Brilio.net - Bagi kamu yang lahir sebagai generasi 90-an tentunya tahu grup band kenamaan dunia, Guns N' Roses (GNR). Grup band rock klasik ini punya tembang 'sejuta umat' yang tak pernah terkikis zaman, berjudul Sweet Child O' Mine, Don't Cry, November Rain, Welcome To The Jungle hingga Paradise City.

Nah, baru-baru ini dunia dibuat geger karena GNR dikabarkan sudah memberi kepastian melakukan reuni panggung bersama personel kompletnya, setelah Axl Rose (vokal) dan Slash (gitar) lama berselisih. Panggung terakhir kedua dedengkot GNR itu sudah berlangsung sangat lama, yakni pada 17 Juli 1993 di Stadion River Plate di Buenos Aires.

Dilansir brilio.net dari billboard, Rabu (30/12), GNR formasi reuni itu akan bermain kembali di Coachella Music & Arts Festival di Indio, California, pada pertengahan April 2016. Menurut beberapa sumber, GNR juga sudah melakukan negosiasi dengan promotor untuk tampil di 25 stadion sepak bola di Amerika Utara pada musim panas 2016 mendatang, dengan bayaran sekitar USD 3 juta dalam satu kali panggung atau setara Rp 41 miliar. Sementara harga tiket nantinya diperkirakan sebesar Rp 3,8 juta. Rencananya panggung pertama mereka akan digelar di Las Vegas Arena pada 6 April 2016.

Kabar ini begitu 'mengguncang' musisi dan pecinta GNR di seluruh dunia. Wajar saja, rumor Axl dan Slash 'rujuk' memang sudah memanas sejak sekitar awal 2015. Banyak orang berharap reuni GNR ini nantinya akan diisi oleh formasi klasik, era personel awal di album Appetite for Destruction (1987) yang berisi Axl Rose, Slash, Duff McKagan (bass), Izzy Stradlin (gitar), Steven Adler (drum), dan ditambah Dizzy Reed (keyboard/piano), personel yang mulai membantu GNR pada awal 1990. Namun kabar lain mengatakan bahwa personel lama lainnya seperti Richard Fortus (gitar) dan Frank Ferrer (drum) juga akan ikut berpartisipasi dalam reuni GNR ini.

GNR menjadi band rock terbesar di dunia pada tahun 1991-1992 saat album ganda mereka, Use Your Illusion yang sangat meledak di pasaran. Formasinya saat itu adalah Axl Rose, Slash, Izzy Stradlin, Duff McKagan, Dizzy Reed, dan Matt Sorum (drum). Namun nasib GNR berubah pada tahun 1994. Mereka ribut satu sama lain, sering masuk pusat rehabilitasi ketergantungan narkotika, dan album The Spaghetti Incident? gagal di pasaran. Keretakan mereka dimulai dari situ. Pada tahun 1996 Slash akhirnya memutuskan meninggalkan GNR, diikuti oleh Matt Sorum dan Duff Mckagan meninggalkan Axl Rose seorang diri.