Brilio.net - Saat ini kondisi pandemi sudah lebih terkendali sehingga banyak penyelenggara acara yang mulai menyemarakkan kembali acara-acara hiburan, salah satunya Joyland Festival. Festival musik ini merupakan salah satu festival yang kerap menghadirkan musisi dan penyanyi kenamaan Indonesia dan dunia.

Dalam helatannya kali ini, Joyland Festival 2022 digelar sebanyak dua kali, yakni di Bali dan Jakarta. Rencananya, Joyland Festival 2022 Jakarta akan diselenggarakan pada 4-6 November 2022 di Stadion Softball GBK Senayan. Gelaran musik ini diadakan sebagai salah satu bentuk dukungan terhadap Presidensi G20. Mengusung konsep lintas genre mulai dari musik, komedi, film, dan workshop, Joyland Festival 2022 akan hadir dengan tiga panggung mulai dari Joyland Stage, Plainsong Live Stage, dan Lily Pad Stage.

Director Joyland Festival, Ferry Dermawan, mengungkapkan jika ia berharap Joyland Festival dapat menjadi penghubung bagi beberapa pelaku dan penikmat seni mulai dari musik hingga film.

Joyland Festival 2022 © berbagai sumber

foto: Brilio.net/Dewi Suci

"Kita ingin mengkoneksikan antara musik, komedi, dan film. Yang paling penting buat kita festival itu bukan hanya menghibur tetapi ketika penonton pulang mereka bisa membawa pengalaman dan inspirasi untuk berkarya," tutur Ferry di acara Press Gathering Joyland Festival 2022, Kamis (27/10).

Lebih lanjut, Ferry juga membeberkan bahwa akan ada sejumlah musisi lokal dan internasional yang akan tampil di Joyland Festival 2022.

"Ada 11 line up artis internasional, salah satunya grup vokal asal Korea Selatan, Secret Number. Kita tahu kalau penggemar K-Pop di Indonesia itu besar banget dan karena festival ini jadi ajang festival musik lintas genre, kita berharap keragaman warna musik yang ada di Joyland Festival 2022 dapat jadi referensi dan inspirasi baru bagi sesama musisi maupun penonton," ungkapnya.

Salah satu penampil di Joyland Festival 2022, Poppy, mewakili Efek Rumah Kaca mengatakan bahwa ia akan menyiapkan aransemen khusus untuk tampil di festival musik kali ini.

"Efek Rumah Kaca bakal mengaransemen ulang lagu-lagu Efek Rumah Kaca yang pernah ditampilkan di Joyland. Musiknya akan lebih banyak layer-layer vokal dibanding instrumennya. Secara garis besar, Efek Rumah Kaca akan mengaransemen ulang beberapa lagu khusus untuk penampilan di Joyland Festival 2022," ujar Poppy.

Digelar selama tiga hari berturut-turut, para penonton akan disuguhkan penampilan menarik dari deretan musisi lokal dan internasional mulai dari Secret Number, Thundercat, Years & Years, Phum Viphurit, Efek Rumah Kaca, Isyana Sarasvati, Tulus, Afgan, Yura Yunita, White Shoes & The Couples Company, dan masih banyak lagi.

Joyland Festival 2022 © berbagai sumber

foto: Brilio.net/Dewi Suci

Tak hanya Poppy, Kamila Andini yang merupakan salah satu sutradara perempuan di industri perfilman sekaligus kurator film di Joyland Festival mengatakan bahwa gelaran musik ini dapat menjadi momen untuk mengenalkan beberapa sutradara perempuan Indonesia yang berhasil mencetak film berkualitas.

"Sebenarnya ini ajang yang sangat menarik karena pelaku seni musik, film, dan komedi bisa bersatu di sebuah festival sehingga banyak pengalaman yang bisa didapatkan oleh penonton. Selain itu, festival ini juga akan menjadi ajang pengenalan para sutradara perempuan Indonesia yang berhasil mencetak film-film berkualitas," tutur Kamila.

Nantinya, para penonton dapat menyaksikan 14 film pendek produksi sutradara perempuan pilihan Kamila Andini.

Kurator Komedi Joyland Festival 2022, Soleh Solihun juga turut membagikan pengalamannya selama bergabung dalam gelaran Joyland Festival sejak tahun 2019.

"Saya sudah bergabung dengan Joyland Festival sejak 2019. Menurut saya, Joyland Festival ini salah satu festival musik yang memberikan ruang untuk para komika tampil secara maksimal. Para komika yang biasa tampil di komunitas bisa berinteraksi dengan audiens yang lebih luas di festival ini," ujar Soleh.

Lebih lanjut, Soleh Solihun mengungkapkan jika dirinya memilih para komika dengan latar belakang yang berbeda agar materi yang disampaikan lebih beragam dan dapat memberikan pengalaman menyenangkan untuk para penonton. Deretan komika yang akan tampil di Joyland Festival 2022 adalah Ge Pamungkas, Abdur Rasyad, Indra Jegel, dan masih banyak lagi.

Nggak hanya itu, Joyland Festival 2022 juga turut menghadirkan sesi talkshow bersama Whiteboard Journal serta dongeng dari Ria Enes dan Susan.

Acara ini dapat disaksikan oleh seluruh kalangan dari berbagai usia sehingga para penonton bisa berkunjung bersama keluarga. Nah, buat kamu yang ingin bergabung dalam keseruan Joyland Festival 2022, tiket Joyland Festival tersedia mulai dari harga Rp525.000 untuk harian dan Rp1.050.000 untuk menonton selama 3 hari berturut-turut. Tiket Joyland Festival 2022 dapat diakses melalui laman www.joylandfest.com.