Brilio.net -
Traveling kini menjadi rutinitas yang diinginkan setiap orang. Tak hanya traveling dalam negeri, traveling ke luar negeri pun banyak sekali diminati. Hampir setiap negara menjadikan pariwisata sebagai salah satu sumber pendapatannya. Sebutlah negara  Thailand, Prrancis, Spanyol, Hawai, Singapura, dan beberapa nama lain yang sering dijadikan destinasi wisata.

Tapi ternyata ada juga negara yang jarang dijadikan destinasi wisata. Alhasil, jumlah turis yang masuk ke negara itu untuk traveling pun sangat sedikit jika dibandingkan dengan negara lainnya.

Mau tahu? Berikut 10 negara yang paling jarang dikunjungi di dunia, seperti dilansir brilio.net dari emgn.com, Selasa (22/3).

10. Liechtenstein (53.000 turis / tahun)



Memang tak banyak orang tahu tentang negara ini. Negara kecil yang menggunakan bahasa Jerman ini terletak di Eropa Tengah, tepatnya di antara Austria dan Switzerland. Negara berbentuk kerajaan ini hanya seluas 62 mil persegi atau 160 km persegi dengan populasi penduduk sebesar 37.000. Sedikit banget ya? Meski begitu, negara ini diklaim sebagai negara dengan tingkat pengangguran terendah di dunia yang hanya 1,5 %.



Mengapa jarang orang ke sana? Alasan utamanya adalah tak ada bandara internasional di negara ini. Jadi orang benar-benar hanya bisa pergi ke sana menggunakan helikopter dengan biaya yang sangat tinggi. Wah...padahal pemandangannya menarik ya?

9. Sierra Leone (52.000 turis / tahun).



Sierra Leone adalah negara tropis yang berada di Afrika Barat, berbatasan dengan Guinea di utara dan oleh Liberia di sebelah tenggaranya. Populasi penduduk negara ini diperkirakan hanya sekitar enam juta penduduk dengan mayoritas beragama Islam.



Mengapa jarang orang ke sana? Sierra Leone memiliki riwayat yang tak begitu baik. Meskipun kelompok etnis dan agama bisa hidup berdampingan, tapi pemerintah korup membuat terjadinya perang saudara pada 1991-2002 yang menewaskan lebih dari 50.000 orang. Pada 2014, negara yang berbatasan dengan Samudera Atlantik ini dilanda wabah Ebola yang menyebabkan banyak kematian. Negara ini juga mempunyai harapan hidup yang sangat rendah, yakni 57,8 tahun. Hmm...mau ke sana?

8. Tonga (45.000 turis / tahun)



Tonga adalah negara kepulauan di Polynesia yang terdiri dari 169 pulau berpenghuni, tersebar lebih dari 270.000 mil di Samudera Pasifik Selatan dengan total luas daratan sekitar 290 mil persegi. Tonga mulai dikenal sejak kunjungan James Cook pada 1733. Pulau utamanya dikelilingi dengan terumbu karang yang sangat cocok untuk snorkling dan diving.



Mengapa jarang orang ke sana? Pariwisata Tonga belum tergarap dengan baik. Infrastuktur di pulau-pulau negara ini masih minim sehingga perkembangan negara ini termasuk lambat. Meskipun orang-orangnya dikenal ramah, tapi belum banyak yang terbuka dengan dunia luar.

7. Bhutan (37.000 turis / tahun)



Bhutan adalah negara yang terletak di Asia Selatan, tepatnya di ujung timur dari pegunungan Himalaya. Bhutan mempunyai penduduk sekitar 754.000 orang, negara ini berbatasan dengan China di sebelah utara, dan India di sebelah selatan, timur, dan barat. Televisi dan internet pernah dilarang di negara ini, kemudian larangan itu dicabut pada 1999. Bhutan juga dianggap sebagai negara paling bahagia di Asia dan negara paling bahagia ke delapan di dunia.



Mengapa jarang orang ke sana? Meski Bhutan memiliki pemandangan yang menakjubkan, tapi sangat sulit mendapatkan visa berkunjung di Bhutan, kecuali untuk orang India dan Bangladesh. Selain visa, negara ini juga memberlakukan beberapa izin wisata dan tak mengizinkan turis berkeliling tanpa seorang pemandu. Wah cukup ribet ya?

6. Korea Utara (35.000 turis / tahun)



Korea Utara menjadi negara yang cukup dikenal di dunia. Pemberitaan tentang negara ini juga tak henti-hentinya muncul karena sistem kepemimpinan yang diktator. Kepemimpinan yang sekarang dipegang Kim Jong-Un bahkan dinilai lebih buruk dari ayahnya Kim Jong-Il.



Mengapa jarang orang ke sana? Nampaknya tak perlu banyak dijelaskan kenapa kunjungan di negara ini sangat minim. Bisa dibilang hampir mustahil mendapatkan visa di negara ini.

KIRA-KIRA NEGARA MANA LAGI YA YANG JARANG DIKUNJUNGI? KLIK NEXT DEH!

2 dari 2 halaman



5. Afghanistan (17.500 turis / tahun)



Afganistan merupakan negara di Asia dengan populasi penduduk 32 juta jiwa yang berbatasan dengan Pakistan, Iran, dan Turkmenistan. Negara ini sebenarnya memiliki pemandangan yang sangat indah, sunrise yang menakjubkan, dan situs sejarah yang menarik.



Mengapa jarang orang ke sana? Perang yang berkecamuk di negara ini selama bertahun-tahun. Bahkan dikatakan jika tak ada tempat yang aman di negara ini.

4. Sao Tome & Principe (8.000 turis / tahun)



Sao Tome & Principe merupakan negara kepulauan di Teluk Guinea, di lepas pantai khatulistiwa sebelah barat Afrika Tengah. Negara Afrika terkecil kedua setelah Seychelles ini mempunyai populasi sekitar 192.000 jiwa. Sao Tome & Principe mempunyai pemandangan yang menakjubkan dengan pegunungan yang luar biasa.



Mengapa jarang orang ke sana? Untuk bisa masuk negara ini cukup sulit. Apalagi sangat jarang pesawat yang melayani penerbangan ke negara ini. Satu-satunya pesawat yang bisa terbang ke negara ini adalah Ceiba Airlines dari Equatorial Guinea. Jika kamu datang ke negara ini tanpa persetujuan visa, maka kamu akan dideportasi dengan biasa sendiri.

3. Turkmenistan (7000 turis / tahun)





Turkmenistan adalah negara di Asia Tengah yang berbatasan dengan Iran, Afghanistan, dan Uzbekistan. Negara ini banyak disebut sebagai negara paling represif kedua setelah Korea Utara. Turkmenistan hampir tertutup untuk media dan kebebasan beragama. Presiden Berdimuhamedow dan keluarganya menikmati kekuasaan tak terbatas dan mengontrol semua aspek kehidupan rakyatnya.



Mengapa jarang orang ke sana? Keadaan negara yang paling represif kedua setelah Korea Utara membuat wisatawan enggan mengunjungi negara ini.

2. Tuvalu (1.200 turis / tahun)



Tuvalu, sebelumnya dikenal sebagai Kepulauan Ellice, adalah negara kepulauan di Polinesia yang terletak di Samudera Pasifik. Tuvalu memiliki populasi yang kecil, hanya sekitar 10.837. Tuvalu memiliki pemandangan pantai yang sangat indah dengan pohon kelapa di mana-mana.



Mengapa jarang orang ke sana? Tak ada rute penerbangan langsung ke Tuvalu, tapi kamu bisa terbang melalui Fiji, kemudian menaiki Fiji Airlines yang mengantarkan ke Tuvalu. Selain itu, mengunjungi Tuvalu juga dapat diakses melalui kapal.

1. Somalia (500 turis / tahun)



Somalia yang terletak di Afrika berbatasan langsung dengan Etiopia dan Kenya. Somalia memiliki populasi 10,8 juta dengan mayoritas adalah muslim.

Mengapa jarang orang ke sana? Somalia dianggap sebagai negara paling menakutkan bagi para wisatawan. Somalia adalah negara yang pemerintahannya gagal akibat dari anarkinya, korupsi, kekurangan pemerintah, dan kelaparan. Kehidupan ekstrem dengan hukum syariah dan peperangan masih terjadi. Para wisatawan memang dilarang mengunjungi negara ini meskipun kini pemerintahan mulai berfungsi kembali.