Brilio.net - Tahun 1990 muncul band bernama Iklim, lagu berjudul 'Suci Dalam Debu' kemudian menjadi hits. Lagu tersebut menjadi salah satu lagu dari band Melayu yang paling sukses dan ikonik yang pernah ada.

Dilansir brilio.net dari star2.com, single pertama dari album debut band ini, Suci Dalam Debu adalah yang pertama dan bisa dibilang paling besar yang pernah ada. Terbukti dengan keberhasilan lagu ini memenangkan banyak penghargaan, termasuk Anugerah Seri Angkasa RTM 1990 dan Anugerah Bintang Popular 1990.

Selain enak didengar, lagu ini juga memiliki lirik yang dalam dan penuh arti. Salim Abdul Majeed atau Saleem Iklim sebagai vokalis memiliki suara yang merdu, serak dan bisa mengatasi nada tinggi dengan mudah. Namun pada hari Minggu (14/10) lalu, kabar duka datang dari Saleem Iklim. Salim mengembuskan napas terakhirnya akibat kecelakaan lalu lintas yang pernah dialaminya pada bulan September lalu.

Sebagai penghargaan untuk Saleem, berikut 4 lagu Iklim yang paling berkesan dan akan terus dikenang seperti brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Selasa (16/10).

1. Bukan Aku Tak Cinta.

Bukan Aku Tak Cinta adalah bagian dari kompilasi album Dunia Iklim pada tahun 1993 dan kemudian menjadi salah satu hits terbesarnya. Lagu ini memiliki lirik tentang sepasang kekasih yang terpisah karena tidak disetujui oleh kedua orangtua.


2. Di Pintu Mahligai.

Lagu ini dirilis tahun 1994 sebagai album keempat band Iklim. Lagu yang berkisah mengenai seorang lelaki yang jatuh cinta kepada sosok seorang putri yang jauh di mata dekat di hati. Saleem menyanyikan lagu ini dengan maksimal.


3. Bukan Niatku.

Lagu ini menjadi salah hits dalam albumnya tahun 1995 berjudul 'Bukan Niatku'. Lagu sedih yang mengisahkan mengenai permintaan maaf seorang kekasih yang telah berbuat salah dan tidak sengaja menyakitinya.


4. Bukan Ku Tak Sudi.

Lagu ini menjadi salah satu lagu yang hits dan populer milik Saleem. Menceritakan mengenai perpisahan sepasang kekasih karena sudah tidak sejalan lagi. Lagu ini juga dimasukkan dalam album kompilasi terbaik Saleem Iklim '20 Golden Hits Saleem Iklim'.