Brilio.net - Suatu kali Abu Nawas diundang makan malam oleh raja. Pada kesempatan ini untuk kesekian kalinya raja ingin menguji kecerdikan Abu Nawas.

Setelah berdoa, hadirin dipersilakan makan oleh raja. Namun ketika Abu Nawas ingin mengambil ayam di hadapannya, Raja Harun Al Rasyid menyela, "Hai Abu, apa yang kau lakukan pada ayam itu akan aku lakukan padamu."

"Saya belum mengerti, bagaimana maksud paduka?" tanya Abu Nawas.

"Begini, Abu. Sebagai contoh, jika kau memotong bagian sayap ayam itu maka aku juga akan memotong lenganmu," jelas raja.

Abu Nawas jadi mengurungkan niatnya menyantap ayam yang dipandangnya lezat itu. Setelah terdiam cukup lama, Abu Nawas menemukan ide cerdik. Ia coba cubit sayam ayam itu. Maka seketika baginda raja mencubit lengan Abu Nawas. Abu Nawas menepuk lembut punggung ayam, raja pun menepuk lembut punggung Abu Nawas.

Maka Abu awas melanjutkan aksi cerdiknya, yakni memijat sayap ayam. Maka sang raja mau tidak mau memijat lengan Abu Nawas. Namun tak lama sang raja menghentikan gerak memijatnya, meskipun Abu Nawas masih memijat sayap ayam itu. Sang raja pun mempersilakan Abu Nawas untuk memakan ayam itu serta apapun yang Abu Nawas inginkan di meja hidangan tersebut.

Sang raja mengakui kecerdikan Abu Nawas untuk kesekian kalinya. Sang raja juga merasa terhibur dengan ulah Abu Nawas itu.

BACA JUGA:

Kisah Abu Nawas yang dikalahkan oleh untanya

Kisah Abu Nawas yang ingin memindahkan masjid

Cerita Abu Nawas sukses mengakali tuan tanah yang kikir

Abu Nawas berhasil membungkus matahari

Abu Nawas hampir digantung gara-gara mau terbang

Abu Nawas dan telur unta untuk obat Raja

Kecerdikan Abu Nawas selesaikan persoalan pembagian kambing