Brilio.net - Kematian adalah rahasia yang tidak bisa diketahui oleh manusia. Setiap manusia tentu akan mati, namun tidak ada yang tahu pasti kapan kematian akan tiba. Hal inilah yang membuat lagu bertema kematian senantiasa mengandung pesan tersendiri. Jika sebagian besar musisi memilih tema cinta nan romantis sebagai tema lagu, justru beberapa musisi dunia ternyata ada yang tertarik untuk menuliskan lagu bertema kematian.

BACA JUGA: Festival musik digital terbesar Asia siap guncang Bali

Dan seolah kebetulan yang sangat pas, beberapa lagu kematian dari musisi dunia justru dibuat tidak lama berselang dari hari kematiannya dan berisi lirik yang seolah meramalkan bagaimana sang musisi meninggal dunia.

Lalu benarkah para musisi ini sebenarnya sudah memprediksi kematiannya dan menuangkannya dalam sebuah karya? Sebagaimana dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, berikut 7 musisi dunia yang diduga meramalkan kematiannya sendiri.

1. John Lennon.

foto: www.storypick.com

John Lennon dikenal sebagai salah satu musisi besar dunia yang karyanya masih begitu dikagumi hingga hari ini. Sebelum wafat pada 8 Desember 1980, Lennon sempat menyelesaikan album Double Fantasy. Salah satu lagu Lennon yang dianggap meramalkan kematiannya adalah Losing You. Lirik yang menjelaskan tentang kehilangan hingga kata bleeding yang berarti pendarahan dianggap menggambarkan bagaimana Lennon mati ditembak.


2. John Denver.

foto: www.rollingstone.com

Penyanyi bergenre country dan folk rock ini selalu tampil nyentrik pada setiap penampilannya. Namun pada Oktober 1997, dunia musik berduka kehilangannya. Lagu miliknya Leaving On The Jet Plane seolah menggambarkan bagaimana akhirnya dirinya meninggal dalam sebuah kecelakaan pesawat. Coba deh telaah liriknya baik-baik.


3. Jimi Hendrix.

foto: www.telegraph.co.uk

Lagu Th Ballad of Jimi bercerita tentang kehidupan Jimi Hendrix. Awalnya lagu ini dianggap biasa saja hingga para fans sadar bahwa dalam lirik lagu tersebut menyatakan bahwa lima tahun dirinya akan pergi dan terbukti lima tahun setelah lagu itu direkam, Jimi benar-benar meninggal tepatnya pada 18 September 1970.


Merinding ya kalau membaca kisahnya. Kisah lainnya KLIK NEXT...

2 dari 2 halaman


4. B.I.G Notorious

foto: www.alphacoders.com

Kemampuan nge-rap dari B.I.G Notorious tentu tidak diragukan lagi. Tewas ditembak pada 9 Mart 1997, lagu berjudul Suicidal Thoughts dianggap sebagai pesan kematiannya. Bagaimana tidak, dalam lagu tersebut terdapat lirik, "Saya bersumpah, saya merasa Tuhan akan memanggilku."


5. Lynyrd Skynyrd.

foto: www.rollingstone.com

Album Street Survivors milik Lynyrd Skynyrd dianggap sebagai prediksi kematian sang vokalis dan beberapa kru. Mulai dari sampul album yang menggambarkan anggota band terbakar hingga beberapa lagu yang menggambarkan kematian. Gambaran album itu menjadi nyata saat 20 Oktober 1977 band ini mengalami kecelakaan. Pesawat yang mereka tumpangi terbakar dan beberapa personelnya tewas.


6. Marc Bolan.

foto: boland.bandcamp.com

Single Solid Gold Easy Action milik Marc Bolan yang rilis pada tahun 1972 dianggap sebagai pesan tersirat dari kematian sang musisi legenda pada Septmber 1977.


7. Warren Zevon.

foto: search.live.com

Meninggal karena kanker paru-paru pada tahun 2003, Warren Zevon sempat merekam lagu The Factory beberapa tahun sebelumnya. Dalam lagu itu menjelaskan bagaimana buruh pabrik yang meninggal karena radiasi asbes dan tidak terduga kanker paru-paru yang diderita Zevon juga karena asbes.