Brilio.net - Terorisme masih menjadi sesuatu yang menakutkan bagi masyarakat. Tak cuma sekali Indonesia menjadi sasaran kejahatan terorisme. Peristiwa bom Bali tentu masih lekat pada ingatan kita. Yang terbaru, peledakan  di kawasan Jalan MH. Thamrin Jakarta Pusat.

Dalam dunia perfilman, terorisme menjadi tema menarik yang banyak diangkat oleh sutradara. Salah satunya adalah Batman: The Dark Knight Rises (2012), film yang menampilkan karakter teroris bernama Bane yang diperankan oleh Tom Hardy ini menjadi salah satu film teroris terbaik yang pernah ada.

Nah, berikut 12 film bertema terorisme yang dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (14/1). Cekidot guys!

1. Fight Club (1999)

12 Film teroris terbaik yang pernah ada, kalian pernah nonton? foto: hitfix.com

Film yang disutradarai oleh David Fincher ini menjadi salah satu film yang paling banyak diperdebatkan. Dibintangi oleh Edward Norton dan Brad Pitt, Fight Club dituding memicu pertumbuhan beberapa kelompok pertarungan anak muda di Amerika. Kalau kamu mau nonton salah satu akting terbaik Brad Pitt, Fight Club lah jawabannya. Memerankan tokoh Tyler Durden menjadi salah satu sejarah terbaik Brad Pitt sebagai seorang aktor.

2. V for Vendeta (2005)

12 Film teroris terbaik yang pernah ada, kalian pernah nonton? foto: lifeand100books.com

Film ini digarap berdasarkan komik dengan judul yang sama karya Alan Moore dan David Lloyd. Film ini mengisahkan tokoh V yang, seorang pejuang kebebasan anarkis yang mencoba untuk menyalakan revolusi melalui aksi-aksi teroris yang rumit. Dalam film ini kamu akan melihat si cantik Natalie Portman gundul. Pernah nonton?

3. Patriot Games (1992)

12 Film teroris terbaik yang pernah ada, kalian pernah nonton? foto: oracleoffilm.com

Film ini bercerita tentang keluarga pensiuanan CIA ketika berlibur di London. Mereka harus menyaksikan serangan teroris pada Lord William Holmes (Fox) oleh Patrick Miller. Film ini disutradarai oleh Phillip Noyce dan dibintangi Harrison Ford.

4. True Lies (1994)

12 Film teroris terbaik yang pernah ada, kalian pernah nonton? foto: amazon.co.uk

Dibintangi oleh Arnold Schwarzenegger, film ini berkisah tentang serangan ekstremis muslim. Film bergenre laga komedi ini menjadi salah satu film termahal yang pernah dibuat dalam sejarah Hollywood.

5. Batman: The Dark Knight Rises (2012)

12 Film teroris terbaik yang pernah ada, kalian pernah nonton? foto: comicbookmovie.com

Kota Gotham akan dihancurkan oleh sekelompok perkumpulan yang dipimpin oleh Bane yang diperankan Tom Hardy. Inilah salah satu kehebatan sutradara Christopher Nolan dalam menciptakan tokoh antagonis, setelah Joker yang fenomenal, Bane juga menjadi karakter yang sangat apik dalam film tersebut. Tom Hardy, aktor tampan yang sepanjang film menggunakan penutup di mulutnya ini mencuri perhatian penonton dengan aktingnya yang luar biasa.

6. Diamonds Are Forever (1971)

12 Film teroris terbaik yang pernah ada, kalian pernah nonton? foto: blu-ray.com

Film ini merupakan film ketujuh dari seri James Bond. Film ini menampilkan karakter teroris yang sangat cerdas bernama Ernst Staro Blofeld. Ia adalah kepala organisasi kriminal global yang menjadi musuh agen James Bond.

7. The Rock (1996)

12 Film teroris terbaik yang pernah ada, kalian pernah nonton? foto: movieguide.org

Film ini mengangkat kisah terorisme yang didalangi oleh seorang anggota militer Amerika yang dipimpin oleh Brigadier General Frank Hummel. Dibintangi oleh Sean Connery, Nicholas Cage, dan Ed Harris. Film ini menjadi salah satu yang film teroris yang terbaik yang pernah dibuat.

8. Air Force One (1997)

12 Film teroris terbaik yang pernah ada, kalian pernah nonton?

foto: graceandgusto.com

Film ini berkisah tentang operasi gabungan antara Amerika dan Pasukan Khusus Rusia atas penangkapan Jenderal Ivan Radek, diktator rezim teroris nakal di Kazakhstan yang mencuri senjata nuklis Uni Soviet.

9. Speed (1994)

12 Film teroris terbaik yang pernah ada, kalian pernah nonton?

foto: schmoesknow.com

Film yang dibintangi aktor tampan Keanu Reeves ini juga menampilkan karakter teroris Amerika apik yang diperankan oleh Dennis Hopper. Meski tergolong film lawas, film ini tetep bagus kamu tonton sekarang.

10. Die Hard (1988)

12 Film teroris terbaik yang pernah ada, kalian pernah nonton? foto: diehard.wikia.com

Film yang dibintangi oleh John McTiernan ini dibintangi oleh Bruce Willis, Alan Rckman, dan Bonnie Bedelia. Film teroris ini digarap berdasarkan novel  Nothing Lasts Forever karya Roderick Throp's.

11. United 93 (2006)

12 Film teroris terbaik yang pernah ada, kalian pernah nonton? foto: rottentomatoes.com

Film yang disutradarai oleh Paul Greengrass ini berkisah tentang empat teroris Al-Qaeda, Ziad Jarrah, Saeed al-Ghamdi, Ahmed al-Nami, dan Ahmed al-Haznawi. Film teroris ini menjadi salah satu film yang paling banyak diperbincangkan kritikus film sepanjang 2006.

12. ? (2011)

12 Film teroris terbaik yang pernah ada, kalian pernah nonton? foto: vomanet.com

Diangkat dari kisah nyata, film yang disutradarai Hanung Bramantyo ini mengangkat tema pluralisme agama di Indonesia. Film ini dibintangi oleh Reza Rahadia, Revalina S Temat, Agus Kuncoro, Endhita, dan Rio Dewanto.