Brilio.net - Jazz adalah salah satu genre musik yang cukup populer di dunia. Aliran musik yang berasal dari negeri Paman Sam ini akhir-akhir ini menjadi perhatian masyarakat Indonesia. Opini bahwa jazz identik sebagai aliran musik bagi kalangan elit, kini terbantahkan. Bahkan jazz kini telah menjadi musik yang sangat akrab di telinga masyarakat awam.

Jika di negara-negara Eropa, jazz merupakan musik yang dimainkan di gedung pertunjukan dengan fasilitas mewah, maka di Indonesia jazz dipentaskan di tempat-tempat yang unik. Penasaran apa saja pementasan unik tersebut? Dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, Rabu (28/10), berikut 10 konser jazz unik yang hanya bisa kamu temukan di Indonesia.

1. MLDSPOT Stage Bus Jazz Tour

11 Konser jazz yang unik & ciamik, dari atas bus hingga puncak gunung

Foto: Mldspot.com
Jika kamu biasanya menonton pagelaran jazz di cafe atau panggung pertunjukan yang mewah, lain halnya dengan konser jazz yang satu ini. Seperti namanya, MLDSPOT Stage Bus Jazz Tour diadakan di atas panggung bus dan diadakan dari kota ke kota di pulau Jawa dan Bali. Total ada 32 event yang digelar dengan penyelenggaraan pertama pada 11 September 2015 di Jakarta Utara yang menghadirkan musisi Mp3Trio dan Inna Kamarie. Event terakhir yang dijdawalkan berlangsung pada 28-29 November mendatang juga akan dilangsungkan di Jakarta dengan menghadirkan musisi Mp3Trio dan Tompi.

Selain Jakarta, kota-kota lain yang dikunjungi MLDSPOT Stage Bus Jazz adalah Tangerang (13 dan 18 September 2015), Bekasi (19 September), Cirebon (20 September), Purwokerto (25 September), Magelang (26 September), Yogyakarta (27 September), Solo (2 Oktober), Salatiga (3 Oktober), Semarang (4 Oktober), Madiun (9 Oktober), Kediri (10 Oktober), Mojokerto (11 Oktober 2015), Lumajang (16 Oktober), Jember (17 Oktober), Banyuwangi (18 Oktober), Denpasar (23-24 Oktober), Surabaya (30 Oktober dan 6-7 November), Sidoarjo (31 Oktober), Malang (1 November), Tulungagung (8 November), Bandung (21-22 November), dan Depok (27 November). Jadi, kamu tidak perlu repot-repot untuk pergi jauh karena konser ringkas tapi berkelas ini akan mendatangi daerahmu dan memanjakan kamu dengan pentas jazz berkelas.

2. Beach Jazz Festival, Banyuwangi

11 Konser jazz yang unik & ciamik, dari atas bus hingga puncak gunung

Foto: sooperboy.com
Konser jazz unik berikutnya adalah Banyuwangi Beach Jazz Festival. Acara jazz pantai ini juga sekaligus menjadi ajang untuk mempromosikan tempat-tempat wisata yang ada di Banyuwangi. Banyuwangi Beach Jazz Festival kini menjadi acara rutin tahunan yang ditunggu-tunggu para pecinta jazz Tanah Air.

"Saya pikir acara jazz yang banyak di Indonesia sudah sering digelar di gunung atau di dataran tinggi, namun Banyuwangi menjadi pertama yang menggelar acara jazz di pinggir pantai dan itu sangat menyenangkan," kata Rio (32), pegawai swasta yang pernah menikmati acara jazz pantai.

3. Jazz Atas Awan, Dieng

11 Konser jazz yang unik & ciamik, dari atas bus hingga puncak gunung

Foto: Jazzatasawan.com
Jazz Atas Awan merupakan salah satu konser jazz paling unik di Indonesia. Digelar di dataran tinggi Dieng, Jazz Atas Awan menjadi rangkaian acara Dieng Culture Festival yang diadakan pada bulan Juli hingga Agustus. Karena memang konsepnya yang unik, pagelaran tersebut tak ayal menyedot perhatian dari berbagai wisatawan mancanegara. Selain menikmati syahdunya musik jazz, pengunjung pun dapat menikmati keindahan alam khas dataran tinggi Dieng.

"Bagi saya acaranya unik aja sih, bisa nikmatin Jazz sambil camping dan Indonesia-nya berasa banget. Setahu saya di luar negeri gak ada yang kayak gini," ungkap Tamam (23), mahasiswa jurusan seni rupa yang tidak pernah melewatkan perhelatan Jazz Atas Awan.

4. NgayogJazz, Yogyakarta

11 Konser jazz yang unik & ciamik, dari atas bus hingga puncak gunung

Foto: Ngayogjazz.com
Yogyakarta juga tidak ingin kalah dalam menggelar acara pentas musik jazz yang unik dan berbeda. Sebagai kota yang akrab dengan identitas budaya, maka Yogyakarta menggelar acara NgayogJazz di desa wisata yang ada di Yogyakarta secara bergiliran. Keunikan dari konser ini yaitu pentas jazz digelar di tengah-tengah perkampungan yang asri dan dapat dinimati oleh para penonton dari dekat. "Konsep NgayogJazz itu keren, jadi kita bisa menikmati musik jazz di tengah perkampungan dan bercengkrama bersama warga," komentar Dito (26), mahasiswa Magister di Universitas Gadjah Mada.

5. Jazz Gunung, Bromo

11 Konser jazz yang unik & ciamik, dari atas bus hingga puncak gunung

Foto: YouTube.com
Gunung Bromo memang sejak lama menjadi destinasi wisata favorit di Jawa Timur. Pesona gunung ini semakin menarik ketika indahnya panorama pegunungan diselingi alunan musik syahdu ala Jazz yang dibawakan para musisi Jazz ternama Tanah Air dan mancanegara. Bertajuk gelaran Jazz Gunung, acara yang digelar setiap tahun ini layak kamu saksikan minimal sekali seumur hidup buat kamu yang mengaku pecinta musik jazz sejati. "Mendengar lantunan jazz sambil melihat senja, nikmat mana lagi yang kau dustakan," komentar salah satu pengguna akun Twitter @haningsejati.

6. Mahakam Jazz Fiesta, Samarinda

11 Konser jazz yang unik & ciamik, dari atas bus hingga puncak gunung

Foto: YouTube.com
Musik Jazz tampaknya sudah mulai membumi di Indonesia. Buktinya, tak ingin kalah dari kotakota lain, Samarinda pun turut menyemarakkan genre musik ini. Mahakam Jazz Fiesta merupakan salah satu acara musik Jazz yang bertaraf internasional dan banyak diminati oleh para musisi maupun pencinta musik jazz. Tidak kalah uniknya, pementasan jazz tersebut digelar di pinggir Sungai Mahakam. "Sangat menyenangkan bisa terlibat di acara Mahakam Jazz Fiesta, karena cuma di Indonesia musik Jazz dapat dinikmati dengan cara yang berbeda," kicau musisi Jazz Indonesia, @dwiki_dharmawan melalui akun Twitter-nya.

7. Ramadan Jazz Festival, Jakarta

11 Konser jazz yang unik & ciamik, dari atas bus hingga puncak gunung

Foto: KapanLagi.com
Perhelatan unik musik jazz selanjutnya datang dari Jakarta tepatnya di halaman Masjid Cut Meutia, Jakarta Pusat. Di tempat ini, para penikmat musik jazz berkumpul dan menyaksikan penampilan berbagai musisi kenamaan Indonesia. Seperti namanya, festival Jazz unik tersebut digelar setiap tahun pada bulan Ramadan. "Unik deh pokoknya acaranya, jadi kita bisa nikmatin musik Jazz di suasana bulan Ramadan," komentar Niko (23) yang selalu menyempatkan hadir di Ramadan Jazz Festival. Kamu pernah nonton?

8. Prambanan Jazz, Prambanan

11 Konser jazz yang unik & ciamik, dari atas bus hingga puncak gunung

Foto: YouTube
Berlibur ke Jawa Tengah tentunya tidak terasa lengkap jika tidak berkunjung ke Candi Prambanan. Tujuan wisata yang lebih dekat dengan Jogja ini sekarang semakin menarik dengan adanya event Prambanan Jazz. Indahnya pemandangan Candi Prambanan di malam hari semakin romantis dengan diiringi musik Jazz nan syahdu. "Sebulan sebelum acara saja saya sudah membeli tiket untuk Prambanan Jazz karena saya yakin itu akan menjadi momen yang sangat menyenangkan untuk menikmati pemandangan candi Prambanan di malam hari sembari melihat pertunjukan para musisi Jazz kenamaan," ujar Diva (22) mahasiswa ilmu politik, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

9. Maratua Jazz, Berau

11 Konser jazz yang unik & ciamik, dari atas bus hingga puncak gunung

Foto: YouTube
Pulau Maratua dijuluki sebagai surga di utara Indonesia. Pulau yang terletak di Laut Sulawesi dan perbatasan dengan Malaysia ini kini tidak hanya menjadi destinasi para wisatawan, namun juga para pecinta musik jazz. Selain dapat menikmati keindahan alam yang ada di pulau yang kaya dengan kehidupan fauna dan flora langka, para turis bisa menikmati pagelaran Maratua Jazz dengan menghadirkan musisi kenamaan. "Konsep berlibur di pulau Maratua sembari menikmati musik jazz adalah perjalanan yang sangat menarik," jelas Wandi (20), mahasiswa hubungan internasional, Universitas Indonesia.

10. Makassar Jazz Festival, Makassar

11 Konser jazz yang unik & ciamik, dari atas bus hingga puncak gunung

Foto: YouTube
"Ini sesuatu yang baru, bisa menikmati suasana malam di benteng Rotterdam dengan menikmati penampilan musisi-musisi Jazz," jelas Novi (21), mahasiswa Teknik Elektro Universitas Hasanuddin. Makassar Jazz Festival digelar di benteng Rotterdam, Makassar. Selama ini benteng yang pernah menjadi markas VOC tersebut memang identik sebagai tempat belajar sejarah, namun kini kamu bisa berkunjung ke sana untuk menikmati pementasan musik Jazz dengan sensasi yang beda.

11. Jazz Market by the Sea

11 Konser jazz yang unik & ciamik, dari atas bus hingga puncak gunung

Foto: jazz-market.com
Event yang digelar di kawasan Tanjung Benoa Bali ini merupakan acara tahunan yang memadukan antara musik jazz dengan beragam aktivitas sosial.

Nah, itulah 11 konser Jazz unik yang hanya kamu jumpai di Indonesia. Sebagai pecinta musik jazz sejati, sangat disayangkan jika kamu belum pernah menonton salah satu gelaran jazz di atas. Jadi, dari 11 konser jazz unik tersebut, kamu pernah nonton yang mana?