Brilio.net - Kamu pernah melihat padang rumput hijau luas, kadang juga tandus dengan rumput-rumput yang sudah mengering ala Afrika? Orang Indonesia banyak menyebutnya dengan sabana atau padang savana. Banyak lho savana di Indonesia, kamu bisa dengan mudah mengunjunginya karena banyak di antaranya yang dijadikan objek wisata. Seperti savana di Bromo.

Keindahan savana memang bakal bikin kamu berdecak kagum akan alam Indonesia yang luar biasa, berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Selasa (27/10) beberapa savana yang ada di Indonesia. Salah satunya ada di Africa Van Java Baluran, Jawa Timur.

1. Savana Sumba Timur – Nusa Tenggara Timur

10 Padang savana terindah di Indonesia, kamu wajib kunjungi


Kamu mau tahu padang savana terluas di Indonesia? Sumba Timur jawabannya. Kamu bakal dengan mudah menemukan padang savana dengan spot menarik. Kamu juga bisa menikmati kuda liar Sumba di beberapa tempat yang menjadi lahan peternakan bagi penduduk sekitar di sana.

2. Savana Kepulauan Komodo – Nusa Tenggara Timur

10 Padang savana terindah di Indonesia, kamu wajib kunjungi


Nah, inilah salah satu spot yang sangat terkenal di seluruh dunia yaitu Taman Nasional Komodo. Selain kamu bisa bertemu Komodo, ternyata pemandangan di pulau yang terkenal dengan kadal besar ini memang luar biasa indah. Pulau ini didominasi tumbuhan liar seperti lontar dan rerumputan.

Jika kamu berkunjung ke pulau ini tidak ada salahnya untuk naik ke atas bukit dan menikmati indahnya perpaduan savana yang luas dan pantai yang indah. Keren!

3. Savana Baluran – Jawa Timur

10 Padang savana terindah di Indonesia, kamu wajib kunjungi


Africa Van Java, inilah julukan buat Taman Nasional Baluran yang terletak terletak di Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo, Provinsi Jawa Timur. Kamu wajib datang ke sini. Lho kenapa? Pemandangan di savana ini bakal membuatmu berasa di Afrika, dengan pemandangan hamparan savana yang sangat luas serta pohon-pohon epic dengan background gunung di belakangnya. Bahkan kamu mudah menemui burung merak, banteng, dan kijang di area tersebut.

Tidak hanya padang savana, kamu juga bisa main ke pantai Bama untuk melihat sunset.  Kamu bisa menyusuri area Bird Watching untuk melihat burung-burung yang hidup bebas di alam liar. So, keren deh pokoknya.

4. Savana Sembalun – Gunung Rinjani, Lombok, NTB

10 Padang savana terindah di Indonesia, kamu wajib kunjungi


Savana di jalur pendakian Gunung Rinjani sebelah timur ini sangat luas, membentang sepanjang 6 km. Kamu bisa menjumpai savana ini mulai Basecamp Sembalun hingga pos 3 yang terletak di ketinggian 2.631 meter diatas permukaan laut (mdpl). Kamu bakal melihat hamparan savana yang begitu luas. Jika cuaca cerah, pemandangannya bikin kamu takjub. Savana ini menjadi salah satu daya tarik Gunung Rinjani.

5. Savana Cikasur – Gunung Argopuro, Jawa Timur

10 Padang savana terindah di Indonesia, kamu wajib kunjungi


Kamu tahu Argopuro? Gunung yang terletak di Situbondo, Jawa Timur. Meskipun kalah pamor dengan Semeru dan Bromo, gunung ini salah satu tempat yang memiliki banyak savana adalah Gunung Argopuro. Tampak ilalang yang menguning saat kemarau dan gradasi hijau tua di saat musim hujan begitu cantik. Belum lagi, kesan mistis yang timbul saat hamparan savana tertutup kabut, tapi hal itu membuat Cikasur tetap menawan.

6. Savana Gunung Merbabu – Jawa Tengah

10 Padang savana terindah di Indonesia, kamu wajib kunjungi


Savana Merbabu memang tidak seluas tempat yang lain, tapi pemandangannya tak kalah indahnya. Savana di sini ada di beberapa titik seperti di lembah dan punggungan, kamu bakal betah melihat pemandangan di sana. Salah satu cara mengunjungi savana Merbabu, kamu bisa melakukan pendakian dari Dusun Genting, Desa Tarubatang, Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali. Banyak juga yang menyebutnya Savana Selo.

7. Oro-oro Ombo – Gunung Semeru, Jawa Timur

10 Padang savana terindah di Indonesia, kamu wajib kunjungi


Oro-oro ombo, spot savana yang sangat Indah, padang savana ini terletak di antara Ranukumbolo dan Cemoro Kandang. Setelah capek mendaki tanjakan cinta, hamparan savana Oro-Oro Ombo akan menyambutmu dengan pemandangannya yang sangat indah. Jika kamu melakukan pendakian ke Semeru setelah musim hujan, bunga lavender yang sedang mekar akan merubah padang ini menjadi ungu. Kamu bisa bayangkan betapa cantinya Oro-Oro Ombo saat itu.

8. Savana Gunung Bromo – Jawa Timur

10 Padang savana terindah di Indonesia, kamu wajib kunjungi


Kamu nggak bakal kecewa jika harus pergi ke Bromo berulangkali.  Spot savana Bromo yang sangat epic bakal menyihir kamu untuk datang kembali. Mengapa? Savana Bromo menyajikan keindahan alam yang luar biasa, padang rumput yang luas, bukit-bukit kecil dengan ilalang dengan warna berbeda. Kamu akan merasakan suasana yang tenang dan udara sejuk. Ditambah lagi kabut yang sesekali datang di pagi hari. Kamu bakal betah berlama-lama di savana Bromo ini.

9. Savana Pulau Kenawa – Nusa Tenggara Barat

10 Padang savana terindah di Indonesia, kamu wajib kunjungi


Kenawa menjadi salah satu tempat yang menjadi destinasi favorit wisatawan lokal hingga mancanegara. Pulau Kenawa merupakan pulau kecil yang masih berada di daerah Sumbawa Barat NTB. Selain pantainya yang sangat indah, kamu bisa menikmati padang savana yang sangat unik karena terletak di sebuah pulau kecil di tengah lautan. Kamu harus datang ke sini, selain menikmati pantainya tentu kamu bakan terpesona oleh hamparan savana di Pulau Kenawa ini.

10. Savana Tanjung Ringgit – Lombok, NTB

10 Padang savana terindah di Indonesia, kamu wajib kunjungi


Panorama alam Lombok tak ada habisnya. Ada  Savana Tanjung Ringgit. DI tempat ini, kamu juga bisa menikmati pemandangan pantai yang indah dari atas hamparan padang savanna yang luas. Pemandangan ciamik itu dikombinasi dengan pemandangan tebing pantai yang curam dengan hamparan savana yang luas inilah yang membuat Tanjung Ringgit begitu mempesona.