Brilio.net - Apa yang kamu lakukan di saat nggak ada kerjaan? Mainan handphone, buka media sosial, atau mendengarkan musik? Kegiatan untuk mengisi waktu luang membuat yang kerap jadi pilihan adalah mendengarkan musik. Selain untuk me-refresh otak, mendengarkan musik bisa jadi sarana hiburan menyenangkan.

Untuk penggemar musik sendiri, pasti nggak asing dengan lagu asal Indonesia Timur yang sekarang ini lagi viral? Yap, 'Karna Su Sayang' atau 'Karena Sudah Sayang'.

Lagu ini dinyanyikan oleh Near dan Dian Sorowea yang kemudian populer bahkan hingga menjajaki deretan trending di YouTube. Meski menggunakan bahasa daerah Maumere, nada yang indah dan liriknya yang mudah dimengerti membuat lagu tersebut viral. Lagu ini berhasil meluas bahkan di-cover oleh banyak penyanyi top di Indonesia.

Lagu dengan bahasa daerah yang berhasil menapaki jajaran musik hits di Indonesia sendiri sebenarnya ada banyak. Apa saja itu? Berikut brilio.net rangkum 10 lagu dengan bahasa daerah yang pernah viral di Indonesia, Rabu (24/10).

1. Stasiun Balapan.

Nama Didi Kempot sempat tenar pada sekitar tahun 80-90an. Ratusan lagu yang dinyanyikan pria asal Surakarta initak asing lagi di telinga masyarakat Jawa. Bahkan, beberapa lagu yang dinyanyikan dalam bahasa Jaw sudah dikenal oleh masyarakat Indonesia pada umumnya. Salah satu yang paling tenar adalah Stasiun Balapan yang diluncurkan pada tahun 1999.

2. Iwak Peyek.


Lagu Iwak Peyek sempat melambung di tahun 2013. Isi lagu berbahasa Jawa yang diciptakan oleh Alm. Abah Imron dan dipopulerkan Trio Macan ini terdengar seperti pantun, sehingga mudah diingat dan dihafal masyarakat Indonesia. Tak heran, lagu ini kerap menjadi andalan Trio Macan saat manggung di konser-konser besar.

3. Oplosan.


Setelah lagu Iwak Peyek yang berhasil booming di jajaran musik hits Indonesia, muncul lagi lagu berbahasa Jawa berjudul Oplosan. Lagu Oplosan tak kalah populer dan menyita perhatian publik. Dipopulerkan oleh Soimah melalui stasiun televisi swasta, lagu Oplosan meledak dan menjadi lagu andalan konser-konser dangdut. Bahkan, Soimah juga berhasil melabeli lagu itu dengan goyang khas 'oplosan' yang ia ciptakan. Lagu ciptaan Nur Bayan ini sarat akan pesan moral yang intinya mengajak orang-orang untuk meninggalkan minuman keras.

4. Jaran Goyang.


Berlanjut ke lagu Jaran Goyang yang juga menjadi tren di tahun 2017 dengan penyanyi Nella Kharisma. Lagu campuran bahasa Indonesia dan bahasa Jawa ini juga berhasil mencapai puncak musik hits Indonesia. Bahkan, video Jaran Goyang di YouTube yang di-upload tahun lalu itu sudah mencapai 196 juta viewers. Tidak hanya Nella Kharisma, pedangdut seperti Via Vallen dan Vita Alvia juga turut mempopulerkan lagu ini.

5. Konco Mesra.


Tahun 2017 menjadi tahun populernya lagu-lagu dangdut berbahasa Jawa. Setelah Jaran Goyang, lagu Konco Mesra pun menyusul kepopulerannya. Masih dinyanyikan oleh Nella Kharisma dan Via Vallen, lagu ini berhasil mencapai 86 juta viewers di YouTube. Tak tanggung-tanggung, Ria Ricis pun turut meng-cover lagu ini di channel YouTube-nya.

6. Bojo Galak.


Lagi-lagi lagu dengan lirik bahasa Jawa menduduki deretan musik favorit di Indonesia. Masih dengan penyanyi Nella Kharisma, lagu yang berisi kepasrahan seorang suami ini berhasil populer dengan capaian 65 juta viewers di channel YouTube Samudra Record.

7. Sayang.


Kepopuleran lagu berbahasa Jawa tak berhenti di Bojo Galak. Lagu Sayang, yang berhasil dipopulerkan oleh penyanyi Via Vallen ini mampu menyaingi eksistensi lagu-lagu dangdut sebelumnya. Dengan 169 juta viewers di salah satu channel YouTube, lagu ini merupakan lagu dari Ndx Aka yang mentranslit sebuah lagu Jepang berjudul Mirai E dengan penyanyi Kiroro.

8. Gemu Famire.


Selain lagu berbahasa Jawa, lagu dari Indonesia bagian timur juga sempat menyita perhatian publik. Sebut saja lagu Gemu Fa Mi Re ciptaan Nyong Fanco. Tak hanya terkenal dengan nadanya yang ceria, lagu asal Maumere ini bahkan memiliki gerakan dan tarian sendiri yang mampu menarik perhatian masyarakat Indonesia.

9. Tak Tun Tuang.


Tak hanya dari tanah Jawa dan Indonesia bagian timur, tanah Sumatera pun juga memiliki lagu yang sempat viral di jajaran musik hits Indonesia. Apalagi kalau bukan lagu Tak Tun Tuang yang dinyanyikan oleh Upiak Isil. Lagu dengan bahasa Minang ini bahkan sempat membuat heboh warga negara Thailand dan Malaysia.

10. Karna Su Sayang.


Terakhir yang paling viral adalah lagu Karna Su Sayang. Dicover oleh berbagai penyanyi terkenal Tanah Air, lagu asal Maumere ciptaan Near dan Dian Sorowea ini berhasil menjadi trending di YouTube akhir-akhir ini.