Brilio.net - Banyak pekerjaan yang bisa kamu tekuni, mulai dari pekerja kantoran sampai pengusaha mandiri. Nah, ada pula yang menjalani usaha dalam bidang peternakan lho, meskipun masih muda.

Sekarang, peternakan bukan lagi urusan orangtua layaknya pertanian. Banyak anak muda terjun dalam bidang ini. Mereka tak kalah keren lho dengan pemuda-pemuda lain yang bekerja kantoran. Mau tahu apa saja sisi kerennya para peternak?

Nah, kali ini brilio.net akan mengulas khusus enaknya punya pacar atau pasangan peternak. Mau tahu apa saja yang dirasakan oleh mereka yang memiliki pasangan peternak? Eits, di sini juga ada pendapat peternaknya langsung, lho. Yuk, simak!

1. Peternak = pengusaha visioner

10 Fakta tak terduga kerennya miliki pasangan peternak, kamu pengen?

foto: dokumen pribadi Sylvia Amanda

"Suami saya peternak kambing dan ayam kampung. Karena punya usaha sendiri, yang jelas dia selalu memikirkan segala sesuatu ke depan. Bukan hanya untuk usahanya, tapi otomatis kebawa ke dalam kehidupan rumah tangga," kata Sylvia Amanda (28), yang bersuamikan orang Tulang Bawang Barat, Lampung. Usaha peternakan keduanya pun ada di daerah tersebut. Jadi, kalau kamu punya pasangan peternak, jangan khawatir hidupmu lempeng-lempeng saja.

2. Penyabar

Masih menurut Sylvia, punya pasangan seorang peternak itu orangnya sabar. Terlebih, mengingat suaminya memulai usaha peternakan mulai dari nol. Melakukan pemeliharaan hewan ternak juga butuh kesabaran dan ketelatenan, dari urusan pakan, kebutuhan obat atau vaksin, sampai 'panen'nya kelak. Sama hewan ternaknya saja sabar, apa lagi sama pasangan? Kamu setuju sama Sylvia nggak?

3. Punya waktu fleksibel

Sama halnya dengan pengusaha lain, peternak punya waktu yang fleksibel bersama keluarga. Seorang peternak terbilang lebih mudah membagi waktu antara pekerjaannya dan keluarga, tak seperti pekerja kantoran yang dituntut untuk datang pagi dan pulang sore, belum lagi kalau lembur menyita waktu bersama keluarga. Kamu jadi gembira dong, punya banyak waktu dengan pacar seorang peternak?

4. Penyayang

10 Fakta tak terduga kerennya miliki pasangan peternak, kamu pengen?

foto: dokumen pribadi Hari Bowo

Punya kekasih atau pasangan peternak itu membuat kamu dilimpahi kasih sayang. "Suami saya jadi sangat sabar sama anak karena mungkin terlatih sabar sama sapi kali, ya," kata Devy Novita Andriyani (28) yang bersuamikan Hari Bowo (28), peternak sapi di Cilegon, Banten. Sabar di sini bisa diartikan wujud kasih sayang pasangan ke kamu maupun anak-anak kalian kelak. Anugerah banget kan, punya pasangan penyayang?

5. Wawasan luas

10 Fakta tak terduga kerennya miliki pasangan peternak, kamu pengen?

foto: dokumen pribadi Selviana Yustika Moechry

Senada, untungnya menjadi kekasih dari seorang peternak juga dialami Selviana Yustika Moechry (25). "Pacar saya punya wawasan luas mengenai wirausaha. Kami juga suka ngobrol gimana caranya mengembangkan usaha, bukan hanya di bidang peternakan saja, tapi juga pakan ternaknya. Jadi, sedikit banyak saya jadi tahu," kata kekasih Aditya Guzwatutohir Rahmawanto (26), peternak kambing dan domba di Kampung Carang Pulang Dramaga (belakang kampus Institut Pertanian Bogor (IPB)) Sahabat Tani Farm, Bogor, Jawa Barat ini.

Enak banget kan, punya pasangan yang enak diajak ngobrol apa saja, terutama bisnis?

6. Pejuang sejati

Selviana juga menuturkan seorang peternak itu selain sabar juga seorang pejuang sejati. Menjadi seorang peternak butuh komitmen kuat dan ketelatenan dalam membangun usaha peternakan.

Menurut Selviana, kekasihnya membangun usaha peternakan mulai dari nol sampai sekarang sudah empat tahun berjalan, jelas tak lepas dari jatuh-bangun. Hal ini yang membuat Selviana salut dan tak meragukan perjuangan kekasihnya.

7. Tempat belajar mengelola keuangan

Namanya pengusaha, harus pintar mengatur keuangan usaha. Peternak juga begitu adanya. "Saya banyak belajar dari dia dalam mengelola keuangan, karena usaha berjalan dengan baik kalau keuangan diatur dan dicatat rapi," kata Selviana.

8. Terkenal supel

10 Fakta tak terduga kerennya miliki pasangan peternak, kamu pengen?

foto: dokumen pribadi Altami Nurmila Daniari

"Peternak itu berhubungan dengan banyak orang dan butuh kemampuan melobi yang baik. Jadi, kami cenderung supel dan punya selera humor yang baik," kata Altami Nurmila Daniari (24), peternak ayam petelur dari Kediri, Jawa Timur, yang juga berprofesi sebagai penulis novel.

9. Paham hidup sehat

Altami melanjutkan peternak terbiasa meneliti sampai detail nutrisi bahan pakan yang diberikan kepada hewan ternaknya dan paham soal pengolahan hasil ternak, seperti susu, telur, keju, olahan daging.

Nah, menurut wanita yang telah menulis novel fiksi perjalanan dan pencarian jati diri berjudul 'A Week Long Journey' ini, pemahaman dan ketelitian peternak terhadap ternak dan pengolahan hasil ternak, terbawa ke kehidupan sehari-hari. "Jadi, misal lihat makanan begitu, nggak asal lapar mata terus dimakan. Tapi dicek dulu asal-usulnya dan pemrosesannya," ujarnya.

Hidupmu bakal sejahtera kalau makanan saja ada yang memperhatikan sampai detail nutrisinya.

10. Lebih peka

Percaya atau nggak, Altami bilang saking terbiasanya peternak berhadapan dengan sesuatu yang mudah berubah, seperti suhu yang memengaruhi kualitas produksi, kelembapan yang berpengaruh pada perkembangan bakteri berbahaya, bahkan sampai harga telur atau daging, akhirnya terbawa ke kehidupan sehari-hari. "Ya, setidaknya kami lebih peka dan analitis terhadap banyak hal karena terbiasa begitu dalam urusan peternakan," ungkapnya.

Jadi, kamu masih ragu jadi kekasihnya peternak? Terbukti peternak nggak kalah keren dibandingkan mereka yang kerja kantoran bukan?