Brilio.net - Setiap manusia pasti tidak akan bisa terlepas dari makanan. Ada banyak sekali jenis makanan yang disukai oleh semua orang. Namun, sepertinya mulai sekarang kamu harus bisa lebih selektif lagi dalam memilih makanan untuk dikonsumsi. Hal ini dikarenakan ada beberapa jenis makanan yang memiliki efek candu untuk banyak orang sama halnya dengan obat-obatan, seperti yang dilansir dari mic.com (25/2).

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh tim dari Universitas Michigan menyatakan bahwa ada kurang lebih 9 jenis makanan yang bisa membuat seseorang ketagihan. Dan makanan-makanan tersebut mayoritas adalah processing food atau makanan yang terlebih dahulu melewati berbagai macam proses seperti misalnya makanan cepat saji atau junk food.

Penelitian yang melibatkan 120 responden yang merupakan orang-orang dengan permasalahan terkait kebiasaan makan. Penelitian tersebut mencoba mengukur kadar kebiasaan seseorang makan dengan menunjukkan dua jenis gambar tentang 35 jenis makanan yang sudah dipisahkan berdasarkan komposisi nutrisinya.

Menurut penelitian, makanan yang sudah melewati berbagai proses pengolahan memiliki karakteristik yang serupa dengan obat-obatan yang dapat membuat seseorang ketagihan karena mengandung zat-zat yang dapat dengan cepat diserap oleh tubuh. Misalnya saja minuman beralkohol dapat membuat seseorang ketagihan karena kadar etanol yang tinggi, sementara makanan cepat saji yang mengandung banyak gula juga akan dengan mudah membuat seseorang menjadi ketagihan.

Penelitian dari Frontiers in Psychiatry juga menyebutkan bahwa ada 14% orang dengan berat badan yang berlebihan dan 37,5% orang yang menderita obesitas disebabkan oleh terlalu seringnya mengkonsumsi makanan-makanan yang menyebabkan ketagihan. Dan adapun 9 makanan yang paling berdampak membuat seseorang ketagihan yang harus dihindari adalah pizza, cokelat, keripik, biskuit, es krim, kentang goreng, burger, soda, dan aneka jenis kue kecil.