Brilio.net - Menyanyikan lagu-lagu nasional mungkin sudah menjadi hal sehari-hari yang wajib dilakukan oleh seluruh siswa sekolah di Indonesia. Selain Indonesia Raya yang selalu dinyanyikan setiap upacara bendera hari Senin, masih ada banyak lagi lagu nasional yang harus dihafal dan diketahui oleh seluruh siswa.

Saking banyaknya itulah yang mungkin membuat siswa, termasuk kita, sedikit sulit menghafalnya satu persatu. Kalau nggak judulnya yang tertukar ya liriknya yang terkadang tertukar.

Dan dari banyaknya lagu nasional yang ada, ada dua lagu yang bisa jadi paling sering memakan korban (dalam hal ini murid lupa lirik), yaitu Bagimu Negeri/Padamu Negeri dan juga Maju Tak Gentar.

Pada lagu Bagimu Negeri, kebanyakan orang mengaku sedikit lupa urutan lirik bagian 'kami berjanji', 'kami berbakti', dan 'kami mengabdi'. Kebanyakan mengaku sering tertukar setiap menyanyikan bagian lirik tersebut. Terkadang bagian 'kami mengabdi' terlebih dahulu atau bagian 'kami berbakti' yang dinyanyikan di akhir lagu.

Sedangkan untuk lagu 'Maju Tak Gentar' banyak yang mengaku bahwa mereka sering lupa lirik pada bagian 'Maju Tak Gentar Hak Kita Diserang' dan juga 'Maju Serentak Mengusir Penyerang'. Dan juga bagian refrain 'menerkam menerjang terjang'. Nah memang sedikit tricky ya kalau kita belum benar-benar paham dan hafal pasti sering merasakan hal serupa.

Nah buat kamu nih, kira-kira sudah ada berapa lagu nasional yang berhasil kamu hafalkan di luar kepala sampai saat ini?

ARTIKEL TERKAIT:

Siapa sebenarnya ibu dan bapak dari Masha? Ini penjelasannya

Kisah tragis episode terakhir Tom dan Jerry

Siapa gerangan wanita penenun di uang kertas Rp 5.000?

Abdul Jhalil & Khotijah, 'pengantin' yang dinikahkan lalu digiling