Brilio.net - Pancasila adalah dasar dari ideologi bangsa Indonesia. Pancasila adalah nama yang berasal dari bahasa Sansekerta, yaitu Panca yang berarti lima dan Sila yang berarti prinsip atau asas. Pada tanggal 1 Juni 1945, Pancasila dikemukakan oleh Presiden Soekarno dan setiap tahunnya diperingati sebagai hari lahirnya Pancasila.

Pancasila adalah rumusan dan pedoman kehidupan berbangsa dan bernegara bagi seluruh rakyat Indonesia. Terdapat lima sendi utama penyusun Pancasila yaitu Ketuhanan Yang Maha Esa, Kemanusiaan yang adil dan beradap, Persatuan Indonesia, Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan, Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Rumusan Pancasila diterima sebagai dasar negara secara resmi setelah disahkan dalam beberapa dokumen penetapan antara lain dalam Piagam Jakarta (22 Juni 1945), Pembukaan Undang-Undang Dasar (18 Agustus 1945), Mukaddimah Konstitusi Republik Indonesia Serikat (27 Desember 1949), Mukaddimah UUD Sementara (15 Agustus 1950) dan Rumusan kedua yang dijiwai oleh Rumusan Pertama (Dekrit Presiden 5 Juli 1959).