Brilio.net - Amorphophallus adalah nama marga tumbuhan dari suku talas-talasan (Araceae). Bunga dan tumbuhan vegetatifnya (daun) tumbuh bergantian. Bunganya pada waktu-waktu tertentu mengeluarkan bau busuk laksana bangkai yang keras, sehingga umum dinamai sebagai bunga bangkai. Beranggotakan sekitar 200 spesies, herba berumbi ini menyebar di wilayah tropika dan ugahari.

Ribuan warga Inggris terpikat bau busuk bunga bangkai Sumatera

Nah, ribuan orang di Inggris antusias sekali untuk mencium bau busuk dari bunga bangkai ini. Mereka mendatngi Titan arum (Amorphophallus titanum) di Cambridge University Botanic Garden yang mulai mekar pada hari Sabtu (18/7) dan mengeluarkan bau busuknya selama lima hari sebelum layu. Awalnya diperkirakan hanya akan mekar selama 48 jam. Amorphophallus titanum ini adalah yang bunga yang pertama kali mekar di taman dalam kurun waktu 11 tahun.

Seperti dikutip brilio.net dari BBC, Kamis (23/7) kurator taman, Dr Dan Brockington mengatakan bahwa antusiasme masyarakat sangat luar biasa. "Sangat menyenangkan melihat begitu banyak orang yang gembira karena sebuah tanaman," ujarnya.