Brilio.net - Indonesia itu kaya, termasuk makanannya. Setuju, guys? Tapi ada makanan yang hanya sedap kalau dibungkus atau dimasak menggunakan daun. Kira-kira makanan apa saja, ya?

Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Rabu (9/9), berikut daftar makanan dibungkus atau dimasak dengan daun yang bakal bikin kamu menelan ludah kuat-kuat. Siap-siap, guys!

1. Lontong

15 Makanan Indonesia ini hanya sedap dibungkus atau dimasak pakai daun

Siapa yang tak tahu lontong? Makanan ini bisa dijadikan pengganti nasi. Lontong berbahan dasar beras ini dibungkus daun pisang dan dikukus di atas air mendidih selama beberapa jam. Banyak sajian menu menggunakan lontong, ada lontong sayur, lontong balap, sampai dijadikan campuran di dalam rujak cingur atau soto.

Loading...

2. Ketupat

15 Makanan Indonesia ini hanya sedap dibungkus atau dimasak pakai daun

Ketupat memiliki tekstur dan rasa mirip lontong, hanya saja dibungkus dengan daun kelapa muda yang dianyam. Ketupat sering hadir saat peringatan hari raya Idul Fitri umat Islam. Namun tak jarang ada yang menjualnya sehari-hari, misalnya di Yogyakarta, yang dijadikan menu ketupat sayur, yaitu ketupat dan sayur lodeh nangka muda atau gori.

3. Pepes

15 Makanan Indonesia ini hanya sedap dibungkus atau dimasak pakai daun

Pepes merupakan menu favorit di masyarakat Indonesia, mulai dari pepes nasi, ayam, teri, ikan, bahkan jamur. Pepes sendiri merupakan istilah untuk teknik memasak makanan yang dibungkus menggunakan daun pisang, tentunya setelah makanan itu dicampur bumbu khusus. Aroma olahan bahan pepes dan daun pisang bercampur jadi satu, membuat kamu tak bisa menahan lapar sedikit pun!

4. Kue atau jajanan tradisional

15 Makanan Indonesia ini hanya sedap dibungkus atau dimasak pakai daun

Banyak sekali kue tradisional Indonesia yang dibungkus menggunakan daun. Mulai daun pisang seperi nagasari (dari masyarakat Jawa pada umumnya), barongko (Sulawesi Selatan) arem-arem (area Jawa Timur dari Madiun, Magetan, Ngawi, dan area Jawa Tengah seperti Solo, dan Yogyakarta), serabi solo (Solo, Jawa Tengah), getuk pisang (Kediri, Jawa Timur), lemper (sebagian besar masyarakat Jawa), dan sebagainya.

Kemudian ada yang dibungkus daun jagung kering (klobot), yaitu wajik kletik (Blitar, Jawa Timur). Ada pula kue clorot dari Purworejo (Jawa Tengah) yang dibungkus daun kelapa muda, yang dibentuk seperti cone es krim. Kamu bisa menemui semua ini di pasar tradisional atau toko-toko kue yang menyediakan jajanan tradisional, guys.

5. Pecel

15 Makanan Indonesia ini hanya sedap dibungkus atau dimasak pakai daun

Makanan khas dari Kediri, Blitar, Madiun, dan Ponorogo (semuanya berada di Jawa Timur) ini, memang menjadi favorit banyak orang di Indonesia. Bumbu kacang khasnya, lauk-pauknya termasuk rempeyek, sayuran segarnya, plus wadah daun pisang yang dibentuk kerucut atau pincuk, menjadi penggugah selera makan banyak orang. Mungkin kamu juga?

RECOMMENDED BY EDITOR
-