Brilio.net - Jangan menyangka bahwa pohon merupakan mahkluk hidup yang diam saja. Ternyata pohon juga bisa bertingkah seperti layaknya manusia. Masih ragu? Berikut adalah temuan kelakuan aneh dari pohon yang mengejutkan yang dikutip dari listverse.com (11/2).

1. Pohon juga bisa meledak
Memang tidak semua pohon bisa melakukan hal yang mengerikan ini. Akan tetapi, pohon asal Amerika Selatan, Sandbox merupakan pengecualian.

Bukan bagian batang atau rantingnya yang bisa meledak, melainkan buahnya. Bisa kamu bayangkan, daya ledak dari buah Sandbox sama dengan granat dengan kekuatan 40 meter dalam kecepatan 240 km/jam.

2. Ternyata pohon juga butuh pengawal
Ternyata pohon juga butuh rasa aman, seperti yang dilakukan oleh pohon Akasia. Hal ini dilakukan untuk melindungi diri dari kaum herbivora. Untuk melakukan tugas keamanan tersebut, pohon Akasia mendaulat semut. Sebagai upahnya, semut tersebut bisa tinggal di pohon tersebut dan makanan yang spesial.

3. Kenapa pohon bunuh diri?

 Tidak hanya berbisik, ternyata pohon bisa bunuh diri dan bisa meledak

Jika kamu tidak percaya dengan temuan yang satu ini, kamu bisa berkunjung ke Madagaskar. Disana kamu bisa melihat bagaimana pohon Palem melakukan tingkah aneh ini.

Bunuh diri ini memang harus dilakukan oleh pohon ini untuk berkembang biak. Proses bunuh diri ini dilakukan setelah pembuahan. Ketika sudah berbuah, maka induknya mati, dan tumbuh anak pohon yang baru.

4. Pernah mendengar bisikan pohon?

 Tidak hanya berbisik, ternyata pohon bisa bunuh diri dan bisa meledak

Sayangnya, bisikan pohon hanya terdengar dalam gelombang ultrasonik. Karena frekuensi ini terlalu tinggi, maka manusia tidak bisa mendengarnya. Namun, ilmuwan dari Perancis menciptakan mikrofon khusus untuk merekam bisikan pohon.

Dia berhasil mendengar bisikan pohon ketika membutuhkan air di musim kemarau. Bisikan ini terdeteksi karena tekanan dari pembuluh pohon yang tinggi ketika membutuhkan air.

5. Pohon juga memiliki rasa keibuan

 Tidak hanya berbisik, ternyata pohon bisa bunuh diri dan bisa meledak

Ternyata induk pohon sangat peduli dengan anaknya. Fakta ini dibenarkan oleh ahli ekologi hutan bernama Suzanne Simard. Dia mengatakan bahwa induk pohon membagi nutrisi melalui bantuan jaring-jaring jamur.

Selain itu, simbiosis yang dilakukan antara pohon dan jamur juga menetukan kelestarian hutan. Wow! Ternyata pohon memang luar biasa.