Brilio.net - Industri musik Korea Selatan memang sangat menarik dan tak ada habisnya dari pembicaraan. Jika selama ini kamu tahu boyband dan girlband-nya yang terkenal, namun ternyata juga ada beberapa grup band yang namanya sudah mendunia. Beberapa agensi di Korea Selatan memang sedikit takut untuk meluncurkan sebuah band, karena pasar dari industri ini masih sangat melirik boyband dan girlband.

Band-band asal Korea ini juga tak kalah mempunyai visual menarik seperti boyband. Dengan ciri khas masing-masing milik bandnya, mereka berhasil menerobos pasar industri musik Korea. Buktinya mereka tetap mempunyai fans banyak dan berhasil menjadi pembeda di industri musik Korea.

Bahkan, uniknya dari band-band yang terkenal ini, mereka saling bersahabat satu sama lain. Contohnya para drummer, mereka sering berkolaborasi dan memperlihatkan aktivitasnya di unggahan Instagram masing-masing. Mereka seperti merasakan nasib sepenanggungan, karena susahnya merebut hati netizen yang sudah sangat familiar dengan boyband Korea.

Nah, kira-kira grup band Korea apa saja ya, yang sudah terkenal hingga mancanegara?

Dihimpun brilio.net dari berbagai sumber pada Senin (20/1), berikut 5 band Korea yang kualitasnya tak kalah dengan para boyband.

Loading...

1. F.T. Island.

5 Band Korea terkenal di dunia © 2020 brilio.net

foto: pinterest.com

F.T Island yang merupakan kependekan dari 'Five Treasure Island' adalah salah satu band rock Korea selatan dari generasi K-Pop kedua yang hingga saat ini masih aktif. Mereka debut pada tanggal 7 Juni 2007 di bawah naungan agensi FNC Entertainment.

Awal mulanya mereka terdiri dari 5 anggota yaitu Lee Hong-go, Choi Jong-hoon, Lee Jae-jin, Choi Min-hwan dan Song Seung-hyun. Namun, pada bulan Maret 2019 salah satu personelnya, Choi Jong-hoon terkena skandal kasus chat room bersama Seungri, Jung Joon-young dan yang lainnya. Ia pun memilih hengkang dari F.T Island.

Kemudian pada akhir 2019, F.T Island harus kembali kehilangan anggotanya. Sonng Seung-hyun memilih tak memperpanjang kontrak dengan agensi FNC Entertainment. Kini posisi gitaris dalam band F.T Island masih kosong.

2. CN Blue.

5 Band Korea terkenal di dunia © 2020 brilio.net

foto: pinterest.com

CN Blue merupakan kependekan dari Code Name Blue. Band dengan 4 anggota di bawah naungan agensi FNC Entertainment ini dibentuk pada tahun 2009 dan resmi debut pada 14 Januari 2010. CN Blue ini adalah junior dari F.T Island di agensi.

Grup band yang beranggotakan Jung Yong-hwa, Lee Jong-hyun, Kang Min-hyuk, dan Lee Jung-shin ini sebelumnya mempunyai anggota bernama Kwon Kwang-jin sebagai bassis. Namun segera setelah CN Blue debut, ia memilih keluar dan digantikan oleh Jung-shin.

Mereka menggebrak musik Korea dengan lagu debut mereka yang berjudul 'I'm a Loner' dan langsung mencuri perhatian masyarakat. Tak hanya di Korea, bahkan mereka sangat populer di Jepang. Fans mereka bernama Boice masih setia menanti CN Blue aktif kembali, karena para anggotanya sedang menjalankan wajib militer.

Namun sayangnya, pada 2019 gitaris dari CN Blue yaitu Lee Jong-hyun memutuskan hengkang dari grup setelah ia terkena skandal yang menimpanya. Ia terkena skandal karena ia mengirim pesan vulgar kepada salah satu YouTuber Korea.

3. N. Flying.

5 Band Korea terkenal di dunia © 2020 brilio.net

foto: pinterest.com

N. Flying adalah band selanjutnya dari agensi FNC Entertainment, agensi ini memang sangat sering membuat band karena berkat kesuksesan dari F.T Island dan CN Blue.

N. Flying merupakan kepanjangan dari New Flying, yang berarti New Wings atau New Esscape. Awalnya mereka debut di Jepang pada tahun 2012, namun pada tahun 2015 mereka resmi debut di Korea dengan lagu 'Awesome'.

Mereka debut dengan 4 anggota, yaitu Kwon Kwang-jin, Lee Seung-hyub, Cha Hoon, dan Kim Jae-hyun. Namun pada tahun 2017 agensi menambahkan anggota berposisikan sebagai lead vokalis, yaitu Yoo Hwe-seung.

Hwe-seung sendiri adalah mantan peserta jebolan 'Produce 101 Season 2'. Lalu pada akhir tahun 2018, Kwon Kwang-jin terkena skandal kasus pelecehan seksual dan memilih hengkang dari N. Flying.

Saat awal tahun 2019 justru nama N. Flying semakin melambung tinggi berkat lagu 'Rooftop' milik mereka. Bahkan mereka diberikan penghargaan begitu banyak di berbagai penghargaan musik Korea dan bisa mencapai nomor 1 di acara musik Korea pertama kalinya setelah debut.

Lalu sekarang, mereka mempunyai fans internasional yang sangat banyak, tak hanya di Korea atau Jepang. Selain memiliki daftar lagu yang sangat easy listening, para member N. Flying juga memiliki visual yang sangat tampan.

Selain visual, beberapa member juga diberkati dengan kemampuan dance yang mumpuni. Jadi tak hanya bermain alat musik, mereka juga bisa dance di atas panggung. Kemudian, pada awal tahun 2020 leader dari N. Flying yaitu Seung-hyub mengumumkan bahwa ada penambahan member menggantikan posisi Kwang-jin sebagai bassis yaitu Dong-sung.

4. Day6.

5 Band Korea terkenal di dunia © 2020 brilio.net

foto: pinterest.com

Band selanjutnya ada besutan dari agensi besar yaitu JYP Entertainment. Day 6 adalah satu-satunya band dari JYP. Debut pada tahun 2015 dengan 6 anggota yaitu Park Jae-hyung, Im Jun-yeok, Park Sung-jin, Kang Young-hyun, Kim Won-pil, dan Yoon Dowoon. Namun pada tahun 2016, Jun-yeok keluar dari Day6.

Day6 dikenal publik berkat lagu debutnya yang berjudul 'Congratulation' yang mempunyai lirik begitu dalam. Mereka juga dikenal dengan lagu-lagu spesial galau, karena memang lagu-lagu milik Day6 bermakna sangat menusuk di hati. Bahkan para penggemar Indonesia menyebutkan bahwa Day6 adalah 'sobat ambyar cabang Korea Selatan'.

Penggemar mereka sangat banyak ditandai dengan kesuksesan world tour konser mereka di berbagai negara. Nama penggemar mereka adalah my Day. Bahkan penggemar mereka tak hanya perempuan, banyak laki-laki menyukai band ini karena berkat lagu-lagunya yang selalu menyindir kaum wanita.

5. The Rose.

5 Band Korea terkenal di dunia © 2020 brilio.net

foto: pinterest.com

Band yang terakhir ada The Rose berasal dari agensi J&Star Entertainment. Band ini debut pada tahun 2017 dengan 4 anggota yaitu Kim Woo-sung, Lee Jaeh-yeong, Park Do-joon, dan Lee Ha-joon. Lagu debut mereka yang berjudul 'Sorry' mampu menjadi lagu terbaik di Billboard sepanjang tahun 2017.

Bahkan MV Sorry, mencapai 3 juta viewer setelah dirilis, yang merupakan viewer besar untuk sebuah band pendatang baru. Sebulan setelah debut, Rolling Stone India menjuluki The Rose sebagai 'A fantastyc introduction to the band's soft-rock vide'.

Namun, pada tahun 2018 The Rose dikritik netizen karena meluncurkan MV lagu 'She's The Rain' dengan background foto dari unggahan Instagram milik Jonghyun SHINEe. Agensi pun meminta maaf karena hal itu. Ia menjelaskan bahwa lagu baru yang dirilis memiliki makna yang dalam dan berharga maka darI itu ia menggunakan foto unggahan Jong-hyun SHINEe untuk mengenang kepergiannya. Lalu, agensi pun segera menghapus MV tersebut.

Selain Day6 yang memiliki lagu-lagu ambyar, The Rose pun dikenal dengan lagu-lagunya yang super galau dari awal debut. Namun pada tahun 2019, The Rose mencoba comeback dengan lagu yang lebih ceria yaitu 'RED'. Mereka juga baru menyelesaikan jadwal world tour konser pada akhir tahun 2019.

Nama fans mereka adalah Black Rose dan fans mereka sangat banyak, terutama di Eropa. Uniknya dari band ini adalah semua member jago bernyanyi. Bahkan sebelum debut, mereka dikenal sebagai band indie.

Reporter: Nurul Fitriana

RECOMMENDED BY EDITOR