Brilio.net - Bicara video musik, kita bukan cuma membahas suara penyanyinya yang oke, melainkan juga tentang konsep video mereka. Demi mengekspresikan lagu bersangkutan maupun menarik minat para fans dan penikmat musik, musisi menggunakan konsep video yang seapik mungkin.

Nah, berikut ini udah dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Senin (26/9), delapan musisi yang memiliki konsep video unik. Siapa aja, sih? Cek yuk!

1. Coldplay - Up&Up.

Kamu pasti ngeh banget soal video musik band Inggris ini. Apalagi konsep videonya menjadi tren fotografi anak kekinian Indonesia beberapa waktu lalu di Instagram. Tren yang diberi hashtag #upandup #coldplay ini menyuguhkan foto yang udah diedit. Misalnya ada segerombolan cowok foto dengan editan di atasnya berupa ikan hiu, foto cowok di atasnya ikan goreng, dan sebagainya.

Konsep video musik Coldplay di Up&Up memang unik. Dengan mengusung konsep surealis, Chris Martin dkk bikin kesan "mind blowing" dalam video klip ketiga dalam album A Head Full of Dream tersebut. Bukan kali ini aja Coldplay membuat video klip unik, beberapa video musiknya yang lain juga nggak kalah bikin takjub seperti Adventure Of A Lifetime berikut ini:

 

2. Adele - Send My Love.

Video musik Adele di atas kelihatan sederhana, ya? Padahal proses pembuatannya agak rumit dan unik. Konsepnya adalah kaleidoskop, yakni aneka peristiwa yang telah terjadi yang disajikan secara singkat. Benar aja karena sang sutradara, Patrick Daughters, membuat video musik Send My Love ini hanya butuh 12 kali pengambilan gambar. Nah, gambar-gambar ini dijadikan satu sehingga membentuk banyak versi penampilan Adele.

Efeknya saat kamu melihat Adele dalam video di atas seakan bikin pusing sendiri. Efek ini memang terinspirasi dari salah satu lirik lagu tersebut, yakni We've gotta let go of all of our ghosts. Nggak heran sosok-sosok seperti bayangan atau hantu Adele keluar dari tubuh penyanyi peraih Top Artist, Top Female Artist, Top Billboard 200 Artist, Top Billboard 200 Album dan Top Selling Song dalam ajang Billboard Music Awards 2016 tersebut.

3. MOVE and DJ Jevin - Keep On Movin.
Indonesia juga punya musisi yang punya konsep video musik unik. Seperti video MOVE bertajuk Keep On Movin yang menggunakan musik dari DJ Jevin Julian. Hasil mix musik dengan konsep video mapping yang mereka buat ini bakal bikin kamu angguk-angguk kepala ngikutin asyiknya Keep On Movin. Cek yuk video berikut ini:

 

4. Sia - Chandelier.

Sia adalah musisi yang dikenal nyentrik. Lihat aja penampilannya dengan wig blonde yang menutupi kedua matanya. Kenyentrikan Sia juga tercermin dalam pembuatan video musiknya bertajuk Chandelier. Dalam video musik tersebut, Sia justru menjadikan seorang penari gadis berusia 13 tahun, Maddie Ziegler, sebagai talent.

Di sini Maddie seakan representasi Sia yang memakai wig warna blonde. Bedanya, Maddie di sini menari dengan gerakan rumit dan agak esktrem dalam meliuk-liukkan tubuhnya. Gerakannya seakan bebas dan hilang akal. Namun begitu, ternyata video musik ini menuai pujian dari banyak selebritis Hollywood, lho. Nggak heran juga, sih. Toh, lagunya sendiri ngena banget di kepala. Nadanya pasti kamu hafal banget, kan?

5. Peterpan - Menghapus Jejakmu.

Ketika masih bernama Peterpan, NOAH juga punya video musik yang unik. Konsepnya bercerita tentang hubungan antara seorang cewek yang diperankan Dian Sastrowardoyo, dengan kekasihnya, Ariel. Terdapat pula kemesraan Dian dengan anggota Peterpan yang lain, merepresentasikan makna lagu Menghapus Jejakmu itu sendiri. Seiring itu, ada scene yang menunjukkan Dian terus menirukan setiap gerakan yang dilakukan Ariel. Tak peduli kehujanan pada ujung video musik tersebut.

6. The Changcuters – Hijrah ke London.

Band Bandung ini bukan cuma penampilan personelnya yang nyentrik, video klipnya yang bertajuk Hijrah ke London juga ciamik. Dalam video klip ini, objeknya justru boneka Lego. Gara-gara konsep videonya ini, video Hijrah ke London disebut-sebut sebagai video musik yang ikonik banget.

7. SHINee - Married To The Music.

Konsep video unik datang dari boyband Korea SHINee. Lagu Married To The Music yang dirilis pada 3 Agustus 2015 tersebut mengusung tema horor yang fun. Penampilan dan atribut SHINee dan para talent sih fun, tapi ada adegan-adegan yang justru horor, seperti kepala Key yang dipotong dengan pisau daging tapi dia terus menyanyi, hiiii.

Video musik yang mengusung musik disko funky tersebut ternyata mendapat respons positif dari para Shawol (sebutan untuk para fans SHINee), walaupun sensasi merinding juga mereka rasakan. SHINee sendiri dikenal sebagai boyband yang suka bereksperimen dengan konsep-konsep baru dalam bermusik.

8. Maroon 5 - Sugar.

Pertama video musik Adam Levine dkk ini muncul, banyak orang di seluruh penjuru dunia heboh. Soalnya dalam video musik Sugar, Maroon 5 memberikan sentuhan segar dalam penggarapannya. Dalam video musik tersebut, Maroon 5 tampak memberikan kejutan kehadiran mereka di pernikahan sembarang orang. Dan itu riil, bukan settingan. Nggak heran kalau para netizen, atau kamu sendiri, berandai-andai kalau Maroon 5 datang ke pernikahanmu tanpa diduga, lantas mereka menyanyi untuk hari bahagiamu. Cieee...

 

RECOMMENDED BY EDITOR