Kini Arash didapuk sebagai Chief Technology Officer DropBox dengan kekayaan total USD 4 miliar.

2 dari 2 halaman

15. Dustin Moskovitz

Seperti rekannya Mark Zuckerberg, co-founder Facebook Dustin Moskovitz pernah kuliah jurusan ekonomi di Universitas Harvard dan memutuskan keluar pada 2004. Setelah sukses membesarkan Facebook, Dustin memulai startup barunya, Asana pada 2008 silam.

16. Pete Cashmore

Kalau kamu gemar baca berita, kamu pasti pernah dengar situs berita online Mashable. Pendirinya Pete Cashmore mendirikan situs tersebut pada usia 19 tahun dan tidak pernah kuliah. Pete juga masuk dalam daftar 100 orang berpengaruh di dunia berkat situs Mashable yang memiliki pengunjung 20 juta per bulan.

17. Sahil Lavingia

Di usia 18 tahun, Sahil Lavingia pernah membantu dalam mendesain Pinterest. Dia dulunya adalah mahasiswa University of Southern California dan di-DO pada tahun 2011. Setelah sukses membesarkan Pinterest, Sahil memulai mainan baru, Gumroad.

18. Daniel Ek

Daniel Ek co-founder Sportify sebuah layanan streaming musik pernah kuliah di jurusan teknik di Royal Institute of Technology, Swedia selama 8 minggu saja. Beberapa tahun kemudian dia menjadi seorang milyader. Saat ini Sportify memiliki 32 juta pelanggan berbayar.

19. Jody Broto Suseno

Kalau di Indonesia, kita punya sosok pengusaha Jody Broto Suseno. Dialah pendiri Waroeng Steak & Shake. Jody pernah kuliah di jurusan Arsitektur Universitas Atma Jaya, Yogyakarta, pada semester delapan.

20. Susi Pudjiastuti

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti pernah mengeyam pendidikan di SMA Negeri 1 Yogyakarta namun tidak sampai lulus. Kini Susi dianggap salah satu pengusaha sukses Tanah Air dan menjadi seorang menteri.