Brilio.net - Indonesia yang terdiri dari ribuan pulau membuat negeri ini dikaruniai alam laut yang sangat indah. Kondisi ini membuat Indonesia memiliki banyak sekali tempat menyelam yang mempesona. Dari ujung barat sampai ujung timur, tempat-tempat menyelam ini menawarkan panorama seperti biota laut, terumbu karang, dan ikan-ikan yang indah.

Ada beberapa tempat menyelam yang menawarkan keindahan unik lainnya seperti kapal karam atau candi bawah laut. Tak ayal lokasi menyelam ini nggak hanya dikagumi warga lokal, melainkan wisatawan mancanegara juga ikut kagum dengan keindahannya.

Penasaran? Berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Kamis (28/1), 10 Destinasi menyelam di Indonesia paling indah yang wajib kamu kunjungi. Cekidot!

1. Perairan Pemuteran, Bali

foto: topindonesiaholidays.com

Kamu ingin merasakan bagaimana rasanya mengunjungi candi bawah laut? Perairan di sekitar Pantai Pemuteran adalah jawabannya. Lokasi diving yang terletak di Pulau Bali bagian utara ini menawarkan sensasi berbeda ketika menyelam. Pasalnya, di sana terdapat sebuah 'surga' buatan yang terdiri dari bangunan candi yang sengaja ditenggelamkan untuk upaya konservasi. Selain itu kamu juga bisa menikmati indahnya terumbu karang hasil transplantasi dengan metode Biorock telah menghiasi dunia bawah pantai Pemuteran.

2. Bunaken, Sulawesi Utara

foto: bunaken.nl

Siapa yang nggak kenal Bunaken? Rasanya tempat menyelam ini sudah terkenal sebagai salah satu destinasi menyelam paling indah di dunia. Julukan ini sepertinya nggak berlebihan karena keanekaragaman biota laut di Bunaken sangatlah lengkap. Mulai dari terumbu karang, ikan duyung, lumba-lumba, ikan purba choelacanth dan berbagai jenis ikan hias lainnya. Taman laut Bunaken memiliki 20 titik penyelaman (dive spot) dengan kedalaman bervariasi hingga 1.344 meter.

3. Kepulauan Raja Ampat, Papua Barat

foto: xtremespots.com

Nggak hanya keindahan kepulauannya, pemandangan bawah laut di Kepulauan Raja Ampat juga nggak kalah indah. Selain Bunaken, Raja Ampat juga merupakan salah satu taman laut terindah di  dunia dan merupakan bagian dari Suaka Margasatwa Kepulauan Raja Ampat. Wilayah ini diakui sebagai salah satu lokasi dengan keanekaragaman biota laut tertinggi.

Di sini terdapat 537 spesies terumbu karang (75 % dari total spesies terumbu karang di dunia), lebih dari seribu spesies ikan karang dan 700 jenis moluska. Lokasi menyelam terbaik di Raja Ampat antara lain Mansuar Island, Chicken Reef (gugus terumbu karang dengan arus kuat di atas tapi tenang di dalam), Mike’s Point, Manta’s Point (Pulau Arborek), Blue Magic, dan lainnya.

4. Kepulauan Derawan, Kalimantan Timur

foto: garudamagazine.com

Nama Derawan mungkin terdengar asing bagi para pelancong. Padahal keindahan bawah laut yang dimiliki Kepulauan Derawan nggak kalah sama lokasi menyelam lainnya. Kepulauan dengan empat pulau utama yakni Maratua, Derawan, Sangalaki dan Kakaban ini merupakan tempat hidupnya aneka biota laut. Di pulau seluas 1,27 juta hektar ini pula para diver bisa menemukan tak kurang dari 460 jenis karang, 870 jenis ikan, termasuk kuda luat kerdil sampai manta raksasa.

5. Wakatobi, Sulawesi Tenggara

foto: blog.wakatobi.com

Jika menyebut Bunaken nggak afdol rasanya jika nggak memasukkan Wakatobi sebagai tempat menyelam terindah. Tempat menyelam yang masuk ke dalam kawasan Taman Nasional Wakatobi ini telah ditetapkan sebagai cagar biosfer dunia oleh UNESCO sejak 1996. Wakatobi memiliki hingga 750 jenis koral dengan 25 buah gugusan terumbu karang. Kedalaman lautnya bervariasi, yang terdalam mencapai 1.044 meter dengan jarak pandang sekitar 15 – 80 meter dan arus yang bersahabat.

Masih ada lagi lho, destinasi bawah laut yang ciamik!

2 dari 2 halaman


6. Taman Nasional Komodo, Nusa Tenggara Timur

foto: komodo.travel

Taman Nasional Komodo nggak hanya terkenal dengan reptil Komodonya. Di sini juga terkenal sebagai salah satu lokasi diving terbaik di Indonesia. Kekayaan biota bawah air serta kelembutan pasir di pinggir pantai bakal memanjakan para penyelam.

Memiliki tiga pulau utama yaitu Pulau Komodo, Rinca serta Padar, taman nasional ini dihuni setidaknya 385 jenis karang, sepuluh jenis lumba-lumba, enam macam paus, penyu hijau, hiu, dan ikan pari. Maka tak heran, Taman Nasional Komodo ini menjadi favorit para penyelam baik dari dalam dan luar negeri.

7. Kepulauan Karimunjawa, Jawa Tengah

foto: jalansanasini.com

Karimunjawa adalah gugusan kepulauan yang terletak di Laut Jawa. Kepulauan Karimunjawa pun ditetapkan menjadi Taman Nasional sejak 15 Maret 2001. Kepulauan Karimunjawa memiliki sedikitnya 30 lokasi penyelaman. Kedalamannya antara 5 – 40 meter, dengan jarak pandang antara 5 – 25 meter dan arus yang bervariasi. Pesona bawah lautnya antara lain tutupan terumbu karang yang cantik, berbagai jenis satwa laut seperti Ikan Napoleon, Penyu Sisik, Penyu Hijau, dan lebih dari 200 spesies ikan hias.

8. Perairan Tulamben, Bali

foto: balisuntours.com

Selain Pemuteran, Bali juga memiliki destinasi menyelam yang nggak kalah indah lainnya. Perairan Tulamben namanya. Lokasi penyelaman ini juga memiliki keunikan yang nggak dimiliki lokasi menyelam lainnya. Disini kamu bisa mengunjungi reruntuhan USS Liberty, kapal milik Amerika Serikat yang tenggelam sekitar 70 tahun lalu saat Perang Dunia kedua.

Reruntuhan ini merupakan rumah bagi sejumlah biota laut dan menjadi favorit penggemar fotografi mikro dan wide angle. Beberapa ratus meter lebih dalam terdapat lokasi selam Seraya Secret yang berpasir hitam, tempat favorit para fotografer mikro yang datang untuk melihat udang windu, udang pengantin (harlequin), pipefish, dan nudibranch langka.

9. Banda, Maluku

foto: pickyourtrail.com

Satu lagi surga para penyelam yang nggak boleh dilupakan, yaitu Kepulauan Banda. Terletak 140 kilometer sebelah selatan Pulau Seram kepulauan ini sudah terkenal di kalangan penggemar snorkeling, diving atau scuba diving. Meski lokasinya cukup terpencil, Kepulauan Banda menyimpan keindahan yang masih alami. Berbagai warna terumbu karang, hangatnya air laut menjadikan Banda sebagai surga bagi para penyelam. Kepulauan Banda bahkan kerap disejajarkan dengan keindahan Raja Ampat.

10. Pulau Weh, Aceh

foto: scubadiving.com

Menuju ke Indonesia paling barat, di sana terdapat Pulau Weh yang menjadi lokasi menyelam paling indah lainnya. Wilayah yang dikelilingi Selat Malaka dan Samudera Hindia ini memiliki lebih dari 20 lokasi penyelaman dengan tingkat kesulitan yang bervariatif. Lokasi penyelaman terbaik di Sabang antara lain The Canyon, Batee Tokong, Sophie Rickmers (bangkai kapal sepanjang 134 meter yang tenggelam pada 1940), Arus Balee, dan Pantai Ideu.