Brilio.net - Tuntas sudah gelaran konser World Tour Deep Purple di Solo yang dihelat di Auditorium UMS, Solo, Jumat (10/3) malam. Satu kata yang bisa menggambarkan konser malam itu adalah fantastik. Usia boleh gaek, namun para personelnya sukses memberikan energi lewat harmonisasi musiknya yang kerap disebut pelopor band heavy metal dunia.

Band bentukan tahun 1968 ini naik panggung sekitar pukul 22.00 WIB. Begitu petikan gitar Simon Mcbride dan gebukan drum Ian Paice terdengar, suara gemuruh penonton begitu pecah. Para penonton konser, notabenenya fans band asal Inggris ini pun langsung paham dengan intro lagu Highway Star, pembuka konser kali ini.

Usai Highway Star, Ian Gillan dkk langsung membawakan tembang Pictures. Gebukan drum berpadu permainan gitar khas heavy metal ditambah harmonisasi keyboard synthesizer begitu menghipotis para penonton malam itu, yang memang rata-rata sudah bukan anak muda lagi.

Keselarasan musik yang mereka mainkan sukses mengentak audience kala itu, termasuk Presiden Jokowi yang memang penggemar musik rock. Ia ikut bernyanyi atau sekadar mengentakkan kaki mengikuti irama. Sepertinya energi musik rock Depp Purple memicu adrenalin sang Presiden untuk bersemangat dan ikut berdendang.

Tembang No Need to Shout menjadi lagu ketiga, sebelum Ian Gillan menyapa para penonton malam itu. "Allright, thank you very much. It's amazing can perform again in here tonight," kata Ian Gillan.

Seperti diketahui, kedatangan Depp Purple pada malam itu menjadi kali kedua setelah tahun 1975 di Jakarta. Menariknya, konser kala itu juga sama dengan sekarang soal band pembukanya, God Bless.