Brilio.net - Dalam upaya meningkatkan okupansi, PT KAI Daop 4 Semarang melakukan perubahan rute perjalanan atau reruting KA Komuter Kedungsepur. Semula, jadwal kereta api Kedungsepur melayani perjalanan Gubug-Weleri akan berubah menjadi Stasiun Semarang Poncol-Stasiun Ngrombo Kecamatan Toroh, Purwodadi, dan tidak melayani perjalanan sampai stasiun Weleri, Kendal.

 Cukup bayar Rp 10.000, kamu bisa naik kereta api eksekutif ini

 Cukup bayar Rp 10.000, kamu bisa naik kereta api eksekutif ini

Meski perubahan rute sudah mulai diberlakukan per 1 Februari 2015 dan akan digunakan pada jadwal 1 April 2015, namun hal ini masih ramai dibicarakan netizen. Salah satunya oleh akun Facebook Henry Furai. Dalam postingan di Facebook yang ditulis oleh Henry, dia menyampaikan informasi bahwa hanya dengan Rp 10.000 bisa naik kereta api "eksekutif".

"Bagi yang ingin jalan-jalan murah bisa nyobain KA Kedungsepur, relasi Semarang Poncol-Ngrombo PP 2X trip tiap hari, Pagi dan Sore. Berhenti di semua stasiun kecuali Tegowanu. Daripada naik KA odong-odong di mal, Rp 15.000 cuma seputeran, ini Rp 10.000 naik KA beneran dengan kursi eksekutif, full AC. Kereta api yang digunakan adalah KA eks bandara alias Airport Railink Service (ARS) jadi bisa kebayang leganya, lebih lega dari Argo Bromo malah," tulis dia.

Loading...

 Cukup bayar Rp 10.000, kamu bisa naik kereta api eksekutif ini

Tarif flat jauh-dekat sebesar Rp 10.000 mengacu pada revisi tarif kereta api per 1 Januari 2016. Menurut berbagai sumber, KA Kedungsepur ini tidak mendapatkan subsidi dari pemerintah. Dulu, tarif KA Kedungsepur Rp 25.000, kemudian ada promo jadi Rp 15.000 dan kini tarifnya menjadi Rp 10.000 untuk sekali jalan.

Selain soal tarif yang murah, KA Kedungsepur tetap akan menggunakan empat gerbong Kereta Rel Disel (KRD) dengan kapasitas 200 penumpang. Waktu tempuh KA Kedungsepur dari Semarang Poncol-Ngrombo yang berjarak 60 km rata-rata 85 menit.

"Wah iso nyepur, bersama suami dan anak nih. Cuma sayang liburane wis bar," kata netizen, Yanty Pratiwi mengomentari status Henry.

Menutup informasi tersebut, Henry mengajak kepada semua yang ingin jalan-jalan murah untuk memilih transportasi darat dengan menggunakan kereta api. "Ayo numpak sepur (ayo naik kereta api)!," tulisnya.

RECOMMENDED BY EDITOR